Kamis, Januari 20, 2022
BerandaNewsWidya Robotics Kembangkan Palang Pintu Berbasis AI

Widya Robotics Kembangkan Palang Pintu Berbasis AI

Must Read

Techbiz.id – Huawei Indonesia dan Widya Robotics melakukan pengembangan alat yang dapat mendeteksi kelengkapan alat perlindungan diri bernama Intelligent Gate untuk merespon laporan kecelakaan kerja di Indonesia khususnya bidang konstruksi.

Teknologi ini diyakini dapat mentransformasi industri konstruksi, pertambangan dan manufaktur di masa depan.

Menurut Co-founder Widya Group dan CEO Widya Robotics, Alwy Herfian Satriatama, selama kurang lebih enam bulan terakhir Widya Robotics telah bekerjasama dengan Huawei. Widya Robotics masih berusia kurang lebih 3 tahun tapi telah berkolaborasi dengan Huawei, tentu ini merupakan loncatan yang besar.

“Ke depan, kami berharap bisa menciptakan solusi-solusi bersama dengan Huawei tidak hanya saat ini tapi juga pada tahun-tahun mendatang,” ucap Alwy.

Intelligent Gate merupakan sebuah sistem palang pintu otomatis yang dilengkapi dengan teknologi AI. Intelligent Gate dapat mendeteksi orang, wajah, masker, dan kelengkapan APD.

Baca juga: Huawei Kenalkan Tujuh Inovasi Infrastruktur Digital

Teknologi ini diintegrasikan dengan HiLens dari Huawei, sebuah single board computer yang mampu menjalankan inference AI untuk mendeteksi objek. 

Inference yang dijalankan berupa video yang diakses melalui stream dari kamera bawaan HiLens dan diproses pada perangkat HiLens yg bertenagakan perangkat komputasi Ascend dari Huawei. Hasil pemrosesan dari deteksi objek APD yang valid akan men-trigger palang pintu untuk terbuka secara otomatis.

Kehadiran Intelligent Gate ini diharapkan menjadi simbol transformasi K3 dan menekan angka kecelakaan kerja di Indonesia. Widya Robotics sebagai perusahaan di bidang Artificial Intelligence, Automations dan Robotics yang terus berkolaborasi dan meningkatkan kualitas produk untuk dapat menjadi penyedia solusi kecerdasan buatan yang dapat bersaing di nasional dan internasional.

Simak artikel menarik lainnya:

Terkait

Artikel Terkait

Mediatek Pamerkan Kemampuan Koneksi Wi-Fi 7 Filogic

Techbiz.id - Demo langsung pertama teknologi Wi-Fi 7 di dunia berhasil dilakukan Mediatek. Demo ini menyoroti kemampuan portofolio konektivitas...