Jumat, April 26, 2024

Cara Menghapus Seluruh Data Ponsel Sebelum Dijual

Techbiz.id – Menghapus seluruh data pribadi Anda merupakan hal yang wajib dilakukan sebelum menjual ponsel. Langkah ini sangat penting dilakukan guna menghindari penyalahgunaan data pribadi. Berikut cara menghapus data ponsel kamu.

Namun sebelum itu perlu dipastikan bahwa tidak akan ada lagi data yang tertinggal dalam perangkat kamu sebelum menjualnya. Lantas, apakah kamu bagaimana cara melakukan hal tersebut?

Guna menjawab itu, Techbiz sudah merangkumnya dalam ulasan berikut ini

Cara Menghapus Data Ponsel

Sebelum menghapus data, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan semua data telah disalin alias memiliki back-up. Sehingga jika nantinya ketika Kamu menghapus data sudah memiliki cadangan.

Pencadangan data bisa dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya melalui aplikasi secara langsung layaknya yang tersedia pada WhatsApp, ataupun dengan menggunakan penyimpanan eksternal seperti MicroSD.

Jika kamu sudah melakukan itu, maka bisa melanjutkan untuk menghapus seluruh data di ponsel Android seperti berikut ini

  1. Pilih pengaturan atau settings ponsel dan temukan pengaturan tambahan
  2. Kemudian, pilih Back up and Reset atau Cadangkan dan Reset
  3. Terakhir, ketuk reset ke setelan pabrik
  4. Tunggu hingga ponsel selesai melakukan reset dan pastikan baterainya cukup hingga proses ini selesai

Jika sudah, maka data secara otomatis terhapus dan ponsel kondisinya akan kembali seperti semula, tanpa ada data apapun yang tersisa.

Baca juga: Cara Download Sertifikat Vaksin di Aplikasi PeduliLindungi

Itulah tadi cara menghapus data di perangkat kamu sebelum menjualnya. Mudah bukan? Silahkan mencoba. Pantau terus tips lainnya di Techbiz.id!

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...