Kamis, Mei 2, 2024

WhatsApp Uji Fitur Cadangkan Pesan di Cloud dengan Enkripsi

Techbiz.id – WhatsApp dikabarkan tengah melakukan uji coba fitur untuk mencadangkan pesan lewat cloud yang terenkripsi.

Fitur itu akan tersedia dalam aplikasi versi beta 2.21.15.5 terbaru di perangkat Android. Cadangan pesan dan media lewat Cloud diklaim lebih aman dibandingkan dengan sebelumnya, enkripsi end-to-end (ujung ke ujung).

Dilansir dari The verge (19/7), saat WhatsApp menggunakan enkripsi end-to-end berarti setiap orang tidak dapat dengan mudah melihat apa yang ada di dalam pesan saat mereka melakukan perjalanan bolak-balik.

Namun, di versi saat itu, cadangan pesan yang disimpan di cloud masih bisa diakses pihak berwenang. Mereka mesti mengajukan surat penggeledahan untuk mendapatkan izin dari Google Drive maupun iCloud sebelum mengakses data.

Tetapi berkat Cloud dalam aplikasi Beta, dilaporkan bahwa teknologi itu secara mandiri akan mengenkripsi cadangan Anda di cloud. Bahkan, WhatsApp, Facebook, Google, dan Apple tak akan bisa mengaksesnya.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Cara Baru Berbagi Foto dan Video Berkualitas

Meski aman, sistem pencadangan data di Cloud ini juga cukup berisiko. Pasalnya, apabila pengguna lupa dengan kata sandi atau kehilangan akses kode pemulihan 64 digit, maka akun mereka akan dikunci secara permanen.

Kode ini berisi gabungan angka numerik dan huruf kecil antara a dan f. Bahkan WhatsApp pun tidak dapat membantu Anda masuk.

Selain itu, layanan milik Facebook ini juga sedang menguji versi perangkat lunak yang berfungsi di beberapa perangkat, mempertahankan enkripsi ujung ke ujung baik Anda menggunakan ponsel atau tidak.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...