Jumat, April 19, 2024

Ini Daftar Smartphone yang Banyak Digunakan Bermain Game

Techbiz.id – Dalam sebuah laporan yang dirilisnya, agensi komunikasi ASEAN Vero mengungkap daftar smartphone yang banyak digunakan oleh gamers dalam memainkan mobile game.

Seperti diketahui, di Indonesia saat ini lebih dari 52 juta penduduk memainkan game esports. Industri e-sports di Indonesia sendiri menjadi salah satu subsektor ekraf yang berkembang sangat pesat sehingga berhasil menjadi pandemic winner dan mampu memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia di masa pandemi seperti saat ini

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan terhadap 470 orang Indonesia, Vero menyebutkan bahwa diketahui, sebanyak 69% responden memilih smartphone sebagai perangkat favorit yang digunakan untuk bermain game dan 20% lainnya memilih PC sebagai perangkat kedua terbanyak yang digunakan dalam bermain game.

Hal ini turut dipengaruhi oleh meningkatnya angka penetrasi smartphone seiring dengan perkembangan akses internet di Indonesia yang turut mendorong minat masyarakat terhadap mobile game.

Baca juga: 5 Fitur Galaxy A52s 5G untuk Bisa Menang Piala Presiden Esport 2021

Selain itu, para responden merasakan pengalaman yang menyenangkan bermain game menggunakan smartphone karena dirasa dapat menghadirkan kombinasi desain grafis yang bagus, fitur keterampilan, dan tantangan berkelanjutan.

Vero juga menyebutkan dalam laporannya, sekitar 82% gamer menyatakan bahwa mereka senang bermain sendiri dan terhubung dengan orang lain secara online. Menurut hasil riset ini, 62% gamer bermain setidaknya 1 kali dari sehari dengan durasi sekitar 1 hingga 3 jam setiap sesi.

Sementara itu semua responden dari kategori yang berbeda dilaporkan setuju bahwa genre E-sports paling diminati adalah Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). Meski ada sedikit perbedaan dalam preferensi antara Pemain dan Penonton/Streamer karena gamer lebih menyukai game olahraga, sedangkan watcher/streamer tampaknya lebih menikmati game strategi kehidupan nyata. Adapun Mobile Legend dan PUBG mendominasi kategori sebagai permainan yang paling banyak dimainkan, ditonton, dan dijadikan streaming.

Lalu smartphone apa saja yang banyak digunakan masyarakat Indonesia dalam memainkan mobile Game?

Disebutkan dalam laporannya, sebanyak 27% responden memilih Samsung sebagai merek ponsel terbaik untuk bermain game, disusul oleh Xiaomi yang menempati urutan kedua dengan perolehan suara sebesar 22% dan Oppo sebanyak 13% pada urutan ketiga.

Simak artikel game menarik lainnya:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...