Kamis, Februari 22, 2024

LG Pasarkan New Eco, AC Hemat Listrik Yang Tidak Berisik

Techbiz.id – AC LG New Eco resmi dipasarkan di Indonesia dengan kesenyapan sepanjang pengoperasian menjadi fokus utama dalam inovasi LG bagi AC berbasis inverter ini.

“Mendampingi teknologi inverter yang terbukti hemat listrik, AC ini dirancang memberi ekstra kenyamanan dengan rendahnya bunyi yang ditimbulkan,” ujar Mike Kim, Product Director of Air Solution for LG Electronics Indonesia

Pernyataan ini merujuk inovasi LG pada perangkat motor dan kompresor AC LG New Eco. Rancangan khusus pada kedua bagian tersebut membuat AC terbaru LG ini hanya memiliki tingkat kebisingan 27 decibel. Sebagai perbandingan, sebuah ruang perpustakaan yang tenang memiliki tingkat kebisingan rata-rata sebesar 40 decibel.

Namun demikian, minimnya bunyi sepanjang unit dioperasikan hingga kerap tak disadari penggunanya bukan menjadi satu-satunya kenyamanan yang ditawarkan. Lebih dari itu, pengembangan lebih lanjut pada teknologi inverter yang menjadi basis AC LG New Eco, membuatnya mampu memberi ekstra kenyamanan dari penggunaan listrik yang dapat ditekan.

Hal ini merujuk pada fitur unggulan berupa pilihan pengaturan daya listrik yang membuat pengguna dapat mengoperasikan AC ini dengan daya listrik dibawah kebutuhan normailnya. Terdapat empat tingkat pengaturan daya yang dapat dipilih, dengan opsi terendahnya membuat AC LG New Eco dapat aktif hanya dengan 40% kebutuhan konsumsi listrik normalnya. Untuk mengaktifkannya, seluruh pengaturan tersedia melalui satu tombol pada remote control.

Opsi pengaturan daya ini, selain memberikan fleksibilitas lebih tinggi bagi pengguna untuk menikmati udara sejuk dari AC sambil tetap melakukan beragam aktivitas lain yang menuntut konsumsi listrik, juga dapat dipilih ketika suhu lingkungan sekitar cenderung sejuk atau pun menjelang istirahat malam.

Selain tingkat suhu dalam rentang waktu malam hingga pagi yang cenderung sejuk, suhu tubuh manusia pun cenderung turun saat sedang tidur. “Memilih pengaturan kebutuhan listrik lebih rendah pada momen tertentu saat lingkungan sekitar cenderung sejuk, membuat pengguna dapat lebih hemat biaya listrik tanpa harus mengurangi kenyamanannya,” ujar Mike Kim lagi.     

Kenyamanan pun ditunjukkan LG melalui perhatiannya pada aspek kesehatan pengguna. Fokus utamanya pada upaya meningkatkan kebersihan sirkulasi udara. Salahsatunya melalui kelengkapan pre-filter untuk menjebak partikel debu besar yang dapat dengan mudah dilepas pasang untuk pembersihan mandiri.

Sementara di bagian lain, LG pun menyematkan fitur Auto Cleaning. Sesuai namanya, ini merupakan inovasi LG untuk pembersihan otomatis yang bekerja mengeringkan embun dalam unit AC LG New Eco. Tanpa disadari, embun yang terjadi pada bagian dalam unit sebagai konsekuensi proses pendinginan udara, berpotensi menjadi tempat tumbuhnya jamur dan melekatnya berbagai partikel merugikan kesehatan. “Paparan berulang partikel merugikan yang melayang bersama sirkulasi udara dalam ruang memberikan resiko pada aspek kesehatan,” ujar Mike Kim.

Tiga kenyamanan utama dari rendahnya tingkat kebisingan, opsi pengaturan daya listrik yang digunakan serta perhatian pada aspek kesehatan dalam AC LG New Eco membuat Mike Kim optimis AC inverter LG ini bakal menjadi penantang serius AC inverter bagi hunian yang selama ini beredar di pasaran. Apalagi, menurutnya pula, AC LG New Eco memiliki pilihan kapasitas pendinginan luas mulai dari ½ PK hingga 2 PK.

“Dengan tawaran kenyamanan dan luasnya pilihan kapasitas pendinginan, AC akan menjadi AC hemat energi pilihan bagi berbagai kebutuhan masyarakat Indonesia,” ujar Mike Kim. Dikatakannya, dengan pengumuman pemasaran resmi ini, AC LG New Eco telah tersedia di berbagai jaringan toko elektronik di berbagai daerah maupun platform pemasaran daring utama di Indonesia.

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...