Kamis, Februari 9, 2023

realme 10 Pro+ 5G: Layar AMOLED Melengkung 120Hz, Bikin Flagship Ketar-ketir

Techbiz.id – Brand smartphone yang mengklaim dirinya dekat dengan Anak Muda ini di awal tahun 2023 ini langsung tancap gas dengan merilis smartphone realme 10 Pro+ 5G

Seperti yang sudah kita tahu bersama, realme pada bulan November tahun lalu telah merilis realme 10. TechBiz.ID saat itu juga memiliki kesempatan untuk me-review langsung smartphone tersebut dan kamu bisa membacanya melalui link berikut ini.

Nah! Memasuki awal tahun 2023, atau tepatnya pada tanggal 10 Januari 2023, realme kembali membuat kejutan dengan merilis smartphone terbarunya. TechBiz.ID pun kembali memiliki kesempatan untuk melakukan review realme 10 Pro+ 5G yang bertarung di kelas menengah tersebut.

Tak hanya mengupas desain yang ditawarkan, TechBiz.ID juga memakai realme 10 Pro+ 5G untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Ya! Dipakai kurang lebih selama dua pekan, realme 10 Pro+ 5G yang ada ditangan TechBiz.ID digunakan untuk berselancar di internet, memotret hingga bermain game.

Review realme 10 Pro+ 5G

Desain

Saat pertama kali realme memperkenalkan realme 10 Pro+ 5G, smartphone ini sudah menjadi bagian dari lini keluarga realme 10 Pro Series. Bahkan dikatakan bahwa realme 10 Pro+ 5G adalah seri tertinggi dari realme 10 Series.

realme 10 Pro+ 5G membawa slogan “Curved Display, New Vision”, yang diposisikan sebagai “First Flagship-level 120Hz Curved AMOLED in Price Segment”. Ya! Smartphone ini hadir untuk memberikan pengalaman setara flagship kepada penggunanya, terutama Anak Muda.

Memang bukan tanpa alasan realme berani sesumbar bahwa realme 10 Pro+ 5G memberikan pengalaman flagship. Ini bisa TechBiz.ID temukan saat pertama kali mengeluarkan smartphone tersebut dari kotak penjualannya, terutama di sektor layar.

realme 10 Pro+ 5G yang datang sebagai smartphone kelas menengah punya layar melengkung dengan panel AMOLED berukuran 6,7 inci. Resolusinya adalah 1080 x 2412 piksel dengan refresh rate yang terbilang tinggi, yakni 120Hz. Ada punch-hole terpusat sebagai rumah kamera depan.

Menariknya lagi, realme juga mengemas smartphone ini dengan layar yang memiliki kecerahan maksimal hingga 800 nits dan lengkungan presisi 61 derajat. Rasio screen-to-body smartphone ini mencapai 93,65%, rasio kontras 5.000.000:1 dan telah sertifikasi HDR10+. 

Punya layar melengkung, realme juga sukses mengemas realme 10 Pro+ 5G ini dengan bezel yang begitu tipis, dan itu semua berkat proses COP Ultra Packaging. Ketipisan bezel samping adalah 1,41 mm dan bezel bawah 2,33 mm sehingga smartphone ini nyaman digenggam.

Masih terkait dengan layar yang dimiliki oleh realme 10 Pro+ 5G, realme juga menyematkan 2160Hz PWM Dimming. Ini bekerja saat kecerahan di bawah 90 nits, dimana DC Dimming tidak dapat bekerja, layar realme 10 Pro+ 5G akan otomatis berpindah ke mode 2160Hz PWM Dimming.

Hal tersebut bertujuan untuk tetap mempertahankan akurasi warna yang ditampilkan dan kenyamanan pada mata pengguna. Efisiensi dimming meningkat hingga 4,5 kali dibanding 480Hz PWM konvensional pada kebanyakan smartphone.

Tak hanya itu, kelebihan lainnya bahwa realme 10 Pro+ juga datang sebagai smartphone dengan layar AMOLED pertama di dunia yang mendapatkan sertifikasi Flicker Free dan juga sertifikasi Low Blue Light dari dari TÜV Rheinland.

Lalu, bagaimana dengan fitur keamanannya? Datang sebagai smartphone yang dibekali layar AMOLED, realme 10 Pro+ 5G telah dibekali sensor pemindai sidik jari di layar. Ya! Kemampuan membaca sidik jarinya pun begitu cepat.

Ada juga dukungan Algoritma X-touch Anti-mistouch terdepan di dunia. Dukungan tersebut mampu meningkatkan area anti-mistouch hingga 20%pada layar realme 10 Pro+ 5G dan telah dioptimasi secara cerdas untuk mengurangi mistouch pada layar.

Kamu yang tertarik membeli smartphone ini juga tak perlu khawatir dengan durabilitas layarnya. Sebab, realme 10 Pro+ 5G telah didukung dengan 0,65 mm double-reinforced glass, yang meningkatkan kekuatan perangkat saat terkena benturan.

Untuk membuktikan hal itu, realme pun telah menguji realme 10 Pro+ 5G dengan drop test dari ketinggian 1,5 meter dan 28 ribu kali micro-drop test. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir terhadap daya tahan layar melengkung pada smartphone ini.

Tak hanya memiliki layar yang terbilang ciamik, realme juga mengemas panel belakang smartphone ini begitu menarik sehingga kesan premiumnya begitu nyata. Smartphone ini memiliki pilihan warna Hyperspace Gold dan Dark Matter.

Warna Hyperspace Gold memiliki pola Prism Acceleration yang dipadukan dengan Partikel Nebula. Ya! Perpaduan tersebut akan memunculkan efek kilauan pisma seperti pancaran sinar matahari yang mengenai butiran pasir di pantai.

Panel belakang realme 10 Pro+ 5G juga semakin cantik berkat penempatan modul kamera. Ya! realme 10 Pro+ 5G punya desain kamera “Classic Twin-lens Reflex (TLR). Ada dua modul lingkaran besar yang disusun secara vertikal di pojok kiri atas.

Modul lingkaran pertama hanya memuat satu buah kamera, sementara modul lingkaran di bawahnya menampung dua kamera yang disusun secara horizontal. LED flash ditempatkan oleh realme secara terpisah.

Sebelumnya juga sudah disinggung bahwa memiliki layar melengkung dan bezel yang tipis, smartphone ini begitu nyaman saat digenggam. Kenyaman tersebut semakin bertambah karena realme 10 Pro+ memiliki ketebalan hanya 7,95 mm dan bobotnya juga ringan, hanya 175 gram untuk varian Hyperspace Gold dan 7,78 mm dan 173 gram untuk varian Dark Matter.

Punya ketebalan kurang dari 8 mm, realme juga begitu piawai untuk menempatkan tombol volume dan daya. Ya! Keduanya bisa kamu temukan di sisi kanan. Di sisi bagian atas, kamu bisa menemukan lubang speaker dan lubang mikrofon.

Karena punya bodi yang terbilang tipis, realme tidak lagi menempatkan slot untuk menampung SIM Card di sisi samping. Oleh realme slot SIM Card tersebut ditempatkan di sisi bagian bawah, berdampingan dengan lubang mikrofon, port USB Type-C dan lubang speaker.

Review Performa realme 10 Pro+ 5G

Masih membawa DNA realme 10 yang diperkenalkan pada bulan November lalu, realme 10 Pro+ 5G juga datang sebagai smartphone kelas menengah. Hanya saja, realme memberi sentuhan rasa flagship, tidak terkecuali untuk sektor performanya. 

realme pun mempersenjatai realme 10 Pro+ 5G dengan chipset Dimensity 920 yang memiliki fabrikasi 6nm racikan MediaTek. Tentu saja, tak ketinggalan adalah teknologi 5G yang built-in ke dalam smartphone ini melalui chipset tersebut.

Proses fabrikasi 6nm yang canggih tentunya mampu memberikan performa yang lebih baik. Peningkatan frekuensi CPU main core dari 2,4 GHz ke 2,5 GHz, mampu meningkatkan performa single-core hingga 4%.

Dipadukan dengan GPU Mali-G68 MC4, yang mampu meningkatkan frekuensi GPU dan performa ketika dipakai untuk bermain game hingga 9%. Karena itu, smartphone ini memberi rasa nyaman ketika dipakai untuk bermain game berat, seperti Genshin Impact.

Tentu saja, datang dengan chipset yang bertenaga, realme juga membekali realme 10 Pro+ 5G dengan RAM LPDDR4X terbesar di kelasnya, yakni hingga 12 GB. Menariknya lagi, smartphone ini juga dibekali dengan fitur Dynamic RAM.

Kamu jangan terkejut! Fitur Dynamic RAM yang disematkan oleh realme ke dalam smartphone ini bisa mencapai 12 GB. Artinya, kamu bisa memaksa realme 10 Pro+ 5G berjalan dengan RAM hingga 24 GB. Menjalankan 26 aplikasi secara bersamaan juga tidak akan ada masalah.

 Lalu, bagaimana dengan kapasitas penyimpanan internalnya? Kebetulan, realme 10 Pro+ 5G yang ada di tangan TechBiz.ID memiliki kapasitas penyimpanan 128 GB dengan UFS 2.2. Namun, realme juga memasarkan smartphone ini dengan varian penyimpanan internal 256 GB.

Satu hal yang sangat disayangkan, realme tidak membekali realme 10 Pro+ 5G dengan dukungan baki untuk menampung kartu microSD. Artinya, Anak Muda yang tertarik dengan realme 10 Pro+ 5G harus puas dengan kapasitas penyimpanan yang ada. Namun begitu, dengan kapasitas penyimpanan yang besar ini pengguna tidak perlu khawatir memori akan cepat penuh. 

Sekarang, mari kita gali sektor catu dayanya. Ya! realme 10 Pro+ 5G masuk ke dalam jajaran smartphone yang dibekali baterai berkapasitas besar, 5000 mAh. Selain itu, realme juga membekalinya dengan pengisi daya 67W SUPERVOOC Charge.

realme juga sesumbar bahwa dibekali pengisi daya 67W SUPERVOOC Charge, realme 10 Pro+ 5G dapat diisi baterainya hingga penuh hanya dalam waktu 47 menit. Ya! Pengisian daya yang terbilang singkat dan cocok bagi kamu Anak Muda yang super sibuk.

Baterai 5000 mAh dengan 67W SUPERVOOC Charge yang dapat diisi penuh dalam waktu singkat, apakah boros jika digunakan bermain game? Karena itu, TechBiz.ID menguji langsung realme 10 Pro+ 5G untuk bermain PUBG Mobile dan Asphalt 9: Legends.

Memainkan PUBG Mobile selama 1 jam, baterai realme 10 Pro+ 5G yang terkuras hanya 16%. Sementara, ketika memainkan Asphalt 9: Legends dengan waktu yang sama, baterai yang terkuras hanya 12%.

Tak ketinggalan, untuk membuktikan performa yang dimiliki realme 10 Pro+ 5G, tim redaksi juga melakukan proses benchmarking menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark 9.4.2, Geekbench 5, 3DMark dan PCMark. Hasilnya, bisa kamu lihat di bawah ini.

Review Kamera realme 10 Pro+ 5G

Setelah kamu tahu daya tarik terkait desain dan performa yang dimiliki oleh realme 10 Pro+ 5G, kini saatnya mengulik dukungan kamera yang disematkan. Ya! Smartphone kelas menengah rasa flagship ini punya tiga kamera di bagian belakang dan satu kamera di bagian depan. 

Seperti yang telah disebutkan, realme menempatkan tiga kamera di bagian belakang dalam dua buah modul berbentuk lingkaran menyerupai cincin dan disusun secara vertikal. realme menyebutnya Classic Twin-lens Reflex.

Lingkaran atau cincin pertama hanya memuat satu buah kamera. Sementara, lingkaran di bawahnya memuat dua buah kamera yang disusun secara horizontal. realme juga memuat sebuah LED flash yang ditempatkan secara terpisah.

realme masih mempertahankan penggunaan sensor kamera 108 MP untuk seri realme Number terbarunya ini. 108 MP tersebut datang sebagai kamera utama dan realme pun memberikan julukan 108MP ProLight Camera.

Teknologi yang disematkan pun terbilang tak main-main, yakni Nonapixel Plus dengan Pixel Bining 9-in-1. Selain itu, kameranya ini juga didukung dengan Fusion Pixel 1,92 μm yang mampu meningkatkan masukan cahaya di ruang gelap hingga 123%.

Selain itu, realme juga memperkaya dukungan kameranya ini dengan Dynamic Range Smart-ISO Pro. Tak ketinggalan dukungan HyperShot Imaging Architecture yang untuk pertama kalinya dimuat oleh realme ke dalam smartphone realme Number Series.

Berkat dukungan HyperShot Imaging Architecture yang sebelumnya hanya eksklusif ada di dalam seri GT ini mendongkrak perkembangan secara komprehensif algoritma AI Photography dan domain RAW sehingga mampu meningkatkan keseluruhan performa kamera.

Kamu juga akan dimanjakan dengan kecepatan proses untuk menciptakan sebuah foto ketika memotret objek menarik di depan mata dengan kamera utama 108 MP. Ini berkat dukungan QuickShot Acceleration Engine yang turut disematkan oleh realme.

Dengan prosesi paralel, pengambilan frame cerdas dan prediksi pengambilan gambar, realme 10 Pro+ 5G dapat mengambil gambar 108 MP hanya dalam 0,6 detik, atau 5 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Kamu atau Anak Muda realme Fans yang kepincut dengan realme 10 Pro+ 5G juga harus tahu bahwa realme telah membekali dukungan kameranya ini dengan mode Street Photography 3.0. Menariknya lagi, mode ini pun bisa kamu jadikan watermark.

Filter yang tersedia dalam mode Street Photography 3.0 ini juga sangat beragam. Setidaknya, realme menyediakan 18 filter yang dapat kamu pilih, ini mencakup Historic Building, 90s Pop, B&W Plus, Bay City, Night Market, Teal Ocean dan masih banyak lagi.

Selain itu, realme juga menyelipkan satu mode yang tak kalah menarik, yakni mode Super Group Portrait. Ini berkat definisi tinggi dari kamera 108 MP dan algoritma portrait yang dikembangkan oleh realme, semua wajah akan tampak lebih jelas, bisa hingga 10 wajah.

Group foto

Sementara itu, kamera utama 108 MP yang ada di bagian belakang perangkat juga ditemani dengan kamera ultra-wide 8 MP yang memiliki FoV hingga 112 derajat dan kamera makro 2 MP. Di bagian depan, smartphone ini dilengkapi dengan selfie camera 16 MP.

Fitur Lainnya

realme meracik realme 10 Pro+ 5G ini dengan beragam fitur atau dukungan menarik di dalamnya. Ya! Smartphone kelas menengah rasa flagship ini juga dibekali fitur Tactile Engine 2.0, Dual Stereo Speaker dengan teknologi Hi-Res dan NFC Multifungsi.

Saat kamu keluarkan dari kotak penjualannya, realme 10 Pro+ 5G sudah berjalan dengan antarmuka realme UI 4.0 berbasis Android 13. Ya! Ini adalah smartphone pertama realme yang dirilis dengan realme UI 4.0.

Lalu, apa saja yang menarik dari realme UI 4.0? Antarmuka yang baru ini mengadaptasi layout model kartu yang membedakan informasi ke beberapa segmen, dan control center baru di dalamnya. Selain itu, juga punya tekstur ikon yang autentik sehingga memberikan pengalaman lebih intuitif bagi pengguna.

realme UI 4.0 ini juga memiliki interaksi yang terbilang cerdas. Dengan dua ketukan di layar, kamu dapat mengontrol audio di AOD (Always on Display), dan mendapat rekomendasi playlist musik sesuai preferensinya (aplikasi yang mendukung adalah Spotify).

AOD juga baru memberikan banyak variasi model untuk dipilih, yang membuat realme 10 Pro+ 5G ini semakin unik dan artistik. Dukungan Smart Home memudahkan kamu untuk mengakses aplikasi dalam folder besar pada home screen.

Dengan dukungan Dynamic Computing Engine, realme 10 Pro+ 5G juga dapat memperoleh keseimbangan antara performa dan konsumsi daya rendah. Performa keseluruhan bisa meningkat hingga 10%, dan ketahanan baterai saat bermain game meningkat hingga 4,7%.

Di realme UI 4.0, kamu juga dapat secara otomatis mengaburkan informasi pribadi dalam tangkapan layar dari aplikasi pesan singkat, seperti WhatsApp dan Messenger dengan satu sentuhan. Karena itu, kamu tidak lagi perlu khawatir untuk informasi pribadi tersebar ke publik.

Sistem keamanan terbaru dari realme UI 4.0 sudah menggunakan Advanced Encryption Standard (AES) untuk menyimpan informasi pribadi kamu. Jelas, ini semakin memberikan keamanan penuh untuk privasi kamu.

Kesimpulan review realme 10 Pro+ 5G

Sebagai seri tertinggi dari realme 10 Pro Series, realme 10 Pro+ 5G datang dengan dukungan layar AMOLED lengkung yang memiliki refresh rate 120Hz. Ya! Bukan tanpa alasan realme menawarkan hal seperti itu kepada Anak Muda di Indonesia yang menjadi target pasarnya.

Melalui realme 10 Pro+ 5G, realme ingin memberikan pengalaman smartphone setara flagship, dengan didukung berbagai leap forward technology dan fitur unggulan lainnya. Secara khusus, ini dipenuhi oleh realme tak hanya lewat layar, tetapi juga desain, performa dan kamera.

realme 10 Pro+ 5G menawarkan Hyperspace Design untuk panel bagian belakangnya sehingga kesan premiumnya benar-benar muncul. Ini ditambah dengan bodi yang begitu tipis dan ringan. Ketebalannya hanya 7,9 mm dan bobotnya hanya 175 gram.

Tak hanya punya kesan premium di bagian luarnya, realme juga mengemas smartphone ini dengan performa yang bisa diandalkan untuk kebutuhan harian hingga bermain game. Ya! Smartphone ini ditenagai chipset Dimensity 920 5G dari MediaTek.

Ada juga dukungan RAM hingga 12 GB, ditambah dengan fitur Dynamic RAM hingga 12 GB. Dengan begitu, Anak Muda yang tertarik memakai smartphone ini bisa merasakan “kecepatan” RAM hingga 24 GB. Baterainya 5000 mAh yang didukung 67W SUPERVOOC Charge.

Sementara, untuk memanjakan Anak Muda yang suka membuat konten foto dan video, realme 10 Pro+ 5G telah dipersenjatai tiga buah lensa di bagian belakang, yang ditopang dengan kamera utama 108 MP. Tak ketinggalan beragam fitur menarik lainnya turut disematkan.

Nah! Tentunya kamu atau Anak Muda di seluruh Indonesia penasaran dengan harga smartphone yang sudah berjalan dengan antarmuka realme UI 4.0 berbasis Android 13 ini? Berikut link untuk mengintip harga yang ditawarkan: 8/128GB.& 12/256GB 

Terkait

Artikel Terkait

Status Whatsap Ada Fitur Baru Buat Penggunanya

Techbiz.id - Whatsapp kini menghadirkan fitur baru pada status di WhatsApp untuk memudahkan pengguna mengekspresikan diri serta terhubung dengan...