Kamis, Juni 8, 2023

Laptop OLED Paling Tipis dan Ringan di Dunia Segera Hadir di Indonesia

Techbiz.id – ASUS akan segera menghadirkan Zenbook S 13 OLED (UX5304), laptop OLED 13,3-inci yang diklaim paling paling tipis dan ringan di Dunia ke Indonesia. Laptop tersebut tidak hanya sekadar tampil sebagai salah satu laptop OLED paling tipis dan ringan yang pernah ada, tetapi juga merupakan laptop seri Zenbook yang paling ramah lingkungan.

“Inovasi ASUS tidak hanya fokus pada perangkat, tetapi juga dampak lingkungan yang berkelanjutan dari perangkat tersebut. Zenbook S 13 OLED akan segera hadir dan menjadi laptop ramah lingkungan yang paling ringkas di Indonesia,” ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director, Southeast Asia.

Zenbook S 13 OLED adalah laptop ultraportabel yang sangat tipis dan ringan dengan ketebalan hanya 1 cm dan bobot 1 kg. Untuk mencapai spesifikasi tersebut, laptop ini dibuat menggunakan teknik canggih serta material khusus sehingga dapat tampil lebih ringkas dan ringan dibandingkan generasi sebelumnya tanpa mengorbankan kinerja, konektivitas, atau daya tahan baterai.

Agar Zenbook S 13 OLED dapat tampil dengan bodi yang sangat tipis, tim engineering ASUS menyematkan kamera IR FHD berukuran lebih kecil namun tetap memiliki fitur lengkap dan ditanam langsung ke dalam bagian layar yang dibuat dengan proses CNC. Selain itu, panel OLED yang lebih tipis juga digunakan, sehingga bagian layar laptop menjadi 30% lebih tipis.

Proses CNC yang presisi tidak hanya digunakan di layar, tetapi pada bodi utamanya sehingga ruang komponen menjadi lebih luas tanpa mengorbankan durabilitas. Zenbook S 13 OLED juga menggunakan papan sirkuit dengan lapisan lebih sedikit, kerapatan kabel lebih tinggi, dan lebih banyak transistor, sehingga memberikan kinerja lebih baik dengan bobot lebih ringan di ruang yang lebih ringkas.

Motherboard dirancang dengan presisi untuk menampung dua kipas yang sangat tipis yang meningkatkan aliran udara untuk pendinginan yang lebih baik. Semuanya membuat bagian bodi utama laptop dapat hadir dengan ukuran 25% lebih tipis.

Untuk meminimalkan bobot, paduan bahan magnesium-aluminium digunakan pada bagian keyboard deck yang dibuat dengan proses CNC untuk menciptakan struktur yang kokoh tanpa perlu bagian penyokong tambahan. Penutup kaca sangat tipis juga digunakan pada touchpad, sehingga menghasilkan pengurangan ketebalan sebesar 25% lagi di bagian keyboard deck.

Kombinasi teknik produksi yang canggih serta bahan berkualitas tinggi tersebut menghasilkan sebuah laptop ultraportabel yang yang belum pernah ada sebelumnya. Zenbook S 13 OLED telah berhasil menghadirkan konsep laptop tipis dan ringan ke tingkat selanjutnya dan tanpa kompromi. Laptop ini menawarkan ketahanan baterai hingga 14 jam streaming video serta menawarkan pendinginan dan kinerja yang lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Ramah Lingkungan

Komitmen utama ASUS melalui Zenbook adalah “Do more with less”. Zenbook S 13 OLED adalah produk bersertifikasi EPEAT® Gold. Laptop ini memiliki siklus hidup yang ramah lingkungan dan telah diakui secara internasional. Mulai dari bahan dan proses pembuatan, perakitan, penggunaan, dan proses daur ulang pada akhir masa pakai, siklus hidup Zenbook S 13 OLED telah dirancang agar tidak meninggalkan jejak karbon lebih banyak sehingga menjadi laptop yang ramah lingkungan.

Zenbook S 13 OLED merupakan laptop seri Zenbook paling ramah lingkungan yang pernah dibuat. Laptop ini memanfaatkan bahan magnesium-aluminium hasil daur ulang industri dan digunakan di penutup keyboard, rangka, dan bagian layar sehingga mengurangi jejak karbonnya lebih dari 50%. Tombol dan speaker Zenbook S 13 OLED juga diproduksi menggunakan plastik daur ulang.

Tidak hanya itu kemasan Zenbook S 13 OLED juga 100% dapat didaur ulang, dengan bahan yang dapat digunakan kembali sebagai kompos. Kemasan Zenbook S 13 OLED menggunakan 100% kertas bersertifikat FSC Mix dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab, kayu terkontrol, serta sumber daya daur ulang. Bagian penyangga dalam kemasan Zenbook S 13 OLED bahkan dapat digunakan kembali sebagai dudukan laptop.

Berbeda dari laptop lainnya, Zenbook S 13 OLED dilengkapi dengan bodi berbahan plasma-ceramic aluminum. Bahan yang dibuat mengguunakan teknik pemrosesan eksklusif tersebut hanya menggunakan air murni dan listrik, tidak memerlukan senyawa organik, asam kuat, atau logam berat.

Metode khusus tersebut tidak hanya menghasilkan bodi yang tahan terhadap korosi, memiliki durabilitas lebih baik, serta memiliki masa pakai yang panjang, tetapi juga meminimalisir dampak kerusakan terhadap lingkungan.

Zenbook S 13 OLED juga memiliki efisiensi energi yang sangat tinggi dan telah melampaui standar dari ENERGY STAR® sebesar 43%. Seluruh upaya tersebut dihadirkan agar Zenbook S 13 OLED dapat hadir sebagai laptop zero carbon emission.

Konektivitas dan Fitur Lengkap

Zenbook S 13 OLED adalah laptop ultra-ringkas yang dilengkapi dengan berbagai port I/O sehingga pengguna tidak perlu membawa dongle atau adaptor saat bepergian. Dua port USB-C Thunderbolt™ 4 mendukung pengisian cepat, tampilan eksternal 4K, dan transfer data hingga 40 Gbps. Selain itu, terdapat juga port USB 3.2 Gen 2 Type-A, port HDMI® 2.1, dan 3.5mm combo audio jack.

Untuk pengalaman video conference yang lebih baik di mana saja, kamera IR FHD di Zenbook S 13 OLED telah dilengkapi dengan efek visual khusus serta teknologi AI noise-cancelling. Kamera ini juga mendukung sistem login Windows Hello melalui fitur pemindaian wajah. Sementara paduan sistem audio dengan sertifikasi Harman Kardon, teknologi Dolby Atmos, Smart Amp, dan ASUS Audio Booster dapat menghadirkan pengalaman audio berkelas bagi para penggunanya.

Touchpad ASUS ErgoSense di Zenbook S 13 OLED kini tampil dengan ukuran yang 9,5% lebih besar. Hal tersebut memungkinkan navigasi yang lebih mudah, nyaman, dan responsif, dengan lapisan anti-sidik jari yang mudah dibersihkan.

ASUS Zenbook S13 OLED sudah sudah tersedia untuk pre-order di ASUS Online Store dan BliBli. Pelanggan yang melakukan pre-order akan mendapatkan ASUS Marshmallow Mouse (MD100).

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Enam Pengusaha Perempuan jadi Pemenang dalam Kompetisi SisBerdaya

Techbiz.id - Sebanyak enam wirausahawan perempuan Indonesia, khususnya ultra-mikro dan mikro menjadi pemenang program SisBerdaya yang digelar oleh DANA...