Minggu, Juni 23, 2024

Mediatek Kuasai Pangsa Pasar Chipset untuk Smartphone

Techbiz.id – Mediatek menyebutkan berhasil menguasai pangsa pasar chipset untuk smartphone selama 11 kuartal berturut-turut. Hal terebut disampaikan VP Corporate Marketing MediaTek, Finbarr Moynihan dalam acara MediaTek media update.

Finnbar menjelaskan bahwa pada tahun 2021 Mediatek berhasil menguasai pangsa pasar sebesar 42 persen. Namun di tahun 2022 Finnbar mengakui terjadi penurunan pada penjualan chipset untuk perangkat G. hal ini menyebabkan penguasaan pangsa pasar Mediatek hanya 35 persen saja.

Selain itu, Finbar juga melaporkan bahwa di kuartal pertama 2023, MediaTek berhasil meraup penghasilan sekitar USD3,3 miliar. Menurutnya ada tiga sumber pendapatan utama mereka, yang terbagi menjadi Smart Edge Platforms (sekitar 47%), smartphones (sekitar 46 persen), serta Power IC (sekitar 7%).

Dari ketiga sumber pendapatan tersebut, Smart Edge Platforms memiliki kontribusi papling besar. Nah perangkat yang masuk dalam kategori Smart Edge Platforms sendiri dijelaskan Finnbar diantaranya Smart TV, Chromebooks,  Wi-Fi for retail, routers, smart speakers, smart displays, tablet, dan lainnya.

Sedangkan untuk smartphone, Mediatek memiliki beberpa chipset unggulan diantaranya adalah Dimensity 9200, Dimensity 9200+, Dimensity 8200, serta Dimensity 7200, yang memiliki performa tinggi untuk smartphone flagship.

Indonesia sendiri menurut Finnbar merupakan salah satu pasar yang penting untuk Mediatek di wilayah Asia Tenggara. Oleh karenanya inovasi yang dapat membantu masyarakat Indonesia lebih mudah dalam menjalani kehidupan mereka akan dihadirkan Mediatek untuk pasar tanah air.

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...