Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaMarket UpdateXiaomi Pimpin Pasar Smartphone Indonesia di Q2 2021

Xiaomi Pimpin Pasar Smartphone Indonesia di Q2 2021

Must Read

Techbiz.id – Firma riset pasar Counterpoint Research kembali merilis laporan pengiriman smartphone Indonesia sepanjang kuartal II (Q2) di 2021.

Menurut laporan tersebut, pengiriman smartphone Indonesia tercatat mengalami pertumbuhan sebesar 28 persen, bila dibandingkan dengan kuartal yang sama pada 2020 lalu.

Pertumbuhan ini didorong oleh penawaran hari raya Idul Fitri selama paruh pertama kuartal, dan peluncuran ponsel baru. Basis yang lebih rendah pada kuartal yang sama tahun lalu, ketika pandemi COVID-19 pertama kali melanda negara itu, juga membantu kenaikan pertumbuhan.

Dari seluruh pengiriman smartphone di Indonesia, Xiaomi memimpin daftar dengan pangsa pasar paling tinggi diantara Vivo, Oppo, Samsung dan Realme.

Pasar smartphone Indonesia Q2 2021

Posisi puncak diraih Xiaomi dengan meraup pangsa 26 persen, membuatnya menjadi pemimpin pasar untuk pertama kalinya. Nilai ini juga naik dari periode yang sama sebelumnya, dimana Xiaomi hanya memiliki 15 persen.

Glen Cardoza, Analis Counterpoint mengatakan, “Keberhasilan Xiaomi di kuartal ini adalah karena popularitasnya untuk produk ‘nilai terbaik untuk uang’, kehadiran online yang kuat, manajemen inventaris yang relatif ramping, dan kekurangan komponen global, yang memaksa pesaing seperti Samsung untuk memprioritaskan pasar tertentu.”

“Xiaomi tidak hanya memimpin pengiriman smartphone secara keseluruhan di Indonesia tetapi juga menduduki puncak penjualan online, meraih sekitar 30% pangsa selama kuartal tersebut.” imbuhnya, dikutip dari Counterpoint, Kamis (30/9/2021).

Lebih lanjut Counterpoint melaporkan, pertumbuhan positif Xiaomi didapat berkat penjualan ponsel model Redmi 9C, Redmi 9A, dan Poco M3 sepanjang Q2 2021.

Bertengger di posisi kedua, Vivo memiliki pangsa pasar sebesar 21 persen. Angka ini tercatat menurun dari periode sebelumnya, dimana meraup pangsa 23 persen, mendorong Vivo ke posisi puncak saat Q2 2020.

Terdapat beberapa model yang mendorong pangsa pasar Vivo ke posisi kedua, meliputi Vivo Y12s, Vivo Y1s, dan Y20s.

Mengekor Vivo, Oppo berada di posisi ketiga. Oppo berhasil meraup pangsa pasar smartphone sebanyak 20 persen. Pangsa pasar Oppo cukup stabil, hanya menurun 1 persen dari periode yang sama di tahun 2020.

Baca juga: Vivo Puncaki Pasar Smartphone Indonesia

Adapun ponsel yang mendorong pangsa pasar Oppo selama Q2 2021 adalah Oppo A54, Oppo 15, dan Oppo Reno5 5G.

Kemudian, Samsung dan realme mengisi posisi keempat dan kelima sebagai vendor smartphone Indonesia Q2 2021. Keduanya tercatat mengalami penurunan dari periode yang sama di tahun 2020.

Samsung saat ini meraih pangsa pasar 13 persen, turun 6 persen dari periode sebelumnya, dimana meraih 19 persen kala itu. Sementara, realme memiliki pangsa pasar 11 persen, menurun 1 persen dari 12 persen di kuartal kedua tahun lalu.

Terkait

Artikel Terkait

OPPO Find X3 Pro 5G Tawarkan Suara Imersif untuk Nikmati Hiburan

Techbiz.id - Untuk meningkatkan pengalaman audio yang imersif untuk semua jenis hiburan, OPPO menyematkan fitur Dolby Atmos...