Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaFintechOpenSea Hadirkan Fitur Khusus Demi Cegah NFT Tiruan

OpenSea Hadirkan Fitur Khusus Demi Cegah NFT Tiruan

Must Read

Techbiz.id – Marketplace NFT, OpenSea, meluncurkan fitur khusus demi mencegah adanya NFT tiruan.

Pembaruan fitur itu mencakup adanya sistem baru untuk mendeteksi dan menghapus NFT tiruan dan perbaikan proses verifikasi akun.

Di tengah pasar NFT terus berkembang, peniruan dan plagiarisme menjadi masalah yang juga turut ikut berkembang.

Hingga pada akhirnya OpenSea mengambil dua langkah. Pertama adalah dengan mengurangi fitur ‘Copymints’ di OpenSea.

Perlu diketahui, Copymints merupakan ‘alat’ salinan NFT dan telah terbukti menjadi masalah bagi platform seperti OpenSea.

Tepatnya bulan Februari lalu, OpenSea mengatakan bahwa lebih dari 80 persen item yang dihapus karena pelanggaran dibuat dengan alat pencetakan gratisnya itu.

OpenSea mengatakan sedang menerapkan fitur deteksi salinan dua bagian baru, mencatat salinan mempersulit pengguna untuk menemukan konten asli.

Perusahaan mengatakan akan menggunakan teknologi pengenalan gambar (Face Recognition) untuk memindai NFT pada platform dan membandingkannya dengan koleksi asli, mencari flips, rotasi, dan varian lainnya.

Marketplace NFT ini pun mengatakan akan adanya tinjauan khusus yang dilakukan manusia untuk melihat apakah NFT tiruan ini memang layak untuk dihapus.

“Kami berkomitmen untuk menyatukan jarum antara menghapus copymint dan memberi ruang bagi remix aditif yang substantif untuk berkembang,” tulis perusahaan dalam posting blog resminya.

OpenSea mengatakan sudah mulai menghapus konten yang menyinggung dan akan meningkatkan proses penghapusan dalam beberapa minggu mendatang.

Sementara itu, langkah yang kedua adalah adanya pembaruan proses verifikasi akun di OpenSea. Aplikasi verifikasi khusus undangan akan tersedia untuk akun dengan koleksi setidaknya 100 volume ETH, dan perusahaan mengatakan berencana untuk segera memperluas kelayakan.

Baca juga: Instagram Uji Fitur untuk Tampilkan NFT

Koleksi tersebut bisa mendapatkan lencana biru ketika dimiliki oleh akun terverifikasi dan memenuhi volume perdagangan 100 ETH. Nantinya, Tim dukungan pelanggan khusus yang akan menanggapi verifikasi akun dan aplikasi lencana pengumpulan dalam 7 hari.

OpenSea sendiri telah meluncurkan fitur keamanan lainnya dalam beberapa bulan terakhir menyusul laporan penipuan dan penipu di atau terkait dengan platform.

Terkait

Artikel Terkait

DJI Mini 3 Pro, Drone Ringan dengan Video 4K

Techbiz.id - DJI Mini 3 Pro resmi hadir di Indonesia melalui jaringan ritel Erajaya Active Lifestyle dan diklaim menjadi...