Jumat, April 26, 2024

Samsung Ciptakan TV Ultra Tipis Nyaris Tanpa Bezel

Techbiz.id – Samsung memperkenalkan produk TV terbarunya di jajaran QLED 8K TV 2020, yakni Q950 yang menghadirkan audio surround-sound, resolusi nyata 8K dalam wujud ultra tipis yang menawan hampir tanpa bezel.

Q950 hadir dengan Infinity Scree, yang memproduksi rasio screen-to-body hingga 99% untuk menciptakan pengalaman menonton yang jauh lebih baik.

Untuk menghadirkan pengalaman menonton yang lebih mendalam pada seri TV ini, Samsung memutuskan bezel layar dan matriks hitamnya (garis batas hitam di tepi layar) harus diminimalkan.

Setelah melalui proses yang panjang, para desainer dan developer di Samsung bekerjasama memproduksi Infinity Screen yang belum pernah ada sebelumnya, yang memanfaatkan 99% area pada layar dan hadir dengan ketebalan 15mm yang sangat ramping.

“Fokus konsumen idealnya hanya tertuju pada menonton dan mendengarkan ketika menikmati konten di TV mereka. Untuk mencapai ini, kami menerapkan desain yang mengurangi bezel dan matriks hitam ke tingkat yang nyaris tak terlihat. Melalu banyak uji coba, termasuk mengurangi matriks hitam per 0,1mm setiap kali percobaan, kami menemukan nilai optimal untuk layar ini, yaitu 0,8mm untuk bezel dan 0,9mm untuk matriks hitamnya,” ujar Jang-ho Kim, anggota grup product design Samsung.

Setelah melalui banyak proses, desain yang ideal telah dipilih. Namun masih ada tantangan ketika mewujudkan desain ini menjadi produk untuk pasar. Mengingat jumlah bagian yang membentuk matriks hitam pada layar, tim perlu menemukan cara yang efisien untuk memasukkan semuanya ke ruang terbatas seluas total 0,9mm.

Dengan mempertimbangkan ketebalan rata-rata kuku manusia adalah antara 0,6 – 0,7mm, ruang yang harus dimaksimalkan untuk memuat semua komponen yang diperlukan hanya sedikit lebih tebal dari kuku.

Tim kemudian membuat bezel yang dikhususkan untuk layar unik ini dengan mengubah material yang digunakan dalam produksi. Sebelumnya, bahan utama untuk produk tersebut adalah aluminium, tetapi untuk produk ini, stainless steel disebar pada lapisan tertipis yang mungkin dibuat, dengan menggunakan metode khusus guna meningkatkan daya tahannya.

Selain berinovasi di sisi depan perangkat, tim juga menghilangkan elemen yang tidak diperlukan dari sisi belakangnya. Tidak seperti bagian belakang TV konvensional yang tipis di kedua ujungnya tetapi menjadi lebih tebal di bagian tengah perangkat, QLED 8K TV 2020 menerapkan desain belakang datar yang memiliki ketebalan konsisten pada 15mm.

Tidak hanya itu, dudukan QLED 8K TV 2020 berbentuk kecil dan sederhana agar lebih menonjolkan layar.

“Dudukan layar yang kami rancang memiringkan layar TV ke belakang sekitar 3,5 derajat. Kami menghitung sudut khusus ini untuk memastikan bahwa pengguna akan dapat menikmati menonton TV yang benar-benar imersif dan nyaman, serta sudutnya juga menonjolkan desain ramping TV dengan ketebalan 15mm,” pungkasnya.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...