Sabtu, April 27, 2024

WhatsApp Siapkan Cara Baru Berbagi Foto dan Video Berkualitas

Techbiz.id – WhatsApp tengah berupaya membawa peningkatan pada layanan perpesanan mereka. Hal ini diketahui usai adanya laporan dari  WABetaInfo, yang kerap kali membocorkan fitur terbaru WhatsApp.

Dalam laporannya, mereka menemukan bahwa aplikasi perpesanan milik Facebook sedang mengerjakan cara bagi pengguna WhatsApp agar dapat menyesuaikan kualitas unggahan video mereka untuk mengirim video beresolusi tinggi ke orang lain.

Nantinya, terdapat berbagai opsi yang dikembangkan untuk pengguna WhatsApp, termasuk “Otomatis”, “Kualitas terbaik”, dan “Penghemat data”. Adapun pengaturan “Otomatis” merupakan pilihan yang disarankan Whatsapp kepada pengguna.

Opsi itu juga menggunakan kompresi untuk mengirim video melalui jaringan data yang lebih lambat. Sementara, pilihan “Kualitas terbaik” akan memungkinkan pengguna WhatsApp untuk berbagi versi video dengan resolusi lebih tinggi tanpa harus mengirimkannya sebagai dokumen terlampir.

Sebagai gantinya, dengan pilihan tersebut, video beresolusi tinggi dapat dikirim melalui galeri aplikasi tanpa kehilangan kualitas yang besar. Namun, kemungkinan akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk disebarluaskan karena ukurannya lebih besar.

Kemudian, opsi “Penghemat Data” akan mengirim video tanpa khawatir akan kehabisan kuota. Dalam hal ini, pengguna dapat menghemat data saat mengirim video, tetapi di sisi lain kualitas klip akan menjadi lebih rendah.

Baca juga: Cara Menggunakan WhatsApp Web di Android

Tak hanya itu, WABetaInfo juga menemukan bahwa dalam versi beta 2.21.14.16, pengguna akan mendapatkan kemampuan untuk tidak hanya meningkatkan kualitas video yang mereka kirim, tetapi juga meningkatkan resolusi foto yang akan diunggah.

Adapun, pilihan yang dihadirkan untuk foto, juga serula dengan tiga opsi yang ditawarkan untuk video, mencakup Otomatis (Disarankan), Kualitas terbaik, dan Penghemat data.

WhatsApp mengingatkan pengguna bahwa “Foto kualitas terbaik lebih besar dan dapat memakan waktu lebih lama untuk dikirim.” Opsi ini akan ditemukan di bagian “Kualitas unggahan media” di “Penyimpanan dan data”.

Sayangnya, opsi baru berbagi foto dan video, berkualitas belum dapat ditemukan pada versi WhatsApp saat ini yang tersedia dari Google Play Store. Namun, pengguna tetap bisa mengunggah foto atau video berkualitas dengan cara melampirkannya sebagai dokumen.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...