Selasa, Juli 16, 2024

Gojek Salurkan Kredit Digiku ke Mitra UMKM

Techbiz.id – Gojek menjadi salah satu mitra Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan pemerintah dalam program Digital Kredit untuk UMKM (DigiKU) yang diluncurkan Jumat lalu.

Dengan kemitraan ini, mitra merchant UMKM GoFood akan mendapatkan akses pinjaman dengan fasilitas bunga ringan dari anggota Himbara, termasuk Bank BRI. 

DigiKU sendiri merupakan gerakan bersama antara Pemerintah, Himbara, dan pelaku ekosistem digital sebagai bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI).

“Situasi pandemi sangat mempengaruhi pendapatan mitra kami, sehingga fasilitas pinjaman bunga ringan ini akan membantu meringankan beban keuangan mereka,” ungkap Shinto Nugroho – Chief Public Policy and Government Relations Gojek.

Shinto berharap fasilitas yang diberikan ini mampu untuk menjaga perputaran usaha sekaligus menangkap kesempatan baru.

Baca juga: Pengamat: Telkom Jangan Investasi di Gojek

“Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas upaya gotong royong Bank BRI dan Pemerintah yang telah memberikan fasilitas pinjaman khusus dirancang bagi mitra UMKM kami agar mereka bisa maju bersama ekosistem Gojek,” imbuhnya.

Lebih lanjut disampaikan Shinto, Gojek sudah berkolaborasi dengan BRI salah satu bank Himbara untuk menyediakan akses fasilitas pinjaman bunga ringan kepada mitra UMKM.

Adapun sebagai mitra dalam program DigiKu, Gojek juga akan menyediakan informasi bagi Himbara dan pemerintah untuk mendukung penyaluran kredit yang tepat bagi UMKM.

Hal ini dilakukan karena salah satu tantangan yang dihadapi dalam penyaluran kredit pada UMKM adalah keterbatasan data transaksional dan kesehatan usaha mereka serta aset untuk dijaminkan.

Melalui skema gotong-royong yang ada dalam program DigiKU, Gojek membantu Himbara untuk dapat mengetahui mana UMKM yang tepat untuk memperoleh bantuan pembiayaan.

Sebelumnya, Gojek dan Bank BRI telah mengumumkan bahwa program pinjaman bunga ringan  memasuki masa tahap awal. Dimana pada tahap ini Bank BRI telah menawarkan fasilitas pinjaman tersebut ke sejumlah mitra GoRide dan GoCar yang berdomisili di area Jabodetabek dan telah melalui pre-screening terlebih dahulu.

Untuk mitra usaha GoFood yang memenuhi persyaratan perbankan yang ditetapkan Bank BRI, Bank akan menawarkan bantuan pinjaman sampai dengan Rp 20 juta, dengan tenor selama 24 bulan, dengan keringanan biaya pembayaran pada 3 bulan pertama.

Sedangkan untuk mitra driver GoRide dan GoCar, fasilitas pinjaman yang ditawarkan adalah Rp 5 juta dengan tenor pinjaman selama 24 bulan dimana mitra driver akan mendapatkan keringanan bebas bayar selama 3 bulan pertama.

Bergabungnya Gojek dalam program DigiKU yang diluncurkan oleh Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI bersama Himbara adalah salah satu bentuk kontribusi startup anak bangsa untuk mensukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

“Kolaborasi dengan Himbara kali ini merupakan perluasan dari komitmen kami membantu jutaan UMKM yang terdampak pandemi supaya mereka bisa bangkit, dan maju bersama Gojek menggerakkan perekonomian Indonesia,” pungkas Shinto.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...