Minggu, Januari 29, 2023

Review OPPO Enco Buds2: Perpaduan Bass dan Treble yang Pas

Techbiz.id – OPPO Enco Buds2 merupakan True Wireless Stereo besutan OPPO yang telah diluncurkan sekitar September 2022 lalu. Perangkat ini membawa berbagai fitur yang cocok untuk penikmat musik. Lalu, bagaimana review OPPO Enco Buds2? Simak selengkapnya.

Redaksi Techbiz Indonesia sudah cukup puas menggunakan TWS ini selama hampir 3 bulan. Dari berbagai perangkat yang kami miliki, OPPO Enco Buds2 seperti menghipnotis kami sehingga susah pindah ke yang lain.

OPPO Enco Buds2 sebenarnya sudah masuk ke daftar rekomendasi TWS murah terbaik kami. Dengan banderol hanya Rp399 ribuan, TWS yang memiliki varian warna putih dan hitam ini mampu memberikan kesan pengalaman mendengarkan audio yang sesungguhnya.

Review OPPO Enco Buds2

Driver audioTitanium 10mm
Sensitifitas driver101 dB @ 1 kHz
KoneksiBluetooth 5.2, 10m jangakuan
Baterai40mAh (earbuds) 460mAh (casing)
Cek harga terbaikSHOPEE

Nyaman Digunakan

Bahasan pertama mungkin kita bisa memberikan nilai 9.5 dari 10 untuk kenyamanan TWS ini. Ketika digunakan, OPPO Enco Buds2 terasa pas diberbagai ukuran telinga. Apalagi, bobotnya yang cuma 4gram semakin membuat kami merasa sedang tidak memakai TWS.

Kami juga telah mencoba perangkat ini untuk menikmati berbagai genre musik selama 3 jam sembari menulis artikel. Rasanya sama sekali tidak ada rasa sakit atau ngilu di telinga.

Tak hanya itu, OPPO Enco Buds2 juga tak mudah lepas meski digunakan untuk beragam workout seperti jogging. Pengguna juga bisa memilih ukuran eartip yang pas agar penggunaan lebih maksimal.

Beralih pada bagian casingnya, OPPO mendesainnya dengan ukuran yang pas. Mudah dibawa di kantong dan tentunya tidak berat. Selain itu, casing tersebut juga sama sekali tidak disediakan tombol. Hanya tersedia port USB dan lampu indikator.

Kualitas Audio Menakjubkan

Ada harga, ada kualitas. Namun sepertinya tidak berlaku bagi TWS besutan OPPO satu ini. Yaps, OPPO Enco Buds2 memang dirancang sedemikian rupa agar menghasilkan kualitas audio yang tinggi dengan banderol terjangkau.

Driver audio dinamis berukuran 10mm mampu menghasilkan suara yang jernih serta bass yang pas. Kami cukup terkesima dengan perpaduan bass dan treble yang tidak terlalu berlebihan. Benar-benar cocok untuk berbagai genre musik.

Selama menggunakan OPPO Enco Buds2, volume 50% saja sudah membuat telinga tertutup rapat dengan dentuman lagu Diffrent Heaven XOCHIHUA. Suara bising pun tidak terdengar sama sekali. Pengaturan Enco Live Bass Boost dapat mengantarkan dentuman yang kuat, namun memang masih kurang dari frekuensi low-nya.

oppo ecno live

Sementara untuk lagu yang mengedepankan artikulasi vokal, kami mengaturnya ke Clear Vocal pada Enco Live. Walhasil, vokal terdengar cukup jelas, jernih, dan empuk. Detail pada mid-nya juga cukup baik.

Pengaturan tersebut juga cocok bagi pengguna yang suka mendengarkan podcast. Di mana perlu mengedepankan kualitas suara yang terdengar jelas dan jernih.

Baterai dan Durabilitas Tinggi

Bagi pengguna yang suka berolahraga, OPPO Enco Buds2 sudah dibekali sertifikat IPX4 tahan cipratan air dan debu. Jadi tidak perlu ragu untuk terus melakukan aktivitas meski berkeringat.

OPPO Enco Buds2 membawa baterai 40mAh untuk kedua eartip-nya, dan 460mAh pada casing. Daya tahan yang bisa ditawarkan perangkat ini yaitu kurang lebih 6-7 jam. Pengisian dayanya memakan waktu sekitar 2,5 jam.

Fitur dan Kontrol Sentuh

Tak perlu repot untuk ganti lagu atau menyesuaikan volume melalui smartphone. Pasalnya, OPPO Enco Buds2 sudah mendukung kontrol penuh yang bisa dilakukan hanya dengan mengusapnya. Bahkan, pengguna juga bisa mengambil foto selfie hanya dengan dua kali ketuk.

Disamping kontrol yang mudah, OPPO Enco Buds2 juga telah menyediakan fitur AI Deep Noise Cancellation. Fitur ini bakal meningkatkan kualitas komunikasi saat menelepon. Sehingga suara yang keluar akan lebih jernih dan tentunya jelas meski berada dikondisi keramaian.

Untuk menyambungkan OPPO Enco Buds2 ke perangkat juga cukup mudah. Hanya tinggal membuka casing TWS lalu menyambungkannya melalui Bluetooth.

review oppo enco buds2

Berdasarkan hasil pengujian kami, Bluetooth 5.2 yang dibawa perangkat ini masih bisa terkoneksi dengan baik dengan jarak sekitar 8-10 meter. Namun ketika kami coba untuk kondisi lain seperti berbeda ruangan (lantai 1 dan lantai 2), suara yang ditransmisikan sedikit terganggu karena ada halangan tembok.

Kesimpulan

kesimpulan review enco buds2

OPPO Enco Buds2 mampu menghinoptis kami untuk tak bisa move on ke perangkat lain. Dibanderol seharga Rp399 ribuan, pengguna sudah bisa mencicipi TWS dengan berbagai fitur menaik dan tentunya meningkatkan pengalaman mendengarkan audio lebih jauh lagi.

Baterai yang terbilang cukup awet juga menjadi salah satu nilai plus bagi perangkat ini. Kami tidak perlu repot untuk charge setiap saat ingin menggunakannya. Bahkan, bisa tahan sampai 3 harian hanya dalam sekali pengisian.

Baca Juga:

Terkait

Artikel Terkait

Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi Temani Anak Beraktivitas

Techbiz.id - Samsung Indonesia melengkapi lini tabletnya dengan memperkenalkan Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi. Varian baru ini hadir dengan...