Kamis, September 29, 2022

Review OPPO Reno8 4G: Kecil-kecil Jago Motret!

Techbiz.id – OPPO Reno8 merupakan salah satu keluarga dari Reno8 Series yang belum lama ini diluncurkan di Indonesia. Datang dengan membawa sensor kamera Sony IMX709, simak review OPPO Reno8 4G berikut ini.

Seperti diketahui, OPPO Indonesia memperkenalkan empat produk smartphone terbaru diantaranya; Reno8 Pro 5G, Reno8 5G, Reno8 Z 5G, dan Reno8 4G.

OPPO Reno8 di Indonesia membawa fitur Ultra-Sensing Selfie yang mengesankan melalui IMX709, Microlens, dan Bokeh Flare Portrait, dengan peningkatan baru dalam performa fotografi.

Review OPPO Reno8 4G

Sebelum lebih dalam me-review OPPO Reno8 4G berikut adalah isi dalam boks penjualannya:

  • Perangkat x 1
  • Pengisi Daya x 1
  • Kabel Data USB x 1
  • Alat Pelepas SIM x 1
  • Panduan Keamanan x 1
  • Panduan Singkat x 1
  • Case Pelindung x 1

Desain OPPO Glow

Reno8 mengusung desain OPPO GLow yang menjadikan salah satu ciri khas dari seri Reno. Berkat lapisan yang menciptakan efek berkilau pada bagian belakangnya, tentu membuat perangkat ini bebas sidik jari.

Selain itu, Reno8 juga cukup nyaman untuk digenggam bahkan saya pun harus menggunakan jelly case agar tidak terjatuh karena saking tipisnya. Ini berkat desain retro ultra-ramping dengan ketebalan 7,49mm dan bobot hanya 179 gram.

Pada bagian belakang, terdapat bump kamera dengan Orbit Light yang mengelilingi lensa Microlens. Orbit Light ini memiliki dua fungsi, yaitu untuk membantu menangkap gambar yang terang pada mode mikro dan sebagai indikator notifikasi.

Orbit Light dapat memancarkan cahaya seperti bernafas lembut dalam pola yang berbeda tergantung pada status perangkat. Misalnya ketika sedang dalam pengisian daya, Orbit Light akan memancarkan cahaya secara berkelanjutan.

orbit light oppo reno8

OPPO Reno8 mengemas layar AMOLED berbentang 6,4 inci dengan dukungan 90Hz refresh rate. Jangan khawatir bagi penikmat film, karena Reno8 juga sudah memiliki sertifikasi Amazon HDR dan YouTube HD.

Perangkat ini hadir dalam dua pilihan warna yaitu Dawnlight Gold dan Starlight Black.

Performa

Bicara performa, tentunya pengguna menginginkan perangkat yang tidak gampang lemot alias lag. Seperti pada OPPO Reno8.

Perpindahan antara satu aplikasi ke aplikasi lainnya saya merasa cukup halus dan tidak tersendat-sendat. Terlebih beberapa aplikasi tersebut dijalankan secara bersamaan (multitasking).

Itu semua berkat dukungan chipset Snapdragon 680 4G yang dibangun pada fabrikasi 6 nanometer. Teknologi tersebut memungkinkan perangkat untuk tetap berjalan secara optimal dengan pemakaian daya yang rendah.

AnTuTu Benchmark OPPO Reno8

Sementara itu, terdapat RAM 8GB LPDDR4X dan memori internal 256GB UFS 2.2 yang membantu mendongkrak kemampuan OPPO Reno8 ini. OPPO juga menghadirkan fitur ekspansi RAM hingga 5GB yang dapat menambah performa perangkat.

Beralih ke bagian daya, OPPO Reno8 dibekali baterai 4500mAh dengan dukungan SuperVOOC 33W. Kecepatan pengisiannya menurut saya sudah cukup untuk mengakomodir keseharian pengguna yang padat. Baterai dapat terisi penuh dari 0 – 100 hanya dalam waktu kurang lebih 60 menit.

Bagaimana performanya jika diajak main game? Pada review kali ini, saya hanya test dengan bermain game MOBA, yaitu Mobile Legends. Untuk settingan grafis sudah mendukung hingga Ultra dan HFR Mode sudah diaktifkan.

Selama 1 jam bermain perangkat ini tidak mengeluarkan hawa panas yang berlebih, alias cukup adem anyem. Sementara konsumsi dayanya hanya berkurang sekitar 6 persen.

Kamera dengan Sensor SONY IMX709

Kamera Reno8 masih bisa diandalkan untuk membingkai beragam momen terbaik pengguna. Bagian kamera utama mendukung triple-camera 64MP AI, 2MP mikro, dan 2MP makro.

Ada hal unik pada kamera utamanya. OPPO mengadopsi algoritma resolusi super cepat untuk menangkap gambar yang setara dengan sensor 108MP. Jadi, hasil gambar yang diperoleh akan sangat tajam dan jernih.

Bicara foto malam, tentunya OPPO Reno8 juga masih mumpuni untuk menangkap gambar dalam kondisi minim cahaya.

Pengguna yang suka berswafoto sepertinya bakal dimanjakan oleh hasil kamera depan 32MP yang telah ditingkatkan dibanding pendahulunya. Apalagi hadirnya portrait retouching yang memanfaatkan 393 titik wajah utama untuk memberikan efek kecantikan yang halus dan alami.

Dan yang terakhir pada bagian kamera, terdapat fitur mikroskop. Fitur ini dapat mengambil gambar mikro dengan detail yang jelas.

Kesimpulan

OPPO Reno8 memiliki berbagai keunggulan tersendiri terutama pada bagian kamera yang masih menjagokan Portrait Expert. Selain itu, performa yang diberikan juga sudah cukup mumpuni dikelasnya untuk menunjang aktivitas digital harian. Bagi pengguna yang tertarik bisa membawa pulang OPPO Reno8 dengan harga Rp4,9 jutaan.

Baca Juga:

Terkait

Artikel Terkait

Rimba Jadi Motor Listrik untuk Penjaga Hutan

Techbiz.id - Manufaktur motor listrik, Charged Indonesia, meluncurkan motor listrik yang diberinama Rimba, khusus untuk para penjaga hutan pertama...