Wednesday, January 27, 2021
Home News 4 Tren Ini Mempengaruhi Strategi Data Perusahaan

4 Tren Ini Mempengaruhi Strategi Data Perusahaan

Must Read

Mengintip Isi Kotak Penjualan Realme Watch S Pro

Techbiz.id - Pada tanggal tanggal 26 Januari mendatang, realme akan menghadirkan produk AIoT terbarunya, yakni realme Watch S Pro...

Resmi, realme Watch S Pro Dijual Rp2 Juta Kurang

Techbiz.id - Jam tangan terbaru realme Watch S Pro resmi dijual oleh realme untuk pasar Indonesia dengan harga yang...

Samsung Indonesia Punya Bos Baru

Techbiz.id - Membuka tahun 2021, Samsung memperkenalkan Yoonsoo Kim sebagai President Samsung Electronics Indonesia yang baru. Kim telah bergabung...

Game NBA 2K21 Sudah Dipasarkan di Indonesia

Techbiz.id - Dengan bangga 2K Games mengumumkan bahwa NBA 2K21 kini sudah tersedia di Indonesia untuk konsol generasi terbaru...

Serius, Sharp Garap Smartphone Gaming Aquos Sense4 Plus

Techbiz.id - Menyatakan diri makin serius dalam menghadirkan produk smartphone, Sharp merilis perangkat baru bernama AQUOS Sense4 Plus untuk...

Techbiz.idCloudera mengungkap empat tren yang akan mendominasi tahun 2021 dan berpotensi memengaruhi strategi data perusahaan-perusahaan yang ada di Asia Pasifik (APAC).

“Walaupun tahun ini menyiratkan berbagai ketidakpastian, satu hal yang pasti adalah bahwa data akan terus memainkan peranan yang sangat penting pada tahun 2021 dan tahun-tahun mendatang,” tutur Daniel Hand, Field CTO for APJ, Cloudera.

- Advertisement -

Menurutnya, banyak organisasi/perusahaan telah memanfaatkan data untuk memperkuat daya tahan (resillience) bisnis mereka dalam 12 bulan terakhir. Langkah berikutnya adalah menggunakan data untuk meraih agilitas yang dibutuhkan untuk mengatasi disrupsi yang disebabkan bencana yang tak diinginkan, di masa depan.

Baca juga: Cloudera Data Platform Mampu Sederhanakan Data Lifecycle

“Untuk melakukan itu, mereka perlu memastikan bahwa strategi datanya betul-betul dapat mengantisipasi empat tren yang bakal mendominasi tahun ini,” imbuhnya.

4 Tren Strategi Data Perusahaan

Tren 1: Data storm

Adanya teknologi 5G akan berdampak pada strategi data perusahaan sebab teknologi ini dapat memberikan konektivitas yang masif bagi Internet of Things (IoT). Satu jaringan 5G dapat menangani sampai 1 juta connected devices di area seluas 1 kilometer persegi. Oleh sebab itu, perusahaan-perusahaan di Asia Pasifik yang mengadopsi teknologi IoT harus siap-siap bernavigasi di tengah data storm yang tercipta oleh connected devices itu. 

Tren 2: Machine learning

Ketika perusahaan-perusahaan bertransformasi digital, mereka akan menghadapi pertumbuhan data yang eksponensial dan meningkatnya kompleksitas teknologi-teknologi baru. Maka, makin banyak perusahaan yang menggunakan machine learning untuk menghadapi tantangan-tantangan tadi, tetapi banyak dari mereka yang mengambil pendekatan machine learning sedikit demi sedikit alih-alih menyeluruh.

Alhasil, mereka sulit menjadi betul-betul data-driven. Perusahaan-perusahaan di Asia Pasifik bisa mengatasi masalah ini dengan mengoperasionalkan machine learning, artinya betul-betul memanfaatkan machine learning tanpa bantuan dari IT dan tim data science.

Untuk melakukan ini, mereka perlu memahami, memercayai, dan mengkomunikasikan model machine learning agar berdampak pada bisnis mereka. Mereka yang sanggup melakukannya – sejauh mereka dapat menjalankan insight yang dihasilkan oleh AI – akan sanggup untuk bertahan dan berkembang pada masa next normal.

Tren 3: hybrid cloud

Hybrid cloud saat ini sudah menjadi pilihan default bagi kebanyakan perusahaan. IDC memprediksi bahwa pada 2021, lebih dari 90 persen perusahaan di Asia Pasifik (kecuali Jepang) akan mengandalkan perpaduan antara on-premise/dedicated private cloud, beberapa public cloud, dan platform lama (legacy) untuk menjawab kebutuhan infrastruktur mereka.

Dengan data yang menyebar di seluruh hybrid cloud, sangat penting bagi perusahaan untuk mengamankan dan mengelola data-data itu secara efektif, entah digunakan atau tidak.

Perusahaan yang pengamanan dan tata kelola datanya lemah tak hanya rentan menjadi korban cyberattack maupun ancaman dari dalam, tapi juga akan kesulitan mematuhi berbagai regulasi seperti peraturan perlindungan data dan kewajiban Know Your Customer (KYC).

Tren 4: Etika AI

Ketika makin banyak perusahaan menggunakan artificial intelligence (AI) untuk menciptakan solusi yang scalable, meningkat pula risiko reputasi, regulasi, dan hukumnya.

Sebab sistem AI dilatih untuk belajar dari sekumpulan dataset, perusahaan-perusahaan di Asia Pasifik harus mengantisipasi masalah etis yang muncul dari makin luasnya pengumpulan, analisis, dan penggunaan data dalam jumlah besar.

Saat ini, wacana seputar etika AI berkisar pada masalah anonimisasi data. Australia, Singapura, dan Korea Selatan sudah memiliki kerangka kerja AI. Adapun market lain, termasuk India dan Indonesia, sedang menyusun berbagai regulasi dan menetapkan standar nasional untuk inovasi AI pada tahun 2021. Selain itu, perusahaan-perusahaan di Asia Pasifik dapat berperan dengan membangun tata kelola data yang kuat.

“Kami memperkirakan tren yang sama akan terjadi di Indonesia pada 2021, menyusul berbagai kemajuan yang terjadi di negeri ini,” kata Fanly Tanto, Country Manager for Indonesia, Cloudera.

Sebagai contoh menurutnya adalah, 5G akan segera dimulai begitu tahun ini pemerintah selesai mengalokasikan blok frekuensi 5G kepada tiga operator lokal. Hal ini akan menyebabkan terciptanya data dalam jumlah yang sangat besar sebab 5G akan mendorong IoT dan edge computing.

“Sangat penting bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk mampu mengelola data mereka dengan efektif dan mematuhi berbagai regulasi perlindungan data,” ucapnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Prediksi Harga dan Spek iPhone SE Plus Terungkap, Ini Detilnya

Techbiz.id - Apple pertama kali merilis varian iPhone SE pada 2016 lalu. Kini, brand teknologi itu bersiap meluncurkan generasi...

Artikel Terkait