Selasa, April 30, 2024

Cek Resiko Bencana Alam Lewat Aplikasi Android 2021 Berikut Ini!

Techbiz.id – Dilewati oleh garis khatulistiwa, membuat posisi Indonesia sangat strategis, terutama untuk kondisi geografis-nya.

Namun, sayangnya, situasi tersebut juga membawa resiko bencana alam yang cukup besar. Apalagi, dengan banyaknya gunung yang tersebar di seluruh Nusantara.

Gempa bumi, tanah longsor hingga gunung meletus bukan lagi hal baru di Indonesia. Kendati demikian, masyarakat tetap harus waspada.

Kamu tak perlu khawatir karena semua itu bisa dicek melalui aplikasi. Ya, memasuki akhir 2021, sudah tersedia beragam aplikasi yang akan memberikan notifikasi khusus jika pada suatu wilayah akan atau sudah terjadi bencana alam.

Itu bisa berupa peringatan dini yang dikeluarkan oleh lembaga khusus seperti Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ataupun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Penasaran? Simak selengkapnya berikut ini!

Aplikasi Pendeteksi Bencana Alam 2021

1. inaRISK

inaRISK merupakan aplikasi hasil pengembangan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Aplikasi ini secara khusus dirancang untuk mendeteksi potensi bencana yang dapat diakses oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta masyarakat Indonesia secara luas.

Adapun informasi tersebut mencakup bahaya bencana dan apa tindakan yang harus dilakukan oleh masyarakat ketika terjadi sebuah bencana. Misalnya, sesaat sebelum atau sesudah terjadi banjir, masyarakat dapat mengetahui tindakan yang harus dilakukan.

Aplikasi Android ini juga memiliki informasi-informasi dasar, seperti peta dasar dari Badan Informasi Geospatial (BIG), peta bahaya dari wali data misalnya peta banjir dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), peta tanah longsor dan gunung api dari Badan Metereologi.

Baca juga: Akurat! Ini Aplikasi Prakiraan Cuaca Terbaik Android 2021

2. Info BMKG

Aplikasi pendeteksi bencana alam 2021, Aplikasi cek kualitas udara

Sesuai dengan namanya, Info BMKG merupakan aplikasi milik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Aplikasi ini menyediakan fitur notifikasi bencana berupa gempa bumi yang terjadi di suatu wilayah.

Dengan catatan, hanya gempa bermagnitudo di atas 5 skala richter saja yang akan muncul dalam notifikasi, dilengkapi dengan jarak epicentrum ke lokasi pengguna.

Tak hanya itu, Info BMKG juga memiliki sejumlah fitur lainnya, seperti peringatan dini cuaca berdasarkan lokasi. Pengguna akan diminta untuk mengaktifkan lokasi mereka demi mendapatkan informasi yang lebih akurat, sesuai dengan jangkauan wilayah di sekitarnya.

3. WRS-BMKG

Aplikasi pendeteksi bencana alam 2021

Sama seperti aplikasi Info BMKG, Aplikasi WRS-BMKG bertujuan untuk menyebarluaskan informasi gempabumi dengan magnitudo lebih dari 5.0. Bedanya, aplikasi ini juga akan menampilkan kemungkinan terjadinya tsunami khususnya di wilayah Indonesia.

Namun, aplikasi ini hanya disediakan untuk stakeholder BMKG seperti BNPB, BPBD, Pemerintah Daerah, media radio, media televisi, TNI, POLRI, Kementrian/ Lembaga Negera lain dan pihak swata, agar mereka mendapatkan cara termudah untuk menerima informasi dari Sistem Peringatan Tsunami Indonesia (InaTEWS) BMKG Indonesia.

Baca juga: Auto-Strike! Ini Daftar Aplikasi Pencari Ikan Terbaru 2021

4. InDRA BNBP

Aplikasi pendeteksi bencana alam 2021

InDRA BNBP juga memiliki fitur yang akan menampilkan bencana yang terjadi di sejumlah wilayah di Tanah Air.

Menariknya, aplikasi besutan BNBP ini juga menampilkan bencana alam selain gempa, yakni tanah longsor, angin kencang dan masih banyak lagi.

Informasi yang disajikan juga cukup lengkap, tidak hanya lokasi bencana tetapi juga data korban jiwa, nilai kerusakan hingga lainnya.

Sejauh ini, InDRA BNBP telah diunduh oleh lebih dari 5 ribu pengguna Android dan mendapatkan skor 4,4 poin dari total 5 penilaian.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...