Kamis, Februari 22, 2024

Acer Swift 3 Now: Pilihan Laptop Menarik untuk Mahasiswa

Techbiz.id – Anda pastinya sudah familiar dengan nama Swift series dari Acer yang merupakan lini laptop tipis dan ringan. Salah satunya adalah Acer Swift 3 Now yang menjadi anggota keluarga Swift series terbaru.

Masih dengan ciri khas Swift series, laptop ini punya desain bodi yang tipis dan ringan. Tentunya ini menjadi kelebihan yang juga banyak diinginkan oleh konsumen. Sebagai informasi, laptop ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pelajar hingga mahasiswa.

Selain punya desain yang ringkas, Acer Swift 3 Now juga sudah ditenagai dengan 12th Gen Intel® Core™ Processors, yang menggunakan arsitektur hybrid terbaru dan siap memberikan performa yang lebih mantap dari pendahulunya.

Memberikan gambaran yang lebih lengkap kepada Anda mengenai laptop satu ini, berikut kami sajikan hasil review Acer Swift 3 Now untuk Anda semua. 

Desain dan Layar

Acer Swift 3 Now mengusung desain yang tipis dan ringan dengan ketebalan hanya 15,9mm dan bobot mencapai 1,2kg. Karena cukup ringan dan tipis, laptop ini mudah dibawa kemana saja untuk beraktivitas, seperti kuliah atau bekerja.

Desainnya menampilkan kesan elegan dengan pilihan warna yang cerah. Terdapat tiga pilihan warna yang ditawarkan laptop ini yaitu Pure Silver, Haze Gold, dan Iris Blue. Logo Acer tercetak kecil di bagian atas, serta logo Swift dekat bagian engsel, memperkuat citra elegan.

Di sisi kanan dan kiri berjajar beragam port seperti port USB Type-C / Thunderbolt™ 4, port 2x USB 3.2 Gen 1 dan port HDMI 2.0, jack audio 3,5mm dan kensington lock.

Saat dibuka, Anda dapat menemukan keyboard yang jelas sangat nyaman digunakan untuk mengetik. Dukungan backlit juga menurut kami jadi sentuhan yang sangat berguna bagi pengguna. Tepat pada tombol power di bagian atas, tertanam juga fitur fingerprint sensor yang bisa digunakan untuk membuka kunci layar secara instan.

Sebelum menggunakan fitur fingerprint sensor, tentu Anda perlu melakukan pengaturan terlebih dahulu. Setelahnya ini membuat Anda bisa mengakses desktop dengan lebih cepat dan nyaman.

Dari segi layarnya berukuran 14 inci dengan menggunakan teknologi IPS (In-Plane Switching) dengan resolusi QHD (2,5K), dengan 100% color gamut yang membuatnya mampu menghasilkan gambar yang tajam, colorful dan lebih immersif saat menampilkan konten hiburan favorit Anda.

Pengalaman visual yang diberikan benar-benar optimal. Mata kami seolah kaget saat harus kembali dihadapkan pada laptop dengan layar HD atau Full HD. Karena perbedaan kualitasnya jelas sangat terasa.

Performa

Di balik desainnya yang tipis dan ringan, tersimpan performa yang tinggi. Acer membenamkan Intel® Core™ i5-1240P/i7-1260P processor. Selain pastinya menawarkan kinerja yang lebih ngebut dari generasi sebelumnya, prosesor ini juga menggunakan arsitektur hybrid terbaru yang merupakan inovasi teranyar dari Intel® yang membagi core menjadi Performance dan Efficiency, sehingga kinerja bisa maksimal dan tetap stabil.

Sementara urusan grafisnya dipercayakan pada Intel® Iris® Xe Graphics. Sementara kinerjanya juga didukung RAM LPDDR4X berkapasitas 16GB dan ruang penyimpanan SSD NVME berkapasitas 512GB.

Penggunaan memori penyimpanan SSD ini jelas juga meningkatkan performa jadi jauh lebih cepat, dibandingkan penggunaan HDD. Kabar baiknya, memori penyimpanannya bisa ditambah berkat 2 slot SSD yang sudah disiapkan oleh Acer.

Acer Swift 3 Now merupakan laptop yang sudah tersertifikasi Intel® Evo™ platform. Dengan pekerjaan dan tugas sehari-hari yang banyak mengandalkan laptop kapan saja dan di mana saja, laptop berbasis Intel® Evo™ platform memberikan jaminan performa dan daya tahan baterai maksimal.  

Untuk menjaga performanya optimal dan stabil, Acer menggunakan teknologi kipas Acer TwinAir terbaru yang diklaim dapat membantu proses pendinginan pada bagian dalam laptop hingga 27,5%.

Selama mengulas laptop ini, Acer Swift 3 Now kami jadikan sebagai laptop utama pendamping aktivitas sehari-hari. Membuat artikel jadi task utama, diselingi dengan conference call, browsing, editing foto hingga streaming film.

Semua task tersebut dapat kami rasakan dapat dibabat oleh laptop tanpa kendala. Kenikmatan lain yang kami rasakan, desainnya yang ringkas memudahkan kami untuk bekerja di mana saja.

Konektivitas Acer Swift 3 Now cukup lengkap dengan dukungan Intel® Wireless Wi-Fi 6 AX201 802.11a/b/g/n/acR2+ax wireless LAN, 2×2 MU-MIMO technology dan Bluetooth® 5.1. Selain itu juga terdapat Intel® Killer Intelligence Center untuk mengatur prioritas penggunaan data sehingga pengguna dapat mengatur penggunaan data sesuai dengan yang diinginkan.

Acer Swift 3 Now dilengkapi dengan speaker stereo dengan dukungan teknologi DTS dan Acer True Harmony yang menawarkan kualitas audio yang jernih dan detail yang kaya untuk memanjakan telinga pengguna, serta meningkatkan pengalaman menikmati konten multimedia. 

Laptop ini juga dilengkapi dengan FHD Camera dan Acer PurifiedVoice (noise cancellation) untuk menghilangkan suara bising dengan kualitas terbaik yang sesuai untuk mendukung aktivitas conference call. Kombinasi kedua fitur ini menurut kami membuat pengalaman conference call jadi lebih mantap, baik dari audio dan juga visual.

Acer Swift 3 Now juga sudah terinstall Windows 11, yang mana merupakan sistem operasi terbaru dari Microsoft. Kelebihan lainnya, laptop ini juga sudah dilengkapi dengan Office Home & Student 2021, sehingga Anda bisa langsung menggunakan aplikasi Office, Excel, PowerPoint dan sebagainya tanpa perlu mengeluarkan biaya langganan lagi.

Kesimpulan

Selama beberapa hari menggunakan laptop ini, kami mendapatkan impresi yang benar-benar positif. Desain yang ringkas memudahkan mobilitas, layar beresolusi tinggi, performa tinggi dari 12th Intel® Core™ processors yang bisa mendukung beragam aktivitas, serta dukungan seperti webcam FHD, Acer Purified Voice dan lain sebagainya.

Acer Swift 3 Now jelas sangat layak untuk dilirik untuk Anda yang memang mencari laptop, atau tengah mempertimbangkan untuk membeli laptop ini, terutama dari kalangan pelajar hingga mahasiswa.

Sebagai penutup, laptop ini memiliki label harga Rp 12.499.000. Tersedia juga varian lain dengan Intel® Core™ i7-1260P Processor yang tentu sedikit lebih tinggi dengan harga Rp 14.999.000. Acer juga memberikan garansi resmi selama 3 tahun services, 2 tahun sparepart dan 1 tahun Acer Priority Care (termasuk Accidental Damage Protection).

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...