Senin, Mei 27, 2024

Apex Legends Mobile Tutup, Gimana Nasib Pemainnya?

Techbiz.id – Kabar Apex Mobile Legends tutup cukup menggemparkan netizen terutama pemainnya. Wajar saja, game yang belum genap setahun ini tiba-tiba mengumumkan kabar yang kurang sedap.

Electronic Arts (EA) selaku penerbit dan pengembang bakalan menutup layanan (server) dua game populer yaitu Apex Legends Mobile dan Battlefield Mobile.

Pengumuman tutupnya Apex Legends Mobile diinformasikan melalui blog resmi EA. Mereka memutuskan untuk menutup layanan tersebut karena berbagai faktor.

Dikutip dari laman resmi EA, kedua game tersebut terpaksa ditutup karena dianggap tidak memenuhi kenyataan dari sisi pemain, mitra, pengembang, maupun perusahaan EA sendiri.

“Meski momen peluncuran Apex Legends Mobile terbilang sangat baik, pengalaman yang diberikan game itu saat ini ternyata tidak sesuai ekspektasi. Setelah berbulan-bulan berdiskusi dengan berbagai mitra, kami akhirnya memutuskan untuk menutup game tersebut,” ujar EA, melalui laman resminya, Rabu (1/2/2023).

Lantas, bagaimana nasib para pemainnya?

Game bergenre battle royale ini masih bisa dimainkan hingga tanggal 1 Mei 2023 di wilayah operasional Apex Legends Mobile mendatang hingga pukul 16:00 server PDT atau 2 Mei 06:00 WIB.

Namun fitur pembelian (in-app purchase) sudah dicabut oleh pengembang pada 31 Januari 2023 pukul 13:00 PST, atau 1 Februari 2023 04:00 WIB. Ini berarti pengguna sudah tidak bisa lagi melakukan transaksi di dalam game seperti membeli skin atau aksesori lainnya. Bagi pemain yang masih memiliki sisa Syndicate Gold masih bisa dihabiskan untuk membeli beragam barang di Apex Mobile Legends.

Setelah tanggal 1 Mei 2023, Apex Mobile Legends sudah tidak bisa dimainkan lagi, dan pengguna sudah dipastikan tidak bisa login ke dalam game.

Sayangnya, bagi pemain yang sudah pernah melakukan top-up di game Apex Legends Mobile tidak akan mendapatkan uang mereka kembali (refund). Dan pastinya, bagi pemilik akun sultan (banyak barang premium) juga dipastikan tidak laku untuk dijual.

Mengenang peluncuran awal Apex Legends Mobile

Apex Legends Mobile tutup

Game yang memiliki genre Battle Royale ini pertama kali meluncur dalam versi PC apda Februari 2019. Selang tiga tahun, perusahaan meluncurkan versi mobile-nya pada Mei 2022 lalu.

Jika kita mengingat kembali, Apex Legends Mobile memiliki animo tinggi dari pecinta game pada saat peluncuran perdananya. Ada beberapa juga streamer di Facebook yang dulunya bermain PUBG Mobile, hingga banting stir untuk mencoba Apex Legends Mobile.

Apex Legends Mobile pada saat peluncurannya terbilang cukup cemerlang. Ini bisa dilihat dari statistik unduhan yaitu sebanyak 21,8 juta kali, hingga mampu meraup cuan sekitar 11,6 juta dolas AS hanya dalam waktu 30 hari.

Disamping itu, game besutan EA tersebut juga berhasil menyabet penghargaan diantaranya adalah iPhone Game of The Year 2022, dan Best Game of 2022 dari Google Play Awards.

Namun sayang, tidak diketahui sebab pastinya mengapa game Apex Legends Mobile tutup.

Baca Juga:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...