Rabu, April 24, 2024

10 Langkah Melindungi Privasi Online

Techbiz.id – Pelanggaran privasi data dalam platform digital sering kali terjadi. Hal ini bisa terjadi bagi perangkat komputer maupun smartphone Anda.

Namun, banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Ikuti langkah dari Kapersky berikut ini, untuk melindungi privasi data ponsel Anda :

1. Mengatur Privasi Jejaring Sosial

Anda perlu mengatur informasi mana yang dapat dibagikan kepada orang asing dan teman, atau bahkan tidak ada orang selain Anda.

2. Jangan Menggunakan Penyimpanan Umum Untuk Informasi Pribadi

Meski tanpa batas, sebaiknya jangan menggunakan platform online untuk menyimpan informasi pribadi Anda. Misalnya, Google Documents bukanlah tempat yang ideal untuk menyimpan daftar kata sandi, dan Dropbox bukan tempat terbaik untuk pemindaian paspor Anda kecuali disimpan dalam arsip terenkripsi.

3. Simpan Alamat Email Utama dan Nomor Ponsel Anda Tetap Pribadi

Apabila Anda harus membagikan informasi ini untuk layanan Internet dan toko online, jangan membagikannya kepada orang-orang asing secara acak di jejaring sosial. Selalu pertimbangkan untuk membuat alamat email terpisah, sekali pakai atau nomor telepon terpisah.

Buat akun email tambahan dan membeli kartu SIM tambahan untuk dapat digunakan berbelanja online dan situasi lain yang mengharuskan Anda berbagi data dengan orang asing.

4. Menggunakan Aplikasi Pesan Dengan Enkripsi End-to-end

Untuk menghindari peretasan data, Anda perlu memilih pesan dengan enkripsi end-to-end. Pasalnya, penyedia layanan perpesanan sekalipun tak dapat melihat percakapan Anda. Gunakan aplikasi perpesanan dengan enkripsi end-to-end, misalnya, WhatsApp;

5. Gunakan Kata Sandi Yang Aman

Sebaiknya gunakan kata sandi yang cukup panjang (12 karakter dan lebih) di manapun. Kemudian usahakan memakai sandi yang berbeda disetiap platform.

6. Tinjau Izin Untuk Aplikasi Dan Browser

Izin dalam aplikasi dan browser sering kali dianggap remeh. Namun, sebelum Anda memilih setuju, sebaiknya teliti lebih detil. Pasalnya, beberapa aplikasi dan browser biasanya akan mengakses data Anda.

7. Amankan Ponsel dan Komputer Anda Dengan Kata Sandi

Komputer dan ponsel memiliki banyak data yang lebih baik untuk dirahasiakan, jadi lindungilah dengan kata sandi. Kata sandi ini tidak harus rumit dan unik, tetapi disarankan untuk lebih dari 6 digit.

8. Nonaktifkan Pemberitahuan Layar Kunci

Meski sudah mengunci layar, Anda juga tak boleh biarkan notifikasi muncul di panel layar. Pasalnya, siapa pun bisa melihatnya. Jadi, Anda perlu mengatur notifikasi layar kunci agar di nonaktifkan.

9. Tetap Menjaga Privasi Di Jaringan Wifi

Jaringan Wi-Fi publik biasanya tidak mengenkripsi lalu lintas. Itu berarti siapa pun di jaringan yang sama dapat mencoba mengintip lalu lintas Anda. Hindari mengirimkan data sensitif apa pun – login, kata sandi, data kartu kredit, dan sebagainya melalui Wi-Fi publik, dan gunakan VPN untuk mengenkripsi data Anda serta melindunginya dari pengintaian.

10. Hindari Pelacakan

Ketika mengunjungi situs web, browser akan mengungkapkan banyak hal hingga riwayat selancar Anda. Pengiklan menggunakan informasi tersebut untuk melacak dan menargetkan Anda dengan iklan. Bahkan Mode penyamaran (incognito) tidak begitu dapat mencegah pelacakan seperti itu. Anda perlu menggunakan alat khusus

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...