Sabtu, September 18, 2021
Beranda Tips Privasi Data di TikTok Perlu Dilindungi, Ketahui Caranya

Privasi Data di TikTok Perlu Dilindungi, Ketahui Caranya

Must Read

Startup Fintech Punya Potensi Besar untuk Tumbuh

Techbiz.id - Sektor financial masih memiliki potensi untuk dikembangkan oleh perusahaan rintisan (startup) untuk menghadirkan layanan fintech. Layanan finansial ini...

Redmi K30 Pro Bakal Rilis Akhir Maret 2020

Techbiz.id - Seperti yang sudah dokabarkan sebelumnya, Redmi K30 Pro akan rilis pada bulan Maret 2020, tetapi perusahaan masih...

Panggilan Group Line Ditingkatkan Tampung 500 Peserta

Techbiz.id - Layanan Panggilan Group di aplikasi Line baik audio maupun video terus ditingkatkan, sekarang panggilan grou tersebut bisa...

Daftar Harga Paket Indihome 2020, Mulai Rp200 ribu!

Techbiz.id - Paket internet semakin beragam, begitu juga dengan pilihan berlangganan Indihome yang dimulai dengan harga Rp200 ribu sampai...

Tanggap Covid-19, Telkomsel Komitmen Berikan Layanan Berkualitas

Techbiz.id - Merespon situasi terkini terkait pandemi COVID-19, Telkomsel tetap berkomitmen untuk senantiasa menyediakan layanan berkualitas guna menjamin kenyamanan...

Bukan Tahun Ini, iPhone SE Gen 3 Meluncur di 2022

Techbiz.id - Rumor mengenai iPhone SE generasi 3 terus bergulir. Jika sebelumnya disebut akan hadir pada paruh kedua 2021,...

Techbiz.id – Tingkat kesadaran publik di Indonesia mengenai privasi data dinilai masih rendah.

Masih banyak yang tidak menyadari informasi macam apa yang aman untuk dibagi di platform digital dan bagaimana mereka sebenarnya bisa ambil bagian dalam mengatur data tersebut.

Menurut Pakar IT, Aat Shadewa, , penting bagi pemain di industri ini untuk terus mengedukasi publik mengenai privasi data.

Baca juga: TikTok Ajak Remaja Jadi Netizen yang Bijak

Berkaitan dengan hal tersebut, platform berbagi video singkat TikTok melaporkan terus mempromosikan keamanan data privasi bagi penggunanya.

Baru-baru ini, lembaga riset Communication and Information System Security Research Center (CISSReC) melakukan pengujian independen dan mengatakan bahwa tidak ditemukan transmisi data mencurigakan di TikTok. Kepala CISSReC juga menyatakan tidak ditemukan malware di aplikasi TikTok.

“Saat kami coba cek dengan malware analysis, tidak ada aktivitas mencurigakan saat menginstal TikTok, tidak ada malware yang bersembunyi,” kata Pratama Persadha, Kepala, Communication and Information System Security Research Center (CISSReC).

Hasil pengujian independen ini senada dengan laporan yang disampaikan oleh Center for Strategic and International Studies (CSIS), bahwa setelah dilakukan banyak riset keamanan siber mengenai TikTok, tidak ada malware yang ditemukan.

“Kami berkomitmen untuk melindungi privasi dan keamanan pengguna. Kami bekerja dengan seksama untuk mengembangkan infrastruktur keamanan yang terbaik dan menjunjung Panduan Komunitas serta mematuhi aturan dan hukum privasi setempat yang berlaku.” kata Donny Eryastha, Head of Public Policy, TikTok Indonesia, Malaysia, Filipina.

Untuk melindungi privasi data saat menggunakan TikTok, pengguna dapat mengambil bagian dengan melakukan tips berikut:

Melindungi Privasi Data TikTok

1. Ganti kata sandi

Mengganti sandi akan me-log out semua pengguna lain yang mungkin punya akses ke akun Anda. Jika Anda tidak bisa mengubah kata sandi, hubungi Tim Pendukung dengan mengunjungi tab Profil, klik ikon Pengaturan, dan pilih Privasi dan Pengaturan > Kirim Ulasan. Pilih kata sandi yang aman yang mengandung setidaknya satu angka dan karakter khusus.

2. Periksa info akun

Kunjungi tab Profil, klik ikon Pengaturan, dan klik Atur Akun Saya untuk memverifikasi apakah informasi di akun Anda benar.

3. Jangan percaya situs pihak ketiga

Jangan mempercayai situs web pihak ketiga yang menjanjikan untuk memberikan likes secara gratis, penggemar, mahkota, koin, atau insentif lain, karena situs web ini bisa mengambil informasi login Anda.

TikTok tidak pernah menawarkan insentif semacam itu, dan selalu mengingatkan para pengguna untuk melaporkan kepada kami jika menerima tawaran seperti itu.

Terkait

Artikel Terkait

Terbaru

OPPO dan Tim Renang Indonesia Kampanyekan Hidup Sehat

Techbiz.id - Menggandeng tim renang Indonesia, OPPO Find X3 Pro 5G kembali menggelar kampanye OPPO Find Health untuk mendorong...