Jumat, April 26, 2024

Fitur Baru WhatsApp Bisa Hilangkan Pesan Usai 24 Jam

Techbiz.id – WhatsApp terus mengembangkan platformnya, selain memperbarui kebijakan privasi pengguna yang belakangan ini menjadi sorotan, aplikasi perpesanan Facebook itu juga turut menghadirkan fitur baru.

Fitur itu pun memungkinkan pesan hilang usai 24 jam terkirim. Dengan demikian, pesan pengguna dalam riwayat obrolan akan terhapus secara otomatis ketika sudah selama 24 jam.

Untuk obrolan pribadi, salah satu pengguna dapat mengaktifkan atau menonaktifkan pesan yang hilang. Sementara untuk obrolan dalam grup, hanya admin yang akan memiliki kendali atas fitur tersebut.

Perlu dicatat bahwa, WhatsApp telah memiliki fitur pesan menghilang dengan opsi 7 hari. Namun kini pengguna akan memiliki pilihan untuk memilih opsi waktu lebih cepat, yakni 24 jam.

Fiturnya hampir sama, kecuali pesan ‘menghilang’ sekarang memiliki umur yang lebih pendek, cocok untuk mereka yang tidak ingin menyimpan pesan lebih dari 24 jam.

Baca juga: WhatsApp Pink Berbahaya, Ini Tips Jika Terlanjur Mengunduh

Tidak jelas kapan WhatsApp akan mulai meluncurkan fitur tersebut, tetapi sejauh ini masih dalam tahap pengujian, seperti dilansir dari Ubergizmo (26/4). Namun, diperkirakan tak membutuhkan waktu lama bagi WhatsApp untuk menghadirkan fitur tersebut. Pasalnya, fitur yang mendasarinya sudah ada, hanya masalah perbedaan durasi keduanya (7 hari dan 24 jam).

Jika benar akan dirilis, fitur ini sebenarnya juga membantu meringankan penyimpanan smartphone pengguna. Sehingga, aplikasi perpesanan milik Facebook itu tak akan memakan banyak kapasitas memori. Pengguna juga tidak perlu menghapus pesan secara berkala.

Namun, di sisi lain juga cukup beresiko akan kehilangan percakapan ataupun dokumen penting dalam obrolan, mengingat waktunya yang cukup singkat.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...