Jumat, Desember 9, 2022

Review Huawei MatePad 10.4 (2022): Tablet Harga Terjangkau

Techbiz.id – Huawei MatePad 10.4 terbaru rilisan 2022 sudah resmi dipasar Indonesia sejak April 2022 lalu. Tablet ini merupakan versi menengah dari Huawei yang menawarkan segala fitur unggul. Selengkapnya tentang review Huawei MatePad 10.4 (2022).

Sebenarnya, Huawei sendiri tidak menamai MatePad 10.4 (2022), melainkan hanya MatePad 10.4. Kami menamainya agar pengguna tidak bingung antara versi sebelumnya karena namanya sama persis.

Tablet ini sangat fungsional untuk menemani aktivitas pengguna secara online seperti bekerja, belajar, maupun menikmati hiburan. Apalagi jika disandingkan dengan Smart Keyboard dan Huawei M-Pencil, tablet ini dapat meningkatkan produktivitas yang lebih maksimal.

Namun sayangnya, pada artikel ini redaksi Techbiz Indonesia hanya mencicipi unitnya saja. Tidak dengan perlengkapan Smart Keyboard maupun M-Pencil.

Review Huawei MatePad 10.4 (2022)

Desain

Huawei MatePad 10.4 (2022) menawarkan layar seluas 10.4 inci dengan resolusi 2K. Layarnya sendiri masih mengandalkan panel IPS LCD yang mendukung kecerahan hingga 470 nits.

Kami mencoba untuk menikmati hiburan melalui Netflix. Tampaknya kami belum bisa merasakan kualitas gambar yang maksimal pada perangkat ini. Padahal, akun Netflix yang kami punya sudah mendukung resolusi hingga ULTRA HD.

Setelah kami cek apakah perangkat Android ini mendukung HD Netflix, ternyata MatePad 10.4 hanya membawa sertifikat Widevine L3. Sebagai informasi, Widevine L3 hanya mendukung resolusi SD saja meskipun layar perangkat sudah Full HD+ atau lebih.

Terlepas dari itu, kami masih bisa menikmati berbagai hal menarik melalui layar ini untuk keperluan pekerjaan seperti menulis, membaca, berselancar di soial media, dan menonton konten video pendek.

Beralih ke bagian dimensi, perangkat ini memiliki lebar 245.2mm dan tinggi 154.96mm. Sementara berat total (termasuk baterai) berkisar 450 gram.

Berkat berat yang lumayan ringan dan ketipisan 7.35mm, membuat Huawei MatePad 10.4 ini mudah untuk dibawa kemana-mana. Pengguna dapat dengan mudah membawa perangkat ini kemana pun dan kapan pun.

Performa

bermain game di matepad 10.4

Tablet harga terjangkau dari Huawei ini rupanya mengusung performa yang menurut kami sudah cukup untuk menunjang kegiatan online seperti bermain game dan multitasking.

Chipsetnya dibekali Kirin 710 octa-core yang dapat dipacu hingga kecepatan 2.0GHz. Proses fabrikasi chipset ini yaitu 12nm dengan arsitektur 64 bit. Untuk mendukung aktivitas tablet, MatePad 10.4 membawa RAM 4GB dengan memori internal 128GB.

Menurut kami, kegiatan multitasking di MatePad 10.4 sudah cukup bagus. Artinya tidak ditemukan lag saat berpindah antara satu aplikasi ke aplikasi lain. Selain itu, tablet ini juga cukup maksimal performanya ketika membuka aplikasi secara bersamaan.

Lalu bagaimana ketika diajak bermain game? Kami mencoba bermain game Mobile Legends. Ya benar saja, kami merasa puas dengan layar seluas 10.4 inci. Lebih mudah melihat map karena ukuran layarnya besar.

Untuk grafisnya hanya mentok di settingan Tinggi saja, sementara refresh rate sudah bisa dimaksimalkan hingga pengaturan Tinggi. Namun saran kami silahkan setting grafis ke Medium atau Low saja untuk menghindari lag yang berlebih.

Secara keseluruhan, tablet MatePad 10.4 (2022) ini memiliki performa yang mumpuni untuk kegiatan bekerja. Untuk aktivitas gaming intens, kami rasa MatePad 10.4 (2022) belum cukup baik, hanya bisa diajak untuk bermain game casual yang ringan.

Ketahanan Baterai

Huawei MatePad 10.4 (2022) didukung dengan baterai besar 7250mAh yang disandingkan dengan pengisian cepat 22W. Tablet ini mampu bertahan seharian penuh dengan pemakaian yang wajar.

Kami coba untuk streaming secara maraton film Cobra Kai di Netflix, tablet besutan Huawei ini menghabiskan sekitar 25 persen untuk 3 episode. Persatu episode memiliki durasi rata-rata 40 menit.

Lalu untuk pengisiannya memerlukan waktu sekitar 45 menit dari 15% – 55%, dan dapat terisi penuh selama 2 jam 15 menit.

Kualitas Audio

Kualitas audio menjadi salah satu yang menurut kami cukup memuaskan. Huawei MatePad 10.4 (2022) membawa empat speaker yang berada dibagian samping, masing-masing sisi terdapat dua speaker. Untuk kualias audio, Huawei mempercayakan Harman Kardon untuk memberikan pengalaman audio yang maksimal.

Keluaran audio perangkat ini benar-benar melampaui ekspektasi kami ketika baru pertama kali melihatnya. Hasil suara bass dan treble yang pas untuk hiburan, seperti terasa dibioskop karena suaranya berada disekitar kita.

Selain itu, bagi pengguna yang suka meeting online atau belajar dari rumah, Huawei MatePad 10.4 (2022) dibekali fitur Noise Reduction. Fitur ini mampu meredam kebisingan agar hasil suara lebih bagus lagi.

Huawei MatePad 10.4 (2022) telah mengadopsi tiga mikrofondan fitur pengurangan kebisingan yang dikembangkan sendiri oleh Huawei. Algoritma ini membedakan antara suara dan kebisingan secara real time dan menyaring yang terakhir.

Hasil Kamera

Huawei MatePad 10.4 (2022) membawa kamera utama 13MP dengan bukaan f/1.8. Resolusi fotonya pun bisa mencapai 4160 x 3120 piksel. Kamera utamanya juga membawa beragam fitur seperti mode Pro, panorama, time-lapse, dan lain-lain. Berikut adalah hasil fotonya:

Selanjutnya adalah kamera bagian depan. Menurut kami ini sangat penting mengingat saat ini banyak pengguna yang bekerja atau belajar secara online dan mengandalkan kamera yang jernih.

MatePad 10.4 (2022) dibekali kamera selfie 8MP f/2.0 aperture dengan resolusi 1920 x 1080 piksel. Kamera tersebut juga sudah tertanam fitur kecantikan, timed photo shooting, dan lain-lain.

Kesimpulan Review Huawei MatePad 10.4

Terus terang, kami merasa puas mencicipi tablet dengan harga terjangkau besutan Huawei satu ini, terutama untuk aktivitas multitasking dan menyelesaikan beberapa pekerjaan.

Disamping spesifikasi menengah yang dibawa, MatePad 10.4 juga dibekali dengan berbagai fitur yang lagi-lagi dapat membantu kami untuk beraktifitas online. Salah satu fitur yang kami suka adalah New Multi Window, di mana kami dapat dengan mudah membuka hingga 3 aplikasi sekaligus dalam satu layar.

Selain itu, meski tidak memakai lingkungan Google Mobile Services, MatePad 10.4 ini sudah cukup berjalan dengan lancar dengan Huawei Mobile Services. Hampir seluruh aplikasi pendukung pekerjaan, game, hingga sosial media telah tersedia di AppGallery.

Tablet ini akan lebih mempermudah pekerjaan apabila disandingkan dengan Smart Keyboard dan M-Pencil.

Harga Huawei MatePad 10.4 (2022) saat ini dibanderol Rp4,2 jutaan. Banderol ini sudah turun sekitar 700 ribuan dibanding harga awal pertama rilis yang mencapai Rp5 jutaan.

Baca Juga:

Terkait

Artikel Terkait

UMKM Butuh Identitas Digital untuk Integrasi Digital

Techbiz.id - Pada proses digitalisasi UMKM, identitas digital dipercaya dapat menjadi kunci UMKM dalam mengakses berbagai layanan platform digital....