Thursday, October 22, 2020
Home DigiBiz Good Doctor dan AXA Sediakan Telekonsultasi Kesehatan Mental

Good Doctor dan AXA Sediakan Telekonsultasi Kesehatan Mental

Must Read

Aplikasi KESAN Luncurkan Marketplace Ramah Santri

Techbiz.id - Menyambut Hari Santri Nasional (22 Oktober), aplikasi Kedaulatan Santri (KESAN) resmi meluncurkan fitur Umat Market...

Kelas Pintar Sediakan GURU Pendamping Belajar Siswa

Techbiz.id - Kelas Pintar kembali melengkapi line-up produk-nya dengan meluncurkan GURU, sebuah layanan tambahan yang akan menjadi...

Combat Telkomsel Jelajahi Pelosok Negeri

Techbiz.id - Infrastruktur Compact Mobile BTS (COMBAT) kerap digunakan Telkomsel dalam upayanya menghadirkan jaringan broadband di pelosok wiayah 3T...

Techbiz.id – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia, Good Good Doctor dan AXA Financial Indonesia meluncurkan program “Telekonsultasi Kesehatan Mental AXA” gratis untuk para pemegang polis.

Peluncuran layanan Telekonsultasi Kesehatan Mental ini diharapkan dapat turut memberikan solusi terhadap masalah kesehatan mental di Indonesia, yang menjadi kian penting dalam situasi pandemi COVID-19.

- Advertisement -

Melalui program ini Good Doctor dan AXA Financial Indonesia mendorong setiap orang untuk mendapatkan bantuan profesional dan pemeriksaan kesehatan mental mereka dengan tepat.

Baca juga: Layanan Telemedisin Good Doctor Tumbuh 10x Lipat

Seperti diketahui, pandemi COVID-19 menimbulkan ketidakpastian yang berdampak pada masalah kesehatan mental yang terus meningkat, namun, kondisi ini cenderung tidak diperhatikan atau diabaikan.

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI), sebanyak 65% dari responden mengaku memiliki kecemasan, 62% mengalami depresi, dan 80% menunjukkan gejala trauma psikologis yang disebabkan oleh pengalaman tidak menyenangkan terkait pandemi.

Survei swa periksa (self check) psikologis ini diikuti oleh 4.010 responden dari seluruh Indonesia. PDSKJI juga menyebut bahwa orang yang melakukan konsultasi kesehatan mental kerap mendapat stigma negatif.

Hal ini menyebabkan mereka tidak nyaman untuk mengecek kesehatan mental mereka, padahal gangguan mental ada banyak jenisnya, mulai dari depresi, gangguan kecemasan, hingga gangguan psikologis ringan dan kronis.

Sementara itu dari segi ketersediaan tenaga psikolog, Ikatan Psikolog Klinis Indonesia (IPK) menyebutkan jumlah psikolog klinis yang tersebar di Indonesia saat ini hanya sebanyak 2.782 orang. Dari sisi persebarannya pun masih terpusat di kota-kota besar, dengan hampir 70% berada di pulau Jawa dan sebanyak 20% terkonsentrasi di Jakarta.

Dengan jumlah ini, berarti hanya terdapat 1 psikolog untuk 90.000 orang di Indonesia, padahal standar yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah 1 tenaga psikolog melayani 30.000 orang.

Menurut Danu Wicaksana, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia, prevalensi yang tidak merata ini juga menjadi salah satu faktor penyebab ongkos konsultasi psikolog yang relatif mahal.

Perubahan drastis di elemen masyarakat yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 ini menurut Danu menyebabkan lonjakan pada masalah kesehatan mental. Hal ini terbukti dari jumlah konsultasi psikolog di aplikasi Good Doctor yang meningkat 7x lipat dibandingkan bulan April atau awal pandemi.

“Kami percaya bahwa dengan teknologi, kami dapat menjangkau lebih banyak individu yang membutuhkan bantuan tenaga profesional kesehatan mental cukup melalui smartphone,” ucap Danu.

Melalui kemitraan strategis dengan penyedia asuransi AXA Financial Indonesia, layanan telemedis Good Doctor dalam GrabHealth bisa menjadi “ruang yang aman” bagi mereka yang membutuhkan konsultasi kesehatan mental, karena layanan konsultasi kami tersedia 24/7 dan dapat langsung menghubungkan pengguna dan mitra psikolog klinis secara privat.

Maka dari itu, layanan telemedis memiliki peran strategis dalam melawan stigma ini dengan akses yang mudah sehingga masyarakat yang membutuhkan bantuan tidak lagi takut atau ragu-ragu untuk segera mendapatkan bantuan profesional.

Niharika Yadav, Presiden Direktur AXA Financial Indonesia. menyampaikan, adanya kebutuhan dan keterbatasan nasabah di masa pandemi ini, AXA Financial Indonesia berupaya untuk terus mendukung kesehatan mental dan kesejahteraan nasabah.

Telekonsultasi Kesehatan mental

“Untuk itu, kami bekerja sama dengan Good Doctor, perusahaan telekonsultasi terkemuka, untuk memberikan solusi yang menawarkan kemudahan, keamanan dan akses, yang didapat melalui platform digital yang profesional, memiliki kredibilitas dan berkualitas,” ujarnya.

Pada kemitraan ini, Good Doctor ditunjuk sebagai penyedia telemedis untuk menjawab pertanyaan kesehatan mental jutaan pengguna asuransi AXA Financial Indonesia, yang mencakup konsultasi tanpa batas dengan Dokter Umum dan 3 kali konsultasi dengan psikolog dalam kurun waktu 3 bulan bebas biaya atau gratis.

Layanan konsultasi dapat diakses melalui aplikasi Grab dengan mengklik fitur “Kesehatan” atau “Health”, yang akan mengarahkan pengguna ke layanan Good Doctor.

Sebelum melakukan konsultasi, pemegang polis AXA Financial Indonesia perlu melakukan validasi akun mereka terlebih dahulu di layanan Good Doctor dalam GrabHealth melalui pilihan menu “Get Insurance Benefits” atau “Ambil Manfaat Asuransi” pada halaman utama.

Pengguna dapat memilih AXA di bagian “Insurance & Corporate” atau “Asuransi dan Perusahaan” kemudian masukan nomor polis dan data pribadi untuk validasi akun.

Selanjutnya setelah validasi akun selesai maka pengguna dapat memilih “Telusuri Dokter Kami” dan memilih menu “Priority Doctor” untuk berkonsultasi dengan Dokter Umum atau pilih menu “AXA Mental Health” untuk konsultasi dengan Psikolog Klinis.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Masuk Era 5G, Oppo Ubah Strategi Perusahaan

Techbiz.id - Memasuki era internet cepat seluler generasi ke-5 (5G) dan berkembangnya teknologi artificial intelligence (AI), Oppo...

Bisnis Proyektor LED ViewSonic Tumbuh 30%

Techbiz.id - Viewsonic melaporkan berhasil mencapai pertumbuhan penjualan dari unit bisnis proyektor LED di semester pertama 2020. Selama semester...

Besok, Xiaomi Bakal Jual Perdana Poco X3 NFC

Techbiz.id - Penjualan perdana Poco X3 NFC akan dibuka Xiaomi pada tanggal 22 Oktober 2020 melalui saluran penjualan offline dan online. Smartphone ini...

Indigo Creative Nation Kembali Digelar Telkom

Techbiz.id - Program inkubasi startup digital, Indigo creative Nation kembali dibuka Telkom kendati kondisi Indonesia dan negara lain sedang dalam pandemi covid...

Dana Kembangkan Budaya Parkir Contactless

Techbiz.id - Bekerja sama dengan aplikasi penyedia layanan parkir Parkee, kini dompet digital DANA juga bisa digunakan oleh masyarakat untuk membayar parkir....
- Advertisement -

Artikel Terkait