Selasa, Mei 24, 2022
BerandaDevicesJajaran Laptop ROG Terbaru Bakal Melenggang di Indonesia, Bawa Pembaruan

Jajaran Laptop ROG Terbaru Bakal Melenggang di Indonesia, Bawa Pembaruan

Must Read

Techbiz.id – Asus Indonesia akan menghadirkan jajaran laptop ROG terbarunya yang sudah didukung dengan prosesor High Performance 12th Gen Intel Core besok (12/4/2022).

Asus menyebutkan, tiga laptop gaming ROG terbaru yang akan dihadirkan tersebut yaitu laptop para gamer e-sports ROG Strix SCAR 15/17, laptop gaming 16-inci ROG Zephyrus M16, serta laptop sekaligus tablet gaming paling powerful di dunia ROG Flow Z13.

Berdasarkan informasi, ketiga laptop gaming ROG yang diperkenalkan kali ini tidak hanya dibekali prosesor 12th Gen Intel Core terbaru, tetapi juga hadir dengan serangkaian teknologi serta fitur terkini.

Semua itu disebutkan Asus memungkinkan jajaran laptop ROG terbaru hadir dengan bodi lebih ringkas, kontrol dan kualitas visual lebih baik, kapasitas baterai lebih besar, serta performa lebih kencang dengan suhu operasional lebih rendah.

Berikut beberapa pembaruan pada jajaran laptop gaming ROG terbaru yang akan diperkenalkan besok:

Jajaran Laptop ROG Terbaru

12th Gen Intel Core H Series Processor

ROG Strix SCAR Series, ROG Zephyrus M16, dan ROG Flow Z13 merupakan laptop yang telah ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel Core H Series yang telah menggunakan pemrosesan berbasis Intel 7.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, prosesor Intel Core generasi ke-12 menggunakan konfigurasi core yang terdiri dari Performance Core (P-core) dan Efficient Core (E-core). Sesuai dengan namanya, P-core yang memiliki performa tinggi bertugas untuk memproses tugas-tugas berat. Sebaliknya, E-core bertugas menjalankan tugas-tugas ringan namun sangat efisien dan tidak memakan banyak daya.

Baca juga: ROG Strix G15 Advantage Edition, Laptop ROG Pertama dengan CPU dan GPU AMD

Kombinasi P-Core dan E-Core menghasilkan sebuah prosesor hibrida yang memiliki kemampuan pemrosesan yang sangat tinggi dan optimal untuk gaming dan content creation, sekaligus mampu tampil sangat efisien dan hemat daya.

Tidak heran jika prosesor tertinggi di keluarga 12th Gen Intel Core H Series, yaitu Intel Core i9-12900HK, menyandang gelar sebagai prosesor mobile paling kencang saat ini berkat konfigurasi 14 core (6 P-core dan 8 E-core) dan 20 thread yang mampu dipacu hingga 5GHz.

ROG Nebula Display

Kali ini ASUS ROG juga memperkenalkan standar baru layar laptop gaming yaitu ROG Nebula Display. ROG Nebula Display dibangun atas kebutuhan dasar gaming yaitu kecepatan, tingkat kecerahan, dan kualitas visual. Kali ini, ROG Nebula Display hadir di lini ROG Zephyrus M16.

Layar laptop gaming yang menggunakan ROG Nebula Display seperti ROG Zephyrus M16 (GU603Z) dipastikan mengusung panel yang memiliki color gamut 100% DCI-P3, tingkat kecerahan 500 nits, dilengkapi fitur Adaptive Sync, serta memiliki response time 3ms. T

idak hanya itu, layar ROG Nebula Display juga telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display untuk akurasi warna, TÜV Rheinland untuk low blue light dan anti-flicker, serta mendukung teknologi dari Dolby Vision. Spesifikasi tersebut menegaskan bahwa ROG Nebula™ Display dirancang tidak hanya untuk para gamers, tetapi juga untuk para kreator.

MUX Switch

Keseluruhan jajaran laptop gaming ROG tersebut juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang membuat pengalaman gaming semakin baik, salah satunya adalah MUX Switch. Seluruh laptop gaming ROG dan TUF di tahun 2022 akan dilengkapi dengan MUX Switch, yaitu chip khusus yang dapat mengatur jalur data visual yang ditampilkan di layar laptop. Melalui MUX Switch, jalur data visual dari discrete chip grafis bisa dialihkan langsung ke layar laptop tanpa harus melalui prosesor dan integrated chip grafis-nya.

MUX Switch sangat berguna saat laptop ROG bekerja menggunakan discrete chip grafis yang tertanam di dalamnya, seperti halnya saat bermain game. Karena data visual kini dapat ditampilkan langsung dari discrete chip grafis, performa dalam game pun dapat ditampilkan secara lebih baik. Peningkatan performa pada game dengan menggunakan MUX Switch dapat mencapai 10-30%.

ROG Intelligent Cooling

Sistem pendingin ROG Intelligent Cooling kembali hadir dengan peningkatan di berbagai sisi, sehingga memastikan laptop gaming ROG terbaru dapat beroperasi secara stabil dan terhindar dari efek overheat. Salah satu peningkatannya ada pada desain kipas terbaru, yang kini dibekali dengan 84 variable thickness blade sehingga tidak hanya menghadirkan aliran udara lebih baik tetapi juga dapat beroperasi secara lebih senyap.

ROG Intelligent Cooling juga memanfaatkan teknologi liquid metal Thermal Grizzly Conductnaut Extreme yang dapat menekan suhu operasional hingga 10⁰C. Liquid metal memiliki daya hantar panas yang jauh lebih baik dari thermal paste berbahan silikon. Selain dapat menjaga suhu operasional secara lebih baik, penggunaan liquid metal juga membuat gamer tidak perlu mengganti thermal paste secara berkala.

Terkait

Artikel Terkait

Tablet Oppo Pad Air Meluncur, Pakai Chip Snapdragon dan Layar 2K

Techbiz.id - Makin serius dengan memasuki pasar tablet, Oppo kini meluncurkan OPPO Pad Air. Peluncuran tablet baru andalan perusahaan...