Sabtu, Juni 22, 2024

Bak Bunglon, Tecno Perkenalkan Chameleon Coloring Technology

Techbiz.id – Tecno memulai debutnya di Mobile World Congress (MWC) 2023 dengan memperkenalkan teknologi baru mereka yaitu Chameleon Coloring Technology. Saat ditanamkan pada sebuah perangkat seperti bagian belakang smartphone, teknologi ini dapat menghasilkan berbagai pola warna hanya dengan sentuhan tombol.

Mengutip laman GSMArena, Chameleon Coloring Technology adalah teknologi pewarnaan prism full-spectrum yang dikendalikan secara elektrik, yang menggunakan grid material prism sub-mikron yang berubah arah saat medan listrik diterapkan. Dengan mengontrol arah prism secara tepat, material dapat menyebarkan cahaya pada beberapa panjang gelombang yang berbeda. Sehingga warnanya dapat berubah-ubah.

Jelas bahwa material ini bukan tampilan dan tidak menghasilkan cahaya. Sebaliknya, ia menyebar cahaya dari permukaannya, memberikan warna pada prosesnya.

Susunan prism sub-mikron dapat dikendalikan secara manual melalui aplikasi. Dengan begitu, para pengguna smartphone Tecno selanjutnya dapat memilih secara manual dari total 1600 warna yang berbeda atau berubah secara otomatis berdasarkan status baterai, musik, atau pemberitahuan. Ini dapat dilakukan hingga 2 juta kali, menjadikannya cukup tahan lama meskipun dengan beberapa perubahan sepanjang hari.

Material ini dapat mengubah warna dalam waktu 0,03 detik. Ini juga memiliki konsumsi daya yang kecil. Dimana 100 perubahan warna dalam sehari membutuhkan daya yang sama dengan menonton video selama 5 menit.

Sayangnya, Tecno belom memberikan informasi tentang smartphone mana yang akan menggunakan Chameleon Coloring Technology tersebut.

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...