Kamis, April 25, 2024

Selain Jalan, Google Maps Kini Bantu Pengguna Cari Udara Segar

Techbiz.id – Selain membantu pengguna dalam menemukan rute jalan, Google Maps kini menawarkan fitur baru untuk menemukan udara segar.

Fitur yang tersedia iOS dan Android ini berupa lapisan Kualitas Udara baru yang dapat berguna saat merencanakan aktivitas seperti pendakian atau bersepeda, seperti dilansir dari The Verge, Jumat (10/6/2022).

Fitur udara Google Maps ini menampilkan hamparan indeks kualitas udara (Air Quality Index-AQI) langsung ke petak menggunakan data pemerintah yang dikumpulkan dari lembaga berwenang. Misalnya, EPA di AS untuk menunjukkan seberapa sehat udara secara umum.

Tidak hanya itu, fitur ini juga menyajikan data yang dikumpulkan dari jaringan sensor PurpleAir untuk melaporkan kondisi hiperlokal di permukaan jalan.

Dengan mengetuk pembacaan AQI yang tersebar di sekitar, Google Maps akan memberikan informasi lebih lanjut tentang dampak kesehatan dari kualitas udara, waktu dan sumber pembacaan terakhir, dan tautan untuk mempelajari lebih lanjut.

Sensor PurpleAir yang relatif murah mampu mengukur partikel menggunakan penghitung partikel laser, hingga nantinya detektor dapat mendeteksi hal itu.

Baca juga:

“Pada dasarnya Anda menyinari laser melalui udara dan kemudian partikel di udara memantulkan cahaya dan detektor menangkap pantulan itu,” jelas pendiri PurpleAir, Adrian Dybwad.

Pada 2020 lalu, sensor perusahaannya menjadi cara yang populer untuk melacak asap yang dihasilkan oleh kebakaran hutan di Pantai Barat. Tahun lalu, Google Maps menambahkan lapisan api untuk melacak ancaman yang berkembang.

Selain PurpleAir, Breezometer juga menjalankan bisnis pemetaan kualitas udara. Pemilik e-bike Cowboy telah mengandalkan data perusahaan untuk menghindari polusi dalam perjalanan mereka sejak awal tahun lalu.

Breezometer menggunakan model kompleks, bukan sensor fisik untuk mencapai resolusi data yang diklaim lima meter atau sekitar 16 kaki.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...