Sabtu, Juli 27, 2024

Google Hadirkan Sejumlah Fitur Baru di GDocs Hingga Meet

Techbiz.id – Melalui acara Google I/O 2021, raksasa teknologi itu mengumumkan perombakan pada Google Workspace miliknya. Sederet fitur baru dihadirkan Google di GDocs, Spreadsheet hingga platform konferensi video – Meet.

Fitur pertama yang akan hadir di Google Dokumen adalah ‘tanpa halaman’. Sesuai dengan namanya, pengguna dapat menghapus batasan halaman untuk membuat permukaan yang meluas ke perangkat apapun yang digunakan.

Google mengklaim bahwa fitur ini akan memudahkan pengguna untuk bekerja dengan tabel besar, gambar lebar hingga aktivitas lainnya dengan visual yang lebih luas.

Selain itu, Google juga memperkenalkan Emoji di dokumen. Bersama dengan template dokumen, ini akan secara otomatis mengimpor informasi yang relevan dari undangan rapat kalender, termasuk file yang dilampirkan.

Sementara, pembaruan yang dihadirkan Google pada Meet adalah akses konten tanpa batas. Dilansir dari Gadgetsnow (19/5), kini pengguna Meet dapat mengakses konten secara langsung dari Dokumen, sheet atau Slide dalam panggilan. Fitur tersebut, menurut Google juga akan hadir untuk versi Web pada akhir tahun ini.

Baca juga: Lebih Pintar, Google Assistant Bisa Aktif Tanpa ‘Ok Google’

Google juga menghadirkan beberapa fitur baru di Sheet. Pengguna kini dapat langsung beralih dari diskusi di Google Chat lalu membuat konten bersama. Sejauh ini, konten dapat dibuat mulai dengan membentuk Spreadsheet hingga mengeditnya. Kabarnya, Google segera menambahkan akses konten berupa slide.

Terakhir, Google juga mendapatkan ‘smart chips’. Ini akan menunjukkan informasi tambahan berupa lokasi, jabatan serta kontak orang tersebut. Pengguna hanya perlu mengetik ‘@’ dan mereka dapat melihat daftar orang, file dan rapat yang direkomendasikan.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...