Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaDevicesDimensity 9000, Chipset Smartphone Pertama dengan 4nm

Dimensity 9000, Chipset Smartphone Pertama dengan 4nm

Must Read

Techbiz.id – Mediatek merilis Chipset 5G terbaru untuk smartphone kelas flagship lewat SoC Dimensity 9000. Smartphone kelas flagship pertama yang ditenagai Dimensity 9000 akan hadir di pasaran pada kuartal pertama tahun depan.

Dimensity 9000 merupakan chipset smartphone pertama di dunia yang dibangun dengan teknologi fabrikasi TMSC N4 (kelas 4nm) yang sangat efisien ini dalam hal kinerja komputasi, game, teknologi pencitraan, multimedia, dan inovasi konektivitas.

“Dimensity 9000 adalah tonggak sejarah bagi MediaTek, menyoroti kebangkitan kami dengan hadirnya chipset smartphone 5G. Kehadiran chipset ini menunjukkan bahwa MediaTek dan seri Dimensity kami telah memasuki fase inovasi baru,” jelas Dr. Yenchi Lee, Deputy General Manager, Wireless Communications Business Unit MediaTek.

Lebih lanjut disampaikan Lee, Dimensity 9000 adalah chipset yang paling kuat dan hemat energi hingga saat ini, menghadirkan sejumlah teknologi pertama di industri dan rangkaian fitur yang lengkap untuk para penggemar teknologi yang paling cerdas.

Dimensity 9000 mengintegrasikan arsitektur CPU Armv9 mutakhir untuk pengalaman smartphone kelas flagship yang sesungguhnya. CPU octa-core memiliki satu core ultra yaitu Cortex-X2 yang beroperasi hingga 3,05GHz, tiga core kinerja A710 yang beroperasi hingga 2,85GHz dan empat core efisiensi Cortex-A510.

Baca juga: Mengenal MediaTek Dimensity 920 yang Tersemat di Redmi Note 11 Series

Dengan LPDDR5X terintegrasi yang mendukung hingga 7500Mbps, bersama dengan cache L3 8MB dan cache sistem 6MB, Dimensity 9000 diciptakan untuk permintaan bandwidth yang sangat besar dari pasar seluler.

Selain itu, chipset ini mengintegrasikan Application Processor Unit (APU 5.0) generasi kelima dari MediaTek, yang menawarkan peningkatan efisiensi daya 4X lebih baik dibandingkan dengan APU generasi sebelumnya. Peningkatan ini memberikan keseimbangan ideal antara kinerja dan efisiensi daya untuk berbagai pengalaman multimedia AI, game, kamera dan video.

Chipset terbaru ini mengemas GPU Arm Mali-G710 MC10 pertama di dunia ke dalam sebuah chipset smartphone. Untuk lebih meningkatkan kinerja, chipset ini mengintegrasikan teknologi game HyperEngine 5.0 MediaTek, teknologi game inovatif dari MediaTek generasi kelima.

HyperEngine 5.0 menggunakan akselerasi AI untuk mengoptimalkan grafis sekaligus mengurangi beban GPU, menghasilkan gameplay yang lebih cepat yang terlihat lebih baik dan lebih hemat daya dari sebelumnya. HyperEngine juga mengintegrasikan AI-VRS, fitur variable rate shading dengan AI yang disempurnakan pertama untuk smartphone. Chipset ini juga dilengkapi ray tracing software development kit (SDK) pertama di industri yang menggunakan Vulkan untuk Android.

Simak artikel menarik lainnya:

Terkait

Artikel Terkait

ReCharge Station kini Tersedia di Sarana Transportasi Publik

Techbiz.id - ReCharge Indonesia melakukan pemasangan ReCharge Station (mesin tempat penyewaan power bank) di area transportasi publik, yaitu di 35 Halte...