Minggu, Mei 22, 2022
BerandaReview Gadget TerbaruReview OPPO A96: Performa Tangguh Dibalut Tampilan Manis

Review OPPO A96: Performa Tangguh Dibalut Tampilan Manis

Must Read

Techbiz.id – OPPO kembali menghadirkan OPPO A96 sebagai suksesor OPPO A95 yang dirilis beberapa bulan lalu, setelah sebelumnya sempat melewatkan beberapa seri A9 di Indonesia.

Alih-alih memerlukan waktu hingga setahun berselang, OPPO Indonesia memutuskan untuk memboyong OPPO A96 lebih cepat ke Tanah Air. OPPO A96 pun hadir dengan sejumlah fitur dan peningkatan spesifikasi dari generasi sebelumnya untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia.

Smartphone ini mampu membawa fitur-fitur yang sebelumnya hanya ada di seri Reno, ke dalam kelas harga lebih terjangkau. Menariknya lagi, dengan kisaran harga Rp4 jutaan, OPPO A96 tidak hanya memiliki tampilan yang stylish tetapi juga menawarkan perangkat yang tangguh dalam berbagai skenario, baik secara hardware maupun software-nya.

Beruntungnya Redaksi Techbiz berkesempatan untuk melakukan review OPPO A96. Guna mengetahui lebih lanjut, mari kita simak hasil review OPPO A96 berikut ini

Review OPPO A96

Desain

Fitur OPPO A96

Bukan OPPO rasanya jika tidak menawarkan perangkat dengan desain yang stylish, termasuk pada perangkat OPPO A96. Mengadopsi desain OPPO Glow, smartphone ini mengemas tampilan berkilau dengan berbagai warna.

Tampak pantulan warna yang berbeda terpancar dari berbagai sisi sesuai dengan arah datangnya cahaya, seperti warna hijau, biru muda, pink serta silver. Tidak hanya indah, desain OPPO Glow juga memiliki lapisan khusus yang membuatnya tidak meninggalkan jejak sidik jari bahkan goresan sekalipun.

Sehingga tetap nyaman untuk memegangnya kapan pun. Apalagi perangkat ini juga mengadopsi desain 3D Slim Body dengan ketebalan hanya 8,4mm dan berat 190,9 gram, cukup ringan dan ramping bukan?

OPPO A96 juga sudah berhasil melalui serangkaian uji fisik OPPO Enduring Quality, dimana membuktikan bodi perangkat cukup tangguh dalam berbagai skenario. Termasuk adanya sertifikasi IPX4 dan IP5X yang membuat perangkat A96 tahan terhadap percikan air dan debu.

Layar

Review OPPO A96
Layar OPPO A96

Salah satu peningkatan yang dapat dirasakan adalah pada bagian layar. OPPO A96 kali ini sudah mengadopsi layar dengan kemampuan refresh rate 90Hz, berbeda dengan pendahulunya. Dapat terasa ketika bergulir antar aplikasi ataupun menjelajah sosial media, menjadi lebih lancar dan mulus.

Di sisi lain, tampilan visual juga cukup dimanjakan berkat hadirnya layar seluas 6,59 inci dengan resolusi 1080×2412 FHD+. Plus, setiap sisi bezel layarnya ramping dengan screen-to-body rasio mencapai 90,8 persen.

OPPO A96 setidaknya sudah membawa touch sampling rate 180Hz, membuatnya mampu mendukung pengalaman gaming menjadi lebih baik dan responsif. Sehingga mudah bagi perangkat dalam mengikuti pergerakan jari saat bermain.

Akurasi warnanya juga termasuk baik, berkat dukungan warna 96% NTSC Wide Colour Gamut. Dilengkapi juga dengan proteksi All-day AI Eye Comfort yang berfungsi melindungi mata pengguna saat menatap layar.

Baca juga: Ini Hasil Kamera OPPO A96 yang Rilis Besok di Indonesia

Kamera

Review OPPO A96
Kamera OPPO A96

Pada sektor kamera, OPPO A96 membawa dua sensor kamera dengan modul yang cukup besar, layaknya desain smartphone flagship masa kini. Modul kamera seperti ini membuatnya cukup ‘stand out’ di kelasnya.

Alih-alih tiga lensa kamera seperti sebelumnya, OPPO A96 hanya membawa dua lensa, yakni kamera utama 50 MP bersama depth sensor 2 MP. Namun, kamera utama OPPO A96 tetap mampu menghasilkan foto dengan baik berkat pengoptimalan fiturnya.

Seperti AI Scene Enhancement yang mampu memberikan peningkatan saturasi dan kontras mengikuti obyek pada foto. Satu hal yang paling menarik bagi saya adalah hadirnya fitur Bokeh Flare Portrait, selain fitur Portrait biasa.

Ini merupakan kali pertama bagi lini seri A mengadopsi fitur tersebut, dimana biasanya menjadi andalan seri Reno. Tentu saja, fitur Bokeh Flare Portrait mampu menghasilkan latar belakang menjadi buram berupa bola-bola cahaya sambil menjaga detil objek tetap tajam.

Sementara untuk mode Portrait biasanya, OPPO A96 masih bisa diatur tingkat bokehnya, dari nol hingga 100%, sesuai dengan keinginan.

Untuk kamera swafoto di bagian depan dilengkapi dengan AI retouching yang bisa diatur secara default. Adapun hasil ‘retouch’ yang diberikan tetap terlihat natural tanpa berlebihan sehingga menghasilkan foto tampak lebih nyata.

Selain itu, fitur Portrait di bagian depan juga cukup halus dalam memisahkan objek dengan latar belakang. Sedangkan untuk perekaman video, baik kamera depan dan kamera belakang OPPO A96 sama-sama mampu merekam hingga resolusi 1080p 30fps, cukup baik di kelasnya. Berikut hasil foto dari perangkat OPPO A96:

Halaman selanjutnya: performa..

Terkait

Artikel Terkait

Cara Bikin Konten Makanan Biar Viral

Techbiz.id - Penikmat video pendek makin sering disuguhkan konten seputar makanan mulai dari mukbang hingga tutorial memasak. Konten mengenai...