Minggu, Juli 21, 2024

Jangan Gunakan Email Kantor untuk Urusan Pribadi, Ini Sebabnya

Techbiz.id – Banyak orang memahami bahwa menggunakan akun email pribadi untuk korespondensi bisnis tidak dianjurkan, namun sebaliknya, mereka menganggap menggunakan email kantor untuk mendaftar di jejaring sosial, layanan online, dan hal pribadi lainnya adalah sesuatu hal yang diperbolehkan.

Hal ini karena banyak yang beranggapan bahwa menerima seluruh pesan pribadi dan pekerjaan dalam satu akun email menjadi suatu hal yang praktis daripada membuat akun masing-masing.

Namun, tahukah Kamu ada bahaya yang mengancam apabila menggunakan email kantor untuk urusan pribadi?

Pakar Keamanan Kaspersky, Roman Dedenok menyampaikan akan terjadi “Ketidakseimbangan kehidupan pribadi dan pekerjaan (work-life imbalance) hingga pelanggaran privasi, hilangnya akses ke layanan jika terjadi pemutusan hubungan kerja, dan masih terdapat banyak lagi alasan untuk tidak mencampur email bisnis dengan email pribadi.”

“Faktanya, pertimbangan utama mengapa seorang karyawan tidak boleh menggunakan email kantor untuk kepentingan pribadi adalah untuk keamanan informasi.” lanjut Roman.

Berikut adalah lima bahaya yang mengancam apabila menggunakan email kantor untuk urusan pribadi:

  1. Membuat upaya profiling lebih mudah

Sebelum mengirim email phishing ke karyawan tertentu, pelaku kejahatan siber akan mengumpulkan informasi online. Mereka menggunakan alat tertentu untuk mempelajari alamat email mana yang dipakai seseorang di media sosial, platform online, dan lain-lain.

Menggunakan email kantor untuk tujuan pribadi akan membuat pelaku kejahatan siber lebih mudah dalam menemukan potret sosial seseorang. Sehingga, seseorang menjadi lebih rentan terhadap spear-phishing pada tahap pertama serangan yang menargetkan perusahaan.

  1. Memberi celah untuk spear-phishing

Pelaku kejahatan siber memilih trik yang menurut mereka paling pas untuk menjerat korban. Jika mereka tahu korbannya memakai email kantor untuk mendaftar ke platform lain, mereka menganggap, kemungkinan besar korban akan tertipu oleh email phishing.

Para pelaku kejahatan siber pun akan dengan mudah membuat pesan palsu yang menyamar sebagai pemberitahuan sah dari layanan tempat korban mendaftarkan diri.

  1. Memberi kesempatan ke penjahat siber untuk menyesatkan korban

Biasanya pelaku kejahatan siber butuh waktu agar serangan berhasil. Itu sebabnya banyak layanan mengirim pemberitahuan kepada pemegang akun, jika suatu hari seseorang atau pengguna masuk dari alamat IP berbeda atau mencoba mengubah password.

Agar tidak didahului peretas, pengguna perlu mengetahui peringatan tersebut dalam waktu sesegera mungkin. Untuk itu, lakukan pengaturan notifikasi di email kamu.

Jika kamu menautkan alamat ke sumber luar, saat peretas mencoba melakukan brute-force pada jaringan sosial dan akun pribadi lainnya, kotak masuk pengguna akan segera berisi berbagai peringatan.

  1. Banyak Phishing dan Malware

Kebocoran data sangat populer di kalangan spammer massal, di mana mereka hanya membeli daftar alamat email untuk dibanjiri pesan phishing atau link berbahaya.

Makin banyak sumber daya yang ditautkan ke akun email perusahaan, makin banyak potensi ancaman yang akan memasuki email kantor kamu.

  1. Kesulitan membedakan pesan pribadi dan pekerjaan

Berbicara volume pesan di kotak masuk Anda, jumlah berlebihan tersebut dapat menyebabkan masalah baru. Pasalnya dengan lebih banyaknya jumlah pesan pribadi yang masuk dibandingkan pesan profesional, item berbahaya jadi makin sulit dikenali.

Baca juga: 5G di Samsung Galaxy Z Flip3 dan Fold3 Belum Aktif, Ini Sebabnya

Makin banyak email pribadi yang dibaca selama jam kerja, makin besar kemungkinan pengguna tidak sengaja mengklik lampiran berbahaya atau mengikuti link phishing.

Meski kamu tidak memakai email kantor untuk urusan pribadi, tetap penting menerapkan perlindungan diri dari spam dan phishing. Makin banyak lapisan perlindungan pun makin baik.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...