Kamis, Desember 8, 2022

Hangouts Pensiun, Google Ajak Pindah ke Aplikasi Chat

Techbiz.id – Google memastikan aplikasi Hangouts akan pensiun tahun 2022 ini. Sebagai gantinya, pengguna diajak untuk menggunakan aplikasi Chat.

Ajakan untuk berpindah tersebut akan diterima pengguna saat mereka mengakses Hangouts, seperti disampaikan oleh Ravi Kaneeganti, Product Manager Google Chat.

“Mulai hari ini, pengguna seluler akan melihat layar yang meminta mereka untuk meningkatkan versi dari Hangouts ke Chat di Gmail atau aplikasi Chat,” ujar Ravi, dalam posting blog resmi Google, dikutip Rabu (29/6/2022).

Dalam pemberitahuan yang diterima, pengguna akan mendapatkan dua tombol, salah satunya untuk beralih langsung dari Hangouts ke Gmail agar bisa mengakses Chat. Sedangkan tombol lainnya, mengarahkan pengguna untuk mengunduh aplikasi Chat di Play Store.

Menurut Ravi, migrasi ke Google Chat membuka cara baru dan lebih baik untuk terhubung dan berkolaborasi. Misalnya, pengguna dapat mengedit Dokumen, Slide, atau Spreadsheet dengan pengeditan berdampingan.

“Google Chat juga menyertakan Spaces, tempat khusus untuk kolaborasi berbasis topik. Grup dan tim dapat berbagi ide, mengerjakan dokumen, dan mengelola file dan tugas, semuanya dari satu lokasi.” imbuhnya.

Selain itu, tampilan terintegrasi baru di Gmail juga akan mempermudah penggunaan Chat bersama kotak masuk Gmail, Spaces, dan Meet Anda. Dengan banyaknya fitur yang dimiliki Google Chat ini menjadi alasan utama Google mengajak pengguna Hangouts untuk beralih.

“Kami terus berinvestasi di Chat untuk membantu orang berkolaborasi dan mengekspresikan diri dengan lebih baik, dan sekarang kami mengambil langkah untuk membantu pengguna Hangouts yang tersisa pindah ke Chat.” jelas Ravi.

Baca juga:

Meski Hangouts akan pensiun, Ravi mengatakan Hangouts versi web akan terus tersedia hingga akhir tahun ini. Pengguna nantinya akan menerima pemberitahuan sebelum Hangouts benar-benar berakhir.

“Pengguna akan melihat pemberitahuan dalam produk setidaknya sebulan sebelum Hangouts di web mulai dialihkan ke Chat di web.” pungkasnya.

Terkait

Artikel Terkait

Saham GoTo Anjlok Terus, Telkom Tidak Fokus Capital Gain

Techbiz.id - Menanggapi terus menurinnya harga saham GoTo, Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah ikut menanggapi mengenai nasib investasi Telkomsel...