Minggu, Mei 22, 2022
BerandaNewsGood Doctor Sediakan KADO untuk Anak Pejuang Kanker

Good Doctor Sediakan KADO untuk Anak Pejuang Kanker

Must Read

Techbiz.id – Good Doctor bersama dengan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) hari ini meluncurkan inisiatif program KADO (KonsultAsi Dokter Online) untuk membantu anak-anak pejuang kanker dari keluarga prasejahtera agar terlindungi dari COVID-19.

Inisiatif ini diluncurkan bertepatan dengan Bulan Peduli Kanker Anak di September yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan dukungan masyarakat terhadap komunitas kanker anak sebagai kelompok rentan yang membutuhkan perhatian khusus selama masa pandemi.

Good Doctor dan YKAKI juga bekerja sama dengan platform filantropi dan crowdfunding, BenihBaik.com, untuk mengumpulkan donasi publik dan menyalurkan masker bedah bagi para pasien, orang tua, guru, dan koordinator YKAKI di seluruh Indonesia.

Baca juga: PSBB Ok Permudah Layanan Telemedisin saat Pandemi

Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan RI di 2018 menunjukkan prevalensi angka penyakit kanker di Indonesia mengalami kenaikan 1,8% dibandingkan dengan riset yang sama yang dilakukan di tahun 2013.

Berbeda dengan kasus pada orang dewasa, kasus kanker pada anak biasanya lebih sulit diketahui. Maka dari itu, perhatian dan kesadaran masyarakat terhadap kasus kanker anak perlu ditingkatkan.

“Kebutuhan akan konsultasi kesehatan menjadi hal yang tidak bisa ditunda, untuk itu, kemudahan akses terhadap layanan kesehatan merupakan fasilitas yang pasti bermanfaat bagi mereka, apalagi di masa pandemi ini ketika anak-anak pejuang kanker perlu terlindungi dari paparan COVID-19,” ungkap dr. Riskiyana Sukandhi Putra, Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI.

Kado Good Doctor

Managing Director Good Doctor Technology Indonesia, Danu Wicaksana, juga menekankan pentingnya pemanfaatan telemedis untuk mengurangi pelayanan kesehatan secara tatap muka demi melindungi anak-anak pejuang kanker yang lebih rentan terinfeksi COVID-19.

“Dengan memiliki sistem pendukung yang kuat, anak-anak pejuang kanker bisa lebih bersemangat dan kembali mempunyai mimpi yang besar untuk masa depan mereka. Kami harap program “KADO untuk YKAKI” dapat memberi manfaat nyata bagi pasien dan keluarga komunitas YKAKI untuk mendukung peningkatan kualitas kesehatan mereka,” ungkap Danu.

Menurut Ira Soelistyo, Ketua dan Pendiri YKAKI, kehadiran dokter secara virtual akan memudahkan mereka mendapatkan konsultasi kesehatan dari rumah masing-masing atau rumah singgah YKAKI.

Dalam peringatan Bulan Peduli Kanker Anak, program KADO juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi membantu pejuang kanker anak di komunitas YKAKI melalui penggalangan dana yang akan dikelola oleh BenihBaik.com.

Dana yang jika terkumpul semuanya akan disalurkan dalam bentuk 1.500 masker bedah kepada komunitas YKAKI dan juga biaya operasional rumah singgah YKAKI di seluruh Indonesia.

Program “KADO untuk YKAKI” menyediakan konsultasi dokter online, untuk anak-anak, orang tua, guru, dan koordinator YKAKI yang tersebar di 8 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, Riau, Semarang dan Manado.

Dengan lebih dari 10.000 mitra dokter siaga di 70 kota di Indonesia, layanan Good Doctor bisa memberikan respon cepat dan akurat terhadap pertanyaan tentang kesehatan dari keluarga anak-anak pejuang kanker.

Diharapkan, anak-anak dan keluarga pejuang kanker bisa terus memantau kesehatan mereka secara berkala dengan mudah. Melalui program ini, anak-anak dan keluarga pejuang kanker di manapun mereka berada akan memiliki akses yang sama untuk berkonsultasi dengan mitra dokter umum maupun mitra dokter spesialis anak yang telah ditunjuk dengan mudah.

Program ini dapat dimanfaatkan selama 1 tahun mulai tanggal 30 September 2020 sampai 29 September 2021 cukup dengan mengakses layanan GrabHealth powered by Good Doctor pada aplikasi GRAB.

Terkait

Artikel Terkait

Cara Bikin Konten Makanan Biar Viral

Techbiz.id - Penikmat video pendek makin sering disuguhkan konten seputar makanan mulai dari mukbang hingga tutorial memasak. Konten mengenai...