Kamis, April 18, 2024

5 Cara Mudah Backup Email dengan Google Takeout

Techbiz.id – Hingga saat ini, Gmail menjadi layanan email yang paling banyak digunakan pengguna perangkat mobile dan komputer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Melalui Gmail, Google sebenarnya telah menyediakan tools yang memudahkan kamu untuk memindahkan atau backup semua data keluar dari Google, bukan hanya email kamu saja.

Tools tersebut bisa menyimpan semua email dan data kamu ke dalam file .MBOX yang kemudian dapat kamu simpan di tempat lain dan transfer ke layanan email yang berbeda nantinya.

Bagi kamu yang belum tahu, .MBOX adalah format file yang biasa digunakan oleh email. File .MBOX berisi teks biasa sehingga kamu bisa membukanya di editor teks.

Format .MBOX ini sering sekali digunakan para pengguna Gmail untuk memindahkan semua data mereka, termasuk email. Biasanya para pengguna Gmail menggunakan Google Takeout untuk meindahkan data mereka. Karena cara menggunakannya pun cukup mudah.

Berikut redaksi Techbiz.id memberikan tips mudah backup email di Gmail menggunakan Google Takeout.

Backup Email dengan Google Takeout

  1. Yang pertama kali harus kamu lakukan adalah dengan dengan membuka situs web Google Takeout.
  2. Kemudian scroll ke bawah dan cari Mail dan pastikan kotak dicentang. Sekedar informasi, 3. Google Takeout adalah tools yang mengekspor semua informasi terkait akun Google kamu. Jadi, jika kamu hanya ingin mengekspor email, pastikan semua kotak lainnya tidak dicentang.
  3. Klik Next Step dan ikuti instruksi selanjutnya.
    Lalu tunggu sampai semua email kamu diekspor.
  4. Selanjutnya kamu akan menerima file .MBOX yang berisi semua email kamu.

Selamat Mencoba! Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...