Virus Corona Mulai Ganggu Keamanan Siber

Techbiz.id – Teknologi deteksi Kaspersky telah menemukan file berbahaya menyamar sebagai dokumen terkait dengan virus corona yang baru-baru ini ditemukan.

File berbahaya (malware) yang ditemukan menyamar dengan kedok file pdf, mp4, docx tentang coronavirus. Nama-nama file menyiratkan bahwa mereka berisi instruksi video tentang cara melindungi diri dari virus, info terkini seputar ancamannya dan bahkan prosedur deteksi virus, yang sebenarnya tidak demikian.

Nyatanya, file-file ini berisi berbagai ancaman dari Trojan ke worm yang mampu menghancurkan, memblokir, memodifikasi atau menyalin data, serta mengganggu pengoperasian komputer atau jaringan komputer.

“virus corona yang sedang dibahas secara luas sebagai berita utama, telah digunakan sebagai umpan oleh para pelaku kejahatan siber. Sejauh ini kami hanya melihat sejumlah 10 file unik, tetapi karena aktivitas demikian kerap terjadi dengan topik populer di media, maka kami memperkirakan kecenderungan ini akan bertambah,” ungkap Anton Ivanov, analis malware Kaspersky.

Lebih lanjut disampaikannya, penyebaran malware yang tersembunyi di dalam dokumen palsu tentang penyebaran virus corona masih akan terus berlanjut selama kekhawatiran terhadap virus tersebut masih ada di masyarakat.

  • Produk Kaspersky mendeteksi file terkait “coronavirus” dengan nama-nama sebagai berikut:
  • Worm.VBS.Dinihou.r
  • Worm.Python.Agent.c
  • UDS:DangerousObject.Multi.Generic
  • Trojan.WinLNK.Agent.gg
  • Trojan.WinLNK.Agent.ew
  • HEUR:Trojan.WinLNK.Agent.gen
  • HEUR:Trojan.PDF.Badur.b

Related posts

Latest posts

Line Edukasi Covid-19 Lewat Stiker

Techbiz.id - LINE Indonesia mengembangkan inisiatif edukasi COVID-19 dengan meluncurkan Set Stiker Siaga COVID-19 guna terus memberikan informasi berguna, kali ini lewat...

Modalku Lakukan Mitigasi hadapi Covid-19

Techbiz.id - Modalku menerapkan prinsip responsible lending sebagai langkah mitigasi risiko untuk antisipasi dampak dari virus COVID-19. Prinsip...

Aplikasi Telekonferensi Ini Paling Banyak Sedot Bandwidth

Techbiz.id - Untuk melakukan aktivitas bekerja dan belajar dari rumah banyak aktivitas belajar kelompok atau rapat kini dilakukan via online melalui berbagai aplikasi telekonferensi...

Want to stay up to date with the latest news?

We would love to hear from you! Please fill in your details and we will stay in touch. It's that simple!