Minggu, Mei 22, 2022
BerandaAppsWhatsApp Pink Berbahaya, Ini Tips Jika Terlanjur Mengunduh

WhatsApp Pink Berbahaya, Ini Tips Jika Terlanjur Mengunduh

Must Read

Techbiz.id – WhatsApp termasuk salah satu aplikasi yang memiliki banyak versi modifikasi di internet. Kabar terbaru mengungkap klon WhatsApp yang dikenal sebagai WhatsApp Pink sangat lah berbahaya.

Aplikasi modifikasi WhatsApp tersebut memuat Malware yang dikenal sangat berbahaya. Seorang peneliti keamanan, Rajshekhar Rajaharia berhasil melaporkan hal tersebut melalui tangkapan layar yang diunggahnya.

Dalam laporannya, WhatsApp Pink dikatakan memuat aplikasi WhatsApp yang telah disempurnakan dengan fitur tambahan. Menurutnya, ini merupakan jebakan yang mungkin akan membuat pengguna terperdaya.

Tautan untuk mengunduh WhatsApp Pink sendiri tersebar luas melalui pesan di WhatsApp, yang ternyata mengandung virus. Apabila terlanjur mengetuk tautan, pengguna akan diminta unruk mengisi informasi login akun WhatsApp untuk mendaftar. Namun sayangnya, sekali saja mendaftar maka data pribadi tidak lagi aman.

“Waspadalah terhadap WhatsApp Pink! Virus sedang menyebar di grup WhatsApp dengan tautan unduhan APK. Jangan klik tautan apa pun dengan nama WhatsApp Pink. Akses lengkap ke ponsel Anda akan hilang.” demikian keterangan Rajaharia.

Selain itu, WhatsApp juga tidak pernah meluncurkan versi Pink tersebut. Namun, tak perlu khawatir apabila terlanjur mengunduh aplikasi tersebut. Berikut tips untuk mengamankan perangkat Anda:

1) Putuskan Tautan Perangkat Web WhatsApp

Pertama-tama, Jika Anda telah menautkan aplikasi WhatsApp Pink dengan Perangkat Web WhatsApp, harus segera memutuskan tautannya.

2) Copot Pemasangan Aplikasi WhatsApp Pink

Menghapus instalan aplikasi berbahaya adalah hal kedua yang perlu Anda lakukan. Pastikan untuk keluar akun sebelum mencopot pemasangan, juga menghapus data aplikasi yang tersisa dari pembersih file.

Baca juga: WhatsApp Ingatkan Pengguna yang Tak Setuju Kebijakan Baru, Ini Akibatnya

3) Bersihkan Cache Browser

Pengguna juga disarankan untuk membersihkan cache browser. Ini sangat mudah dilakukan. Anda dapat melakukannya dari pengaturan aplikasi atau dari browser itu sendiri.

4) Cari aplikasi berbahaya lainnya

Ada kemungkinan aplikasi telah mengunduh malware di ponsel Anda. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan aplikasi yang belum Anda instal sendiri. Anda dapat melakukannya dengan mencari di Manajemen Aplikasi di pengaturan. Pastikan untuk menghapus aplikasi apa pun yang terlihat berbahaya.

Terkait

Artikel Terkait

Fall Guys Akan Hadir secara Gratis di Nintendo Switch dan XBox

Techbiz.id - Fall Guys: Ultimate Knockout akan hadir secara gratis di Nintendo Switch dan XBox. Gim simulator pertempuran ini...