Minggu, November 27, 2022

BTS 4G di Selong Belanak NTB Munculkan Peluang Usaha Baru

Techbiz.id – Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Indonesia (BAKTI) Kominfo membuka akses telekomunikasi di dusun Lekok Dalem Desa Selong Belanak, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. dengan menghadirkan BTS 4G.

Disampaikan Direktur Infrastruktur BAKTI Kominfo, Bambang Nugroho, hadirnya BTS 4G di desa ini menjadi bagian dari dukungan BAKTI Kominfo terhadap wilayah yang menjadi destinasi wisata super prioritas.

“Waktu membangun Mandalika, kami mencari desa-desa mana yang harus didukung supaya bisa mendapatkan akses sarana telekomunikasi,” ungkap pria yang akrab dipanggil Nugie.

BTS yang sudah beroperasi sejak Oktober tahun 2020 tersebut memilki kapasitas 5Mhz dengan kapasitas VSAT 8 Mbps serta memiliki utilisasi downlink 6 Mbps dan Uplink 2 Mbps.

Menurut Kepala Dusun Lekok Dalem, desa selong Belanak, Rajab sejak hadirnya BTS 4G tersebut, komunikasi jadi lebih untuk telepon ataupun mengakses internet. Sebelum adanya BTS ini warga sekitar harus menaiki bukit setinggi hingga 1 kilometer. Terkadang ketika sudah di atas bukit, sinyalnya juga tidak stabil.

“Kami bersyukur di tahun 2020 mulai dibangun BTS oleh Bakti, jadi lebih mudah kalau mau telepon atau mengakses internet tanpa harus naik ke bukit lagi,” kata Rajab.

Selain itu disampasikan Rajab, dengan adanya BTS 4G di dusunnya tercipta peluang usaha baru seperti counter penjualan pulsa dan juga diharapkan bermunculannya kegiatan ekonomi lainnya sepert bisnis online.

Saat ini secara nasional, BTS 4G yang dibangun BAKTI ada sebanyak 4.321 yang sudah on air. Hingga tahun 2024 BAKTI berharap ada 7.000 site yang akan teerbangun. Meski demikian, hal tersebutbergantung pada ketersediaan anggaran setiap tahunnya

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Cara Nonton Netflix Tanpa Akses Internet

Techbiz.id - Demi mengedepankan pengalaman menonton yang lebih menyenangkan saat bepergian, Netflix menyediakan fitur yang membuat penggunanya dapat nonton...