Jumat, Mei 27, 2022
BerandaAppsPesan Suara WhatsApp Punya Banyak Fitur Baru, Ini Detilnya

Pesan Suara WhatsApp Punya Banyak Fitur Baru, Ini Detilnya

Must Read

Techbiz.id – Aplikasi perpesanan milik Meta, Whatsapp menggulirkan sejumlah pembaruan fitur untuk pesan suara. Tidak hanya satu, pembaruan ini memiliki beragam fitur baru, mulai dari pengguna dapat mendengar pesan suara walau obrolan ditutup hingga memutar pesan suara lebih cepat.

Sebagai informasi, pesan suara alias Voice Note (VN) di Whatsapp sendiri pertama kali diperkenalkan sejak 2013 lalu. Fitur ini menjadi salah satu alternatif jika pengguna tidak ingin mengetik pesan, hanya perlu merekam audio saja.

Di sisi lain, jika pengguna ingin mengekspresikan pesannya lebih dalam lagi, maka pesan suara bisa menjadi salah satu caranya, atau ketika bercerita cukup panjang sehingga tidak perlu repot mengetik kata-kata yang panjang.

Berikut daftar pembaruan yang diberikan WhatsApp untuk meningkatkan pengalaman penggunanya pada fitur pesan suara:

  1. Pemutaran di luar chat

Jika sebelumnya mendengarkan pesan suara harus tetap membuka ruang obrolan, kini dengan pembaruan tersebut pengguna dapat mendengarkan VN sambil tetap melakukan aktivitas lain di ponsel atau membaca dan merespons pesan lain.

  1. Jeda atau lanjutkan perekaman

Tidak hanya mempermudah pengguna tetap mendengarkan meski obrolan ditutup, WhatsApp juga memberikan opsi jeda dan melanjutkan perekaman. Sehingga pengguna tidak perlu mengulang VN jika berhenti sejenak.

  1. Visualisasi berbentuk gelombang

Visualisasi pada saat merekam pesan suara telah diperbarui, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengetahui volume suara dalam rekaman.

Baca juga: Siap-Siap, Kirim File Besar Bakal Bisa Lewat WhatsApp

  1. Pratinjau draf

Biasanya suara yang telah direkam akan langsung terkirim dalam obrolan. Kini dengan pembaruan maka pengguna dapat meninjau terlebih dulu pesan suara tersebut sebelum dikirim.

  1. Penanda pemutaran

Dengan pembaruan, pengguna kini dapat melanjutkan pemutaran terakhir saat kembali ke ruang obrolan saat pengguna menjeda ketika mendengarkan pesan suara.

  1. Pemutaran cepat di pesan yang diteruskan

Terakhir, pengguna kini dapat memutar pesan suara dengan kecepatan 1,5 kali atau 2 kali untuk mendengarkan pesan suara lebih cepat di pesan biasa atau bahkan untuk pesan yang diteruskan.

Terkait

Artikel Terkait

Melihat Lebih Dekat Oppo A55 dalam Genggaman

Techbiz.id - Dirilis pada awal Maret lalu, Oppo A55 hadir sebagai ponsel kelas menengah andalan Oppo di Indonesia. Suksesor Oppo...