Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaNewsSikapi Larangan Mudik, Menkominfo Ajak Berlebaran Digital

Sikapi Larangan Mudik, Menkominfo Ajak Berlebaran Digital

Must Read

Techbiz.id – Dalam menekan angka kasus Covid-19 di Indonesia, pemerintah secara resmi melarang mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri yang akan dimulai pada tanggal 6 Mei 2021 besok.

Menanggapi hal ini, Johnny G Plate selaku Menteri Komunikasi dan Informatika mengajak seluruh masyarakat untuk tidak mudik atau melakukan silaturahmi fisik ke kampung halaman saat Hari Raya. Sebagai gantinya, Menkominfo mengajak silaturahmi secara virtual melalui ruang digital yang saat ini sudah marak dipergunakan dalam berbagai kesempatan.

“Kita canangkan bersama-sama melakukan lebaran tahun ini sebagai lebaran digital. Lebaran digital itu keren,” ajaknya dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) “Jaga Keluarga, Tidak Mudik”, yang digelar secara virtual dari Media Center Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (5/5/2021).

Menurut Johnny, silaturahmi secara virtual melalui aplikasi tidak akan mengurangi makna silaturahmi yang sebenarnya. Masyarakat tetap mampu menjalin komunikasi yang efektif dengan para sanak saudara yang berada nun jauh di sana melalui sebuah gawainya.

“Merayakan acara hari besar hari lebaran nanti secara virtual tetap meriah. Dalam keluarga sendiri dengan berkomunikasi dengan memanfaatkan teknologi yang ada,” ujar Johnny.

Dalam mewujudkan lebaran digital, Johnny menyatakan Kementerian Kominfo akan memastikan jaringan telekomunikasi berkualitas dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di berbagai wilayah. “Hal ini penting, demi kelancaran proses lebaran digital yang menjadi pilihan perayaan hari raya tahun ini,” tandasnya.

Baca juga: Menkominfo Tetapkan Penyelenggara Multipleksing TV Digital

Dengan menggandeng sejumlah operator layanan telekomunikasi seluler, KemKominfo akan menyediakan trafik paket data (bandwith) yang sangat besar. Semua itu, ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang tengah melakukan lebaran virtual melalui aplikasi-aplikasi daring yang ada.

“Lebaran sebaiknya dengan memanfaatkan teknologi, kami menyiapkan bandwith yang cukup besar untuk menjaga agar komunikasi tetap dilakukan secara berkualitas,” pungkas Johnny.

Terkait

Artikel Terkait

Tombol Caption Twitter Kini Hadir di Android dan iOS

Techbiz.id - Twitter telah mengumumkan bahwa tombol 'Closed Caption' (CC) untuk menampilkan teks dalam video kini tersedia untuk semua...