Kamis, Januari 20, 2022
BerandaNewsRiset: Penerapan Data Enterprise Tingkatkan Pertumbuhan Profit

Riset: Penerapan Data Enterprise Tingkatkan Pertumbuhan Profit

Must Read

Techbiz.id – Berdasarkan hasil riset yang dilakukan Cloudera menyebutkan, perusahaan yang menerapkan strategi data enterprise yang matang setidaknya selama 12 bulan mengalami pertumbuhan profit yang lebih tinggi

Riset yang dilakukan Cloudera bersama lembaga riset market teknologi, Vanson Bourne ini mencoba meneliti korelasi antara kematangan strategi data enterprise sebuah perusahaan (didefinisikan sebagai strategi holistik terintegrasi di perusahaan dari semua lini bisnis) dan kinerja bisnisnya. Laporan ini juga mendalami dampak dari pandemi COVID-19 yang masih melanda dan dampak dari ketidakpastian yang ditimbulkan pandemi terhadap bisnis.

Senior business decision makers (SDM) yang disurvei menyebutkan perusahaan yang menerapkan strategi data enterprise yang matang tersebut melaporkan adanya pertumbuhan profit yang lebih tinggi rata-rata 5,97 persen.

Sebanyak 96 persen SDM melaporkan bahwa cara penanganan dan pengelolaan data telah memberikan dampak positif terhadap kinerja perusahaan mereka, dan hampir dua pertiga (64 persen) melaporkan tingkat resiliensi yang lebih kuat dengan adanya strategi data yang matang.

Baca juga: Operator Manfaatkan Solusi Cloudera Untuk Inovasi Bisnis

Baik SDM dan IT decision-makers (ITDM) sama-sama berpandangan bahwa data adalah business resource yang strategis, namun kedua kelompok ini punya pendapat yang berbeda tentang proses operasional dan implementasinya.

“Adanya strategi data enterprise yang matang, dioptimasi untuk lingkungan hybrid dan multi-cloud, akan memberikan outcome bisnis yang lebih baik,” ucap Ram Venkatesh, Chief Technology Officer, Cloudera. “

Lebih lanjut menurutnya, bisnis memandang data sebagai aset penting, tidak hanya untuk memahami perubahan konstan dan gejolak yang terjadi saat ini, melainkan juga untuk membantu bersiap menghadapi hal yang akan datang.

“Belajar dari pandemi ini kita menyadari pentingnya transformasi digital di perusahaan mana pun. Dan aspek yang paling umum dalam strategi transformasi digital adalah kehandalan perusahaan dalam menganalisis data yang semakin masif untuk pengambilan keputusan bisnis yang lebih cerdas dan lebih efisien,” ujar Fanly Tanto, Country Manager for Indonesia Cloudera.

Simak artikel menarik lainnya:

Terkait

Artikel Terkait

Mediatek Pamerkan Kemampuan Koneksi Wi-Fi 7 Filogic

Techbiz.id - Demo langsung pertama teknologi Wi-Fi 7 di dunia berhasil dilakukan Mediatek. Demo ini menyoroti kemampuan portofolio konektivitas...