Friday, May 7, 2021
Home Review Gadget Terbaru Review ASUSPRO E520: Partner Kerja yang Ringkas

Review ASUSPRO E520: Partner Kerja yang Ringkas

Must Read

Susul Apple, OPPO Berencana Garap Mobil

Techbiz.id - Belakangan ini, beredar kabar bahwa sejumlah pabrikan smartphone tengah melirik industri otomotif, seperti halnya Apple. Kini, Oppo...

Instagram Gulirkan Stiker Caption Otomatis di Stories

Techbiz.id - Mencoba hal baru, Instagram menghadirkan Stiker Caption otomatis di Stories. Bukan seperti stiker pada umumnya, fitur ini...

5 Alasan Memiliki Huawei FreeBuds 4i

Techbiz.id - HUAWEI FreeBuds 4i merupakan produk inovasi terbaru dari Huawei untuk pasar Indonesia yang dibanderol dengan harga Rp...

Bocoran Galaxy Z Flip3 Ungkap Desain yang Memukau

Techbiz.id - Bocoran wujud terbaru dari Galaxy Z Flip3 berhasil mengungkap desainnya yang memukau. Ini terjadi berkat Video promo...

Chris Evans Jadi Brand Ambassador Global Tecno

Techbiz.id - Merek smartphone Tecno mengumumkan kemitraannya dengan aktor terkenal internasional Chris Evans sebagai Brand Ambassador Global. Terkenal karena...

Techbiz.id – Kehadiran mini PC diharapkan dapat menjadi solusi atas keluhan ukuran PC yang cukup besar. Perangkat ini ditujukan untuk berbagai kebutuhan komputasi yang diandalkan seperti PC pada umumnya.

Menjawab hal itu, ASUS menghadirkan sebuah mini PC terbaru yang ditawarkan untuk para pekerja, yakni ASUSPRO E520. Beruntungnya, Techbiz diberikan kesempatan untuk mengetahui lebih lanjut performa dari perangkat.

- Advertisement -

Lalu bagaimana performa dari ASUSPRO E520? Mari kita simak Review ASUSPRO E520 berikut ini

Review ASUSPRO E520

Desain Ringkas

Review ASUSPRO E520

Mengawali review kali ini, desain menjadi salah satu hal yang tak terlewatkan. Apalagi, ASUSPRO E520 menawarkan keunggulan tersendiri dalam hal desain.

Perangkat memiliki ukuran yang sangat ringkas, hanya sepanjang 185 milimeter dengan lebar 210 milimeter serta ketebalannya hanya sekitar 27 milimeter saja.

Dengan ukuran yang terbilang cukup mini, bobot yang dihasilkan perangkat juga ringan yakni sekitar 800 gram saja. Tentunya hal ini memberikan keuntungan tersendiri saat menggunakan ASUSPRO E520 dibandingkan dengan PC lainnya.

Selain itu, desainnya yang ringkas dan juga ringan memudahkan saat menyematkan ASUSPRO E520 ke bagian belakang monitor berkat adanya VESA Mount. Apalagi, perangkat ini juga bisa digunakan baik dalam posisi horizontal maupun vertikal dengan kaku penyangga. Konsep semacam ini  sangat cocok dengan gaya hidup yang minimalis.

Kaya Konektivitas

Walaupun hanya memiliki ukuran yang mini, ASUSPRO E520 kaya akan konektivitas. Terdapat banyak port konektivitas yang mendukung berbagai aktivitas pengguna.

Dimulai dari bagian belakang yang memuat satu USB 2.0, dua USB 3.1 gen 1, 1 port LAN, satu DC in, satu HDMI, dan satu DisplayPort. Kemudian, sisi lainnya membawa dua USB 3.1 gen 1 serta satu port audio jack yang bisa digunakan untuk microphone dan headphone.

Rangkaian port konektivitas yang ditawarkan lebih dari cukup bagi sebuah mini PC seperti ASUSPRO E520. Tidak hanya itu, mini PC ASUS ini juga masih memiliki antena untuk WiFi. Sehingga, bagian dalamnya sudah terhubung secara langsung dengan modem WiFi, lagi-lagi sangat memudahkan.

Perfoma Cukup

Berbicara soal performa, ASUSPRO E520 yang Techbiz ulas kali ini menggunakan prosesor Intel Core i3-7100T yang memiliki dua core dan empat thread. Jeroan perangkat juga memuat RAM 4GB DDR4, dan penyimpanan hard disk 500GB.

Walaupun kapasitasnya rendah, pengguna bisa melakukan upgrade RAM hingga 32GB menggunakan RAM dengan tipe SODIMM. Ini juga berlaku pada storage atau penyimpanan data yang bisa ditingkatkan hingga 1TB atau memadukan jenis storage yaitu HDD. Tidak hanya itu, juga terdapat dua pilihan penyimpanan, yakni menggunakan M.2 dan SATA III.

Melihat dari spesifikasi yang ditawarkan ASUSPRO E520 cenderung cocok untuk mengoperasikan PC komputasi sederhana, seperti halnya aktivitas kerja ringan yang dalam hal ini kami uji untuk menyajikan sebuah presentasi.

Baca juga: Review WD My Passport SSD: Si Kecil yang Muat Banyak

Sementara, untuk aktivitas entertain seperti menonton video streaming, ASUSPRO E520 dapat melakukannya dengan cukup baik. Namun, untuk memutar video berkualitas 4K 60 fps cukup memakan waktu dikarenakan keterbatasan RAM nya yang kecil serta performa HDD yang cukup lambat.

Dengan performa yang dapat dilakukan tadi, ASUSPRO E520 terbilang hemat daya. Apalagi jika hanya digunakan untuk komputasi dan aktivitas PC yang sederhana saja.

Kesimpulan

Review ASUSPRO E520

Berdasarkan dengan pengujian yang Kami lakukan, ASUSPRO E520 terbilang layak untuk dimiliki, terutama bagi pengguna yang membutuhkan partner kerja yang ringkas tetapi bisa diandalkan.

Apalagi dalam paket penjualannya, ASUSPRO E520 ditawarkan dalam bundling bersama dengan  Keyboard dan juga mouse. Sehingga, pengguna tidak perlu membelinya secara terpisah. Bagi Kalian yang tertarik untuk memilikiya hanya perlu menyiapkan budget sebesar Rp7 jutaan.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Apple Watch Bakal Bisa Deteksi Kadar Gula dan Alkohol dalam Darah

Techbiz.id - Apple terus meningkatkan fitur kesehatan di perangkat Apple Watch miliknya. Jam tangan pintar generasi berikutnya dikabarkan bakal...

Artikel Terkait