Minggu, April 14, 2024

Review realme C55 NFC: Bisa Jadi Jagoan di Kelasnya

Techbiz.id – Smartphone harga terjangkau dengan spesifikas yang terbaik di kelasnya kerap dihadirkan realme untuk pasar Indonesia. Kali ini realme C55 NFC menjadi senjata baru realme untuk menghadapi pasar smartphone tanah air.

Kehadiran smartphone ini juga sekaligus menjadi strategi baru yang akan diterapkan realme pada perangat C Series. Dalam strategi baru ini, realme akan memberikan setidaknya satu fitur unggulan pada produk C Series dalam hal kamera, penyimpanan, pengisian daya,ataupun desain. realme C Series akan diposisikan sebagai “Champion di Segmennya” dengan peningkatan fitur dan teknologi yang strategis.

realme C55 NFC menjadi produk pertama dengan peningkatan strategis ini. realme C55 NFC merupakan peningkatan terbesar dalam sejarah C Series, dengan menghadirkan empat fitur pertama di segmennya, yaitu kamera 64MP yang merupakan kamera dengan resolusi terbesar di segmennya, penyimpanan 256GB terbesar di segmennya, pengisian daya 33W tercepat di segmennya, dan desain Sunshower yang inovatif dibandingkan dengan kompetitor .

Redaksi Techbiz Indonesia berkesempatan melakukan review realme C55 NFC yang pertama kali diluncurkan di Indonesia.

review realme C55 NFC

Desain

Mengusung desain retro pada perangkatnya, realme C55 NFC ini mempunyai bodi tertipis di segmennya dengan ketebalan yang hanya 7,89mm saja. Smartphone ini juga memiliki desain bezel right-angle yang populer, yang umumnya hanya dapat dilihat pada model flagship kelas atas.

Pada bodi belakang terdapat modul dua kamera dengan tampilan retro yang memiliki dimensi cukup besar dan menonjol ke permukaan. Bodi belakang perangkat ini menggunakan material 2D dan proses canggih yang menghasilkan efek stereo glowing, sementara sebagian besar kompetitor menggunakan material plastik yang terintegrasi.

Unit realme C55 NFC yang dipegang redaksi ini memiliki Sunshower yang menurut realme terinspirasi dari alam yang indah ini. Desain bodi belakang ini memiliki 500.000 partikel cahaya membentuk garis mikroskop vertikal, seperti garis-garis hujan, dipadukan dengan warna-warna yang memukau seperti sinar matahari yang dapat membawa suasana hati yang baik untuk Anda.

Pada versi warna Sunshower, terdapat struktur proses 13 lapis dengan berbagai proses pencetakan dengan total ketebalan hanya 0,6 mm, dan proses pelapisan ganda tekstur ganda pertama di segmen harga ini.

Selain itu, semua versi warna realme C55 NFC dilengkapi desain permukaan glossy dan matte yang terintegrasi pertama di segmen harganya, proses glitter sand, tekstur linier luar dan proses litografi skala abu-abu tingkat mikro.

realme C55 NFC adalah model C Series pertama yang memiliki layar dengan refresh rate 90Hz. Dari segi tampilan, ada peningkatan besar dari layar water drop menjadi layar punch-hole.

Selain itu, realme C55 NFC menghadirkan layar full screen berukuran 6,72” (17,07cm) dengan rasio layar-ke-bodi sebesar 91.4% dan resolusi FHD+, menghasilkan pengalaman visual yang lebih nyaman. Dengan punch hole yang diposisikan di tengah yang menyatu dengan bodi smartphone, realme C55 NFC menciptakan keindahan simetri dan tampilan layar full screen yang lebih baik untuk pertama kalinya pada perangkat realme C Series.

Review Performa realme C55 NFC

realme C55 NFC menjadi realme C Series pertama yang didukung dengan Chipset powerful Helio G88. Chip yang berbasis teknologi proses 12nm dan GPU Mali-G52 ini memiliki fitur octa-core yang berjalan pada kecepatan 2.0GHz dengan skor benchmark Antutu 273.364.

realme C55 NFC adalah smartphone pertama dari C Series yang menyediakan memori 8GB+256GB, yang juga merupakan varian memori terbesar disegmen harga ini.

RAM 8GB ini bisa diekspansi men jadi 16GB berkat teknologi Dynamic Ram Expansion (DRE) yang disematkan pada smartphone ini. Dengan DRE yang diaktifkan, realme C55 NFC dapat membuka beberapa aplikasi secara bersamaan dan menjaga smartphone tetap berjalan dengan lancar.

Berkat 256GB Champion Memory, Anda dapat menyimpan 50.000+ foto/lagu, 860 episode serial TV, atau mengunduh 860 aplikasi di realme C55 NFC. Memori yang besar memberi pengalaman yang bebas dari rasa khawatir.

Untuk daya penggunaan harian, realme C55 NFC memiliki fitur pengisian daya 33W tercepat di segmennya dengan baterai besar berkapasitas 5000mAh. Dengan pengisian daya 33W, smartphone ini bisa mengisi daya hingga 50% dalam 29 menit; 100% dalam 63 menit.

Pengisian daya yang terdapat di realme C55 NFC merupakan pengisian daya tercepat di segmennya. Dibandingkan dengan pendahulunya, realme C35 yang memiliki daya 18W, realme C55 NFC meningkatkan kecepatan pengisian daya hingga 100%. Dengan baterai besar berkapasitas 5000mAh, Anda juga dapat menikmati masa pakai baterai hingga 27 hari dalam keadaan siaga dan 27,8 jam untuk menelepon.

Kemampuan Fotografi

Mengusung slogan Champion di Segmennya, realme C55 NFC melengkapi perangkatnya dengan menghadirkan kamera utama 64MP yang merupakan terbesar di segmen harganya. Terdapat juga kamera selfie 8MP dan lensa B&W dengan resolusi 2MP di bagian belakang.

Di sisi sensor, realme C55 NFC merupakan produk C Series pertama yang memiliki sensor level flagship dengan ukuran piksel sebesar 0.7μm dan format optik 1/2 inci, merupakan sensor yang sama dengan yang digunakan pada realme GT Master Edition.

Dibandingkan dengan pendahulunya realme C35, realme C55 NFC mengalami peningkatan sebesar 54% dalam hal ukuran sensor dan 53,8% dalam hal kejernihan dan resolusi.

Fitur fotografi yang dihadirkannya juga sangat komplit, mulai dari mode malam hingga street fotografi yang memiliki berbagai filter warna yang menarik. Untuk menghadirkan kualitas foto yang baik pada mode street fotografi kamera realme C55 NFC memiliki teknologi Dynamic Image Snapshot (DIS) untuk mengambil foto yang jernih dalam situasi yang tidak stabil.

Fungsi fotografi lainnya yang terdapat pada smartphone ini diantaranya adalah Bokeh Flare Portrait. Fitur ini dapat membantu mengidentifikasi dan memisahkan tokoh utama dari latar belakang secara cepat, sehingga dapat menghasilkan gambar bokeh yang artistik.

Ada juga fitur AI Color Portrait yang mampu mempertahankan warna tubuh karakter sekaligus mempertahankan latar belakang pada warna hitam dan putih untuk mendapatkan efek film blockbuster ala Hollywood.

Selain itu ada juga starry Mode. Dengan fitur ini kalian bisa memastikan bintang-bintang tertangkap di layar. Yang perlu dilakukan adalah mengaktifkan “Starry Mode” dalam Mode Malam, tekan tombol shutter dan tunggu beberapa saat untuk mendapatkan gambar bintang yang indah.

Fitur lain

Sesuai namanya, perangkat ini tentunya dilengkapi dengan fitur NFC 360 dengan tingkat akurasinya hingga 2 kali lipat.

Melalui NFC dengan swipe bebas 360°, kalian bisa melakukan tap pada posisi dan sudut mana pun di bagian atas smartphone dengan pengalaman penggunaan NFC yang sangat ditingkatkan.

Selain itu, kali ini realme juga membuat terobosan baru pada realme C55 NFC untuk pertama kalinya dengan menghadirkan fitur Mini Capsule. Dengan nama “Mini Capsule,” fungsi ini akan beradaptasi dengan layar dan akan mengisi area sekitar kamera punch-hole.

Kesimpulan

Menurut penilaian setelah melakukan review, perangat realme C55 NFC ini tidak salah jka realme memilih slogan “Champion” di Segmennya. Karena selama penggunaan saya tidak merasa sedang memegang smartphone entry level. Walaupun sempat mengalami kendala, namun ketika sudah menerima update software kendala yang saya temu sudah tidak ada. Dengan fitur-fitur Champion yang dibawanya, perangkat ini sangat bisa untuk jadi Champion.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...