Rabu, Desember 8, 2021
BerandaReview Gadget TerbaruReview Asus Zenfone 8: Nostalgia yang Bikin Baper

Review Asus Zenfone 8: Nostalgia yang Bikin Baper

Must Read

Techbiz.id – Setelah sekian lama saya akhirnya bisa melakukan review lagi smartphone milik Asus dengan hadirnya Asus Zenfone 8 di Indonesia. Belakangan Asus memang kurang agesif dalam menawarkan produk smartphone besutannya.

Mengusung tema The Incredible Mini, smartphone terbaru Asus ini hadir dengan luas layar 5,9 inci. Ukuran layar seperti ini mengingatkan kita pada tren smartphone lima tahun lalu.

Namun dengan ukurannya yang mini, Asus Zenfone 8 menawarkan perangkat berperforma tinggi dalam satu genggaman tangan dengan spesifikasi yang diusungnya.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Asus Zenfone 8 di Indonesia

Seperti apa ramuan yang ditawarkan Asus melalui smartphone terbarunya ini bisa dicaritau pada review Asus Zenfone 8 kali ini.

Review Asus Zenfone 8

Desain & Layar

Asus sepertinya ingin mengajak pengguna Zenfone 8 untuk bernostalgia dengan menghadirkan ukuran layar mini. Ukuran layar tersebut cukup menjadi tren pada masa lima tahun ke belakang. Ponsel anyar Asus ini memiliki bodi mini, berukuran 148 x 68,5 x 8,9 mm dengan berat 169 gram.

Dengan ukurannya yang mini, pengoperasian perangkat ini menjadi mudah jika menggunakan satu tangan. Untuk pengalaman pengoperasian yang mudah, penempatan tombol fungsional juga diatur sedemikian rupa oleh Asus.

Perangkat ini hanya memiliki tombol fisik pada sisi kanan smartphone yang terdiri dari tombol power yang diberi warna biru dan volume rocker. Pada bagian bawah terdapat slot USB type C untuk pengisian daya berdampingan dengan SIM Card tray dan lubang micro speaker. Di sisi atas perangkat, Asus masih menyediakan lubang 3,5mm audio jack.

Di bagian belakang bodi perangkat terdapat modul dua kamera yang sedikit menonjol di atas permukaan. Terdapat logo Asus yang dibuat simetris secara vertikal.

Bodi perangkat Asus ini terbuat dari bahan policarbonat berwarna hitam dengan lapisan dof. Desain bodi belakang dibuat curve agar ergonomis dengan tangan pengguna.

Untuk menghindari selip pada saat penggunaan karena bodi belakangnya cukup licin, Asus menyediakan casing bertekstur carbon pada paket penjualannya.

Asus Zenfone 8 hadir dengan layar AMOLED seluas 5,9 inci. Meski mini, layar perangkat ini memiliki resolusi HDR10 Plus serta dukungan refresh rate hingga 120 Hz.

Dengan ukuran layar yang kecil tetapi memiliki refresh rate yang cukup tinggi, perangkat ini pastinya memberikan tampilan layar yang cukup nyaman. Asus juga menambahkan dukungan touch sampling rate 240 Hz, tingkat kecerahan mencapai 1.100 nits, dan proteksi Gorilla Glass Victus pada layarnya.

Kinerja

Untuk menghadirkan performa terbaik pada smartphone mungil tersebut ASUS menyematkan prosesor terbaru seri 800 dari Qualcomm sehingga performanya bisa diandalkan.

Mengsung slogan The Incredible Mini, Asus Zenfone 8 dilengkapi dengan Qualcomm Snapdragon 888 5G Mobile yang dipadukan dengan RAM sebesar 16GB. RAM tersebut memiliki teknologi 6400 Mbps LPDDR5 yang 16% lebih cepat dari RAM standar. ASUS juga memberikan 256 GB untuk daya memori yang lebih leluasa pada Zenfone 8.

Berdasarkan pengukuran menggunakan aplikasi benchmar yang tersedia di Play Store, skor yang didapat perangkat ini cukup besar dan bersaing dengan kompetitor yang menghadirkan spesifikasi serupa.

benchmark review asus zenfone 8

Saat digunakan untuk bermain PUBG New State, Asus Zenfone 8 mampu diajak bermain dengan baik dengan settingan performa maks dan grafis ultra. Tetapi sayang perangkat cepat mengalami panas. Rasa panas ini akan sangat terasa jika tidak menggunakan casing.

Performa perangkat Asus Zenfone 8 ini turut disokong oleh baterai berkapasitas 4.000 mAh yang dilengkapi fast charging 30W. Dengan perpaduan ini, diklaim hanya membutuhkan sekitar 25 menit untuk mengisi dari 0% hingga 60%.

Fotografi

Di sektor fotografi, Asus Zenfoen 8 ini memiliki dual kamera di bagian belakang. Sistem kamera kelas profesional di Zenfone 8 menggunakan sensor dari Sony, termasuk kamera ganda belakang dengan kamera utama wide-angle 64 MP IMX686 dan kamera sekunder sudut ultrawide 12 MP IMX363.

Terdapat pula fitur fotografi pendukung, meliputi perekaman video 8K (30fps) dan 4K (60fps), HyperSteady, Free Zoom, Video Pro Mode, Filter Angin, Fokus Mikrofon, dan Fokus Akustik.

Sedangkan di bagian depan terdapat sebuah kamera beresolusi 12MP punch-hole autofocus menggunakan sensor IMX663 terbaru. Kamera ini memungkinkan pengguna untuk mengambil hasil swafoto yang tajam dan jernih pada setiap sudut.

Fitur lain

Ponsel ini juga membawa dukungan NFC dan ketahanan terhadap air dan debu berkat sertifikasi IP68.

Adapun spesifikasi lainnya mencakup port USB Type-C, Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by), In-Display Fingerprint, serta jack audio 3,5 mm serta dual speaker dengan dukungan Hi-Res Audio dan Asus AudioWizard.

Kesimpulan

Asus Zenfone 8 benar-benar membawa kenangan akan sebuah smartphone di awal kehadirannya. Meski berukuran mini, perangkat ini mempunya performa yang maksimal.

Terkait

Artikel Terkait

OPPO Pamerkan Smartphone dengan Retractable Camera

Techbiz.id - OPPO akan menggelar acara Inno Day 2021 pada tanggal 14 Desember mendatang. Jelang acara digelar, OPPO sudah...