Minggu, Mei 22, 2022
BerandaAppsWhatsApp Akan Batasi Fitur 'Forward' Pesan

WhatsApp Akan Batasi Fitur ‘Forward’ Pesan

Must Read

Techbiz.id – Pada platform perpesanan seperti WhatsApp, informasi yang salah alias hoaks dapat berkembang saat pengguna saling mengirim dan menerima pesan yang belum bisa dipastikan akurat atau tidak.

Sehingga, tanggung jawab pun berada pada pengguna yang harus memutuskan apakah pesan itu hoaks atau tidak, termasuk apakah layak untuk dibagikan dengan orang lain.

Menyikapi hal ini, WhatsApp sendiri telah mencoba untuk mengekang penyebaran informasi palsu dengan membatasi pesan yang diteruskan. Sekaligus juga memberi label pada pesan yang telah diteruskan berkali-kali, dengan harapan dapat memberikan ‘tanda’ khusus.

Laporan terbaru dilansir dari WABetaInfo, WhatsApp agaknya bakal kembali menempatkan batasan lebih lanjut pada fitur forward pesan.

Dijumpai pada aplikasi beta Android terbaru, WhatsApp telah menempatkan batasan tambahan pada pesan yang diteruskan di mana pesan-pesan ini hanya dapat dikirim ke satu obrolan grup pada satu waktu.

Itu tidak berarti bahwa pengguna tidak dapat meneruskan pesan ke beberapa obrolan grup, melainkan mereka harus melakukannya secara manual daripada memilih semua obrolan grup sekaligus.

Baca juga: Pengguna WhatsApp Akan Bisa Buat Polling dalam Grup

Walaupun terdengar sederhana, tetapi sebenarnya langkah ini cukup mempersulit pengguna. Apalagi jika mereka memiliki grup lebih dari satu, memungkinkan pengguna untuk melakukan lebih banyak usaha dari biasanya.

Sehingga, ada kemungkinan pengguna enggan meneruskan pesan mereka secara massal, yang pada gilirannya diharapkan dapat mengurangi penyebaran informasi yang salah. Belum bisa dipastikan apakah ini termasuk solusi yang efektif untuk memerangi hoaks, tetapi fitur ini layak ditunggu pada pembaruan WhatsApp berikutnya.

Terkait

Artikel Terkait

Fall Guys Akan Hadir secara Gratis di Nintendo Switch dan XBox

Techbiz.id - Fall Guys: Ultimate Knockout akan hadir secara gratis di Nintendo Switch dan XBox. Gim simulator pertempuran ini...