Senin, Mei 20, 2024

Google Hadirkan Fitur Voice dan Video Call di Gmail

Techbiz.id – Google agaknya ingin membuat Gmail menjadi lebih dari sekedar platform pesan. Hal ini lantaran perusahaan baru saja mengumumkan fitur voice dan video call di Gmail.

Berkat hadirnya dukungan fitur ini, pengguna bisa langsung melakukan panggilan suara atau video kepada pengguna Gmail lain tanpa harus mengakses Google Meet terlebih dahulu.

Fitur Gmail

Proses ini tentunya mempermudah, dimana sebelumnya pengguna harus masuk ke akun Google Meet terlebih dahulu untuk melakukan sebuah panggilan.

Untuk melakukan panggilan, pengguna bisa mengetuk ikon “gagang telepon” jika ingin melakukan panggilan suara dan ikon “kamera” untuk panggilan video. Kedua ikon ini dapat ditemukan di dalam chat perorangan di Gmail.

Jika sudah mengetuk salah satu ikon tersebut, maka pengguna akan diarahkan ke laman Google Meet untuk melakukan panggilan secara langsung.

Baca juga: Google Down Akibatkan Gmail, Youtube, Hingga GDrive Tak Bisa Diakses

Adapun fitur ini dikatakan mulai tersedia bagi pengguna dengan akun berbayar terlebih dahulu dalam beberapa minggu ke depan.

Namun, kabarnya Google juga akan memperluas kehadiran fitur voice dan video call kepada pengguna gratis setelahnya. Sayangnya belum bisa dipastikan kapan Google akan mulai merilisnya.

Sebagai informasi, ini bukanlah kali pertama bagi Google dalam menghadirkan ‘pembaruan fitur’ pada Gmail. Di antaranya mengintegrasikan layanan Google Chat, Meets, dan Room yang dapat langsung diakses di menu Gmail.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...