Minggu, Januari 29, 2023

Penjualan Perangkat Google Alami Penurunan

Techbiz.id – Dalam paparan yang dilaporkan Alphabet dalam rapat saham Q4 2019 pada 3 Februari, para eksekutif perusahaan berulang kali mencatat penurunan dalam penjualan atau pendapatan perangkat keras (hardware).

Perusahaan induk Google itu juga memaparkan berapa banyak uang yang dihasilkan YouTube untuk pertama kalinya. Namun sayangnya Alphabet tidak memberikan angka pasti untuk bisnis hardware atau perangkat tertentu,

Namun demikian, divisi Other Revenue (Penghasilan Lain), yang meliputi hardware, naik 10% YoY (mencapai USD5,3 miliar). Pertumbuhan ini disebabkan oleh penghasilan YouTube dan Play Store.

Perusahaan secara singkat juga mencatat perangkat mana yang laris manis, dan mengatakan Google Nest Mini dan Nest Hub Max baru “laris manis” selama masa liburan.

Sementara itu smartphone seri Pixel 3a dilaporkan “terjual dengan baik” pada tahun 2019. Bagaimana dengan Pixel 4?

“Dengan Pixel 4, kami terus membangun kemampuan kami dan sangat fokus pada eksekusi, memberikan pengalaman pengguna yang hebat dan memperluas distribusi kami,” kata CEO Alphabet Sundar Pichai selama rapat saham, tanpa menyebut penjualan sama sekali.

Sepertinya seri utama Google tidak memenuhi harapan penjualan awal hardware. Namun itu tidak mengejutkan, banyak kritik sebagai pujian dalam ulasan Pixel 4.

Diantaranya masa pakai baterai yang mengecewakan, pembukaan kunci wajah yang tidak didukung, dan penyimpanan yang sempit, padahal jelas Google bisa melakukan jauh lebih baik.

Namun ponsel ini juga menawarkan layar OLED 90Hz, kualitas gambar luar biasa, dan Android paling up-to-date sejagat raya.

Terkait

Artikel Terkait

Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi Temani Anak Beraktivitas

Techbiz.id - Samsung Indonesia melengkapi lini tabletnya dengan memperkenalkan Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi. Varian baru ini hadir dengan...