Selasa, April 16, 2024

AIA Gunakan Sign with SingPass Milik Kofax

Techbiz.id – Perusahaan asuransi AIA merupakan perusahaan asuransi pertama yang menyediakan fitur Sign with SingPass yang merupakan proyek uji coba bersama Kofax dengan GovTech bagi pelanggannya di Singapura.

Fitur ini hasil kemitraan antara Badan Teknologi Pemerintah Singapura (GovTech) dan Kofax ini dihadirkan seiring dengan maraknya transaksi digital untuk memperkuat proses keamanan siber.

Fitur Sign with SingPass ini dikembangkan GovTech dengan mengintegrasikan solusi tanda tangan digital Kofax SignDoc. Integrasi Kofax SignDoc dengan Sign with SingPass memungkinkan penandatanganan dokumen beserta verifikasinya dilakukan dari jarak jauh.

Baca juga: Kofax Tambah Fitur SingPass untuk Tanda Tangan Digital

Proses ini bisa dilakukan secara aman dan mudah bagi pelanggan. Layanan Sign with SingPass adalah bagian dari proyek strategis National Digital Identity (NDI) Smart Nation. Tujuan dari proyek NDI tersebut adalah membangun ekosistem identitas digital terpercaya bagi masyarakat, lembaga pemerintah dan perusahaan swasta. 

“Kami melihat adanya kebutuhan solusi yang lebih fleksibel dan aman. Solusi ini yang dapat menguntungkan semua pihak, mulai dari perusahaan hingga individu” ucap  Kwok Quek Sin, Senior Director of National Digital Identity (NDI), GovTech. 

Sign with SingPass memungkinkan pengguna SingPass untuk menandatangani dokumen secara digital menggunakan SingPass Mobile. Perusahaan juga dapat menjalankan bisnisnya dengan lebih cerdas dan cepat berkat keamanan tambahan dan berkurangnya kebergantungan tehadap dokumen fisik.

“Integrasi platform digital kami dengan Sign with SingPass dan Kofax SignDoc meningkatkan kemampuan kami menawarkan pengalaman yang cepat. Pelanggan pun semakin mendapat kemudahan tanpa membahayakan keamanan data mereka, ini yang terpenting di dunia yang semakin digital ini,” ucap Melita Teo, Chief Customer and Digital Officer, AIA Singapore.

Lebih lanjut, seiring semakin umumnya interaksi secara virtual, keamanan siber menjadi prinsip inti strategi digitalisasi yang sedang dijalankan AIA. Kemitraan dengan GovTech dan pemain perangkat lunak automasi seperti Kofax merupakan bagian strategi jangka panjang perusahaan. Langkah ini agar pengalaman pelanggan semakin mudah dan aman.

Integrasi Sign with SingPass dengan platform distribusi AIA memungkinkan pelanggan melakukan autentikasi dan menandatangani pengajuan asuransi baru secara jarak jauh. Praktik ini dilakukan AIA Singapura mulai 2 Desember 2020. 

“Kerja sama ini memungkinkan kami membantu pelanggan di Singapura dengan menyediakan proses tanda tangan digital yang lebih aman dan nyaman. Kami mengapresiasi GovTech atas program NDI yang diprakarsainya sejalan dengan visi Singapura untuk menjadi Smart Nation,” ucap Zakir Ahmed, Senior Vice President and General Manager, Asia Pacific and Japan, Kofax.

Lebih lanjut menurut Zakir, dengan melakukan transformasi digital sektor publik dan swasta melalui inovasi dapat membantu masyarakat menuju kehidupan berbasis digital

kerjasama dengan AIA ini sangat disambut baik oleh Zaki. Perusahaan asuransi tersebut dinilai sejalan dengan Kofax dalam hal mengedepankan keberlangsungan bisnis dengan aman dan terjaga.

“Kofax selalu mencari cara baru untuk mendukung pelanggan meningkatkan produktivitas, efisiensi dan pertumbuhan. Langkah ini dilakukan terutama saat kondisi ekonomi menantang dan masa depan yang penuh ketidakpastian,” pungkasnya.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...