Saturday, May 15, 2021
Home Apps Mengenal 3 Produk dalam Ekosistem Whatsapp

Mengenal 3 Produk dalam Ekosistem Whatsapp

Must Read

XL Home Gandeng FiberStar Perluas Jaringan

Techbiz.id - XL Axiata terus berupaya memperluas jaringan fiber XL HOME ke berbagai kota di sejumlah provinsi dengan menjalin...

Telkomsel Tambah Investasi USD300 Juta ke Gojek

Techbiz.id - Telkomsel melanjutkan implementasi strategi investasi ke Gojek senilai USD300 juta untuk mengakselerasi kemajuan ekosistem digital yang inklusif...

TikTok Indonesia Luncurkan Buku Panduan Konten Edukasi

Techbiz.id - TikTok menghadirkan Buku Panduan #SamaSamaBelajar untuk membantu para guru dan orangtua dalam membuat konten video edukasi di...

Tri Optimisasi Jaringan Hadapi Lebaran Virtual

Techbiz.id - Tri Indonesia melakukan optimisasi kapasitas dan kualitas jaringan untuk mengantisipasi peningkatan trafik data agar pelanggan senantiasa mendapatkan...

Program CSR XL Axiata Raih Apresiasi Publik

Techbiz.id - Program-program sosial yang diinisiasi XL Axiata mendapatkan apresiasi dari masyarakat Indonesia dengan diraihnya Anugerah Bisnis Indonesia Social...

Techbiz.id – Pandemi telah mengharuskan banyak dari kita untuk menemukan cara alternatif untuk menjalankan kegiatan sehari-hari. Entah itu para guru yang kini memberikan PR melalui platform perpesanan seperti WhatsApp, ataupun pemilik UKM yang menggunakannya untuk berjualan.

Pemerintah juga dengan cepat memanfaatkan teknologi yang telah akrab digunakan masyarakat ini — bahkan di area dengan koneksi internet terbatas — untuk berbagi informasi akurat, termasuk untuk mendukung rencana vaksinasi nasional. 

- Advertisement -

Seiring semakin banyaknya orang yang merasakan kemudahan dan kenyamanan dari platform seperti WhatsApp, yang tak kalah penting adalah memahami bagaimana teknologinya juga dibangun untuk menjaga pesan dan informasi di dalamnya tetap aman.

Baca juga: Rajai Trending di Twitter, Apa itu WhatsApp GB?

Inilah penjelasan mengenai tiga produk dalam ekosistem WhatsApp, penggunaannya, dan bagaimana pesan Anda terlindungi di setiap interaksi di dalamnya.

3 Produk ekosistem Whatsapp

ekosistem whatsapp

WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi yang didesain untuk bertukar pesan dengan individu lainnya. Saat mengirim pesan ke orang lain yang juga memakai WhatsApp, semua panggilan dan konten apapun yang dikirim secara otomatis terlindungi dengan end-to-end encryption atau enkripsi ujung-ke-ujung.

Artinya, pesan yang dikirim otomatis “teracak” dan hanya bisa “dipecahkan” oleh ponsel milik penerima pesan yang dituju. Tidak ada pihak di luar chat tersebut yang bisa membaca pesan, termasuk WhatsApp dan Facebook.

WhatsApp Business

Semakin banyak orang yang menghubungi bisnis melalui WhatsApp. WhatsApp Business adalah aplikasi gratis yang ditujukan untuk usaha kecil dan menengah (UKM) yang dilengkapi dengan berbagai fitur untuk memudahkan perpesanan bisnis dengan pelanggan. 

Ketika mengirim pesan ke akun WhatsApp Business, pengguna mungkin akan langsung mendapatkan sapaan yang terkirim secara otomatis. Anda pun dapat melihat profil usaha beserta katalog produk pada sisi kanan atas chat. Apabila melihat produk yang disukai, pengguna dapat menaruh produk tersebut ke dalam cart dan mengirimkannya sebagai pesan langsung di dalam chat. Seperti perbincangan dengan pengguna WhatsApp, percakapan tetap terenkripsi secara end-to-end — yang berarti pesan hanya diketahui oleh pengguna dan bisnis tersebut. 

Banyak bisnis kecil juga memasang iklan di Facebook dan Instagram dengan menampilkan sebuah tombol yang dapat diklik untuk terhubung ke WhatsApp. Seperti iklan Facebook pada umumnya, jika Apengguna memilih untuk mengklik iklan-iklan ini, pilihan tersebut  dapat memengaruhi personalisasi iklan yang akan dilihat. Namun, WhatsApp dan Facebook tetap tidak dapat melihat konten dari semua pesan yang terenkripsi end-to-end.

WhatsApp Business API

Produk ini adalah pemrograman antarmuka berbayar yang digunakan oleh bisnis untuk mengelola layanan pelanggan dalam skala besar melalui WhatsApp. Bisnis yang menggunakan WhatsApp Business API perlu menampung ribuan pesan yang mereka kirim dan terima setiap harinya, dan hal ini dapat mereka lakukan sendiri atau melalui jasa pihak ketiga. Mereka juga akan segera memiliki opsi untuk menggunakan Facebook Hosting Services. 

WhatsApp akan memberi tahu Anda saat Anda mulai berkomunikasi dengan akun yang menggunakan pihak ketiga untuk hosting API. Anda bebas memilih untuk melanjutkan interaksi atau tidak. Jika Anda memilih untuk tetap berinteraksi, walaupun Anda tidak melihat label end-to-end encryption, pesan Anda tetap terenkripsi secara otomatis saat dikirimkan ke pihak penerima. WhatsApp dan Facebook tidak dapat membaca ataupun menggunakannya untuk beriklan.

Satu-satunya perbedaan adalah pesan Anda mungkin disimpan dan dikelola melalui server pihak ketiga. Secara teori, hal ini mirip dengan ketika Anda menyimpan cadangan percakapan Anda menggunakan jasa Cloud, yang kemudian tidak lagi dianggap terenkripsi secara end-to-end.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

ASUS Zenfone 8 dan Zenfone 8 Flip Resmi Debut, Ini Spesifikasinya

Techbiz.id - ASUS secara resmi telah merilis Zenfone 8 dan Zenfone 8 Flip. Bukan di Indonesia, perangkat penerus Zenfone...

Artikel Terkait