Kamis, April 25, 2024

Cara Mematikan Update Windows 10, Paling Mudah!

techbiz.id – Pembaruan perangkat lunak memang sangat penting guna menikmati fitur baru. Selain fitur, ada juga pembaruan disisi keamanan dan perbaikan bug. Namun kadang pembaruan otomatis juga dirasa mengganggu. Apalagi windows 10 update.

Beberapa pengguna, termasuk saya, kadang mengeluhkan update Windows 10 secara otomatis yang dirasa mengganggu. Tanpa kita sadari, pembaruan berjalan otomatis di latar belakang. Ini bisa memakan kuota internet, ya apalabila pengguna menggunakan kuota data.

Baca juga: Cara Mematikan Windows Defender

Beberapa hal yang bikin mengganggu lainnya adalah restart di waktu yang tidak diinginkan. Ketika hendak presentasi atau mengerjakan deadline, Windows 10 meminta update. Sangat menjengkelkan bukan? Apalagi update Windows 10 kerap kali memakan waktu yang sangat lama.

Maka dari itu, dalam artikel ini penulis akan menjelaskan cara mematikan update Windows 10 dengan langkah yang simple dan tanpa software tambahan.

Bagaimana Cara Mematikan Windows 10 Update?

  1. Buka menu pencarian atau melalui shortcut Windows + Q
  2. Ketik Services lalu enter
  3. Di dalam menu Services, scroll kebawah dan cari Windows Update
  4. Klik kanan pada pilihan tersebut lalu pilih Properties
  5. Ganti pilihan Startup type dan rubah menjadi Disabled
  6. Klik Apply lalu OK, kemudian restart PC/laptop.
mematikan update windows 10, mematikan auto update windows 10 2021

Cara diatas akan secara otomatis me-nonaktifkan windows 10 update ketika PC/laptop dinyalakan. Namun perlu diperhatikan, jika fitur tersebut di-nonaktifkan, maka pengguna tidak lagi mendapatkan pembaruan perangkat dan sekuriti.

Baca Juga: Mudah Banget! Ini Dia Cara Melihat Password Wi-Fi Di Semua Perangkat

Jika pengguna ingin mengaktifkan kembali, silahkan lakukan dengan cara yang sama diatas, kemudian pilih Startup type menjadi Automatic. Mengapa perlu mengaktifkan kembali? Mengingat ini sangat penting untuk pembaruan, terlebih adanya update Windows Defender untuk melindungi PC/laptop dari serangan virus.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...