Minggu, April 14, 2024

Sinarmas Land dan Microsoft Kembangkan Kota Mandiri BSD City

Techbiz.id – Era digital kian berkembang dan memberikan berbagai dampak positif di berbagai aspek kehidupan masyarakat. Di sisi lain, permintaan terhadap teknologi ini menuntut kesiapan infrastruktur digital yang semakin canggih. Tanggap terhadap kebutuhan tersebut,

Sinar Mas Land menjalin kolaborasi dengan Microsoft untuk mempercepat agenda transformasi BSD City menjadi integrated smart city.

Melalui kolaborasi ini, Sinar Mas Land akan memanfaatkan ekosistem teknologi Microsoft untuk mengembangkan kota mandiri di area pengembangan Sinar Mas Land di Indonesia, dimulai dari BSD City.

Group CEO Sinar Mas Land, Michael Widjaja menyampaikan, dalam upaya untuk mentransformasi township BSD City menjadi smart cities, perusahaan menggandeng mitra-mitra yang terbaik di bidangnya.

“Penggunaan teknologi Microsoft tentu akan mempercepat transformasi BSD City dan township lainnya dalam menyediakan pelayanan masyarakat dan infrastruktur publik yang lebih canggih,” ungkap Michael.

Kerja sama ini diimplementasikan melalui empat pilar. Pertama adalah dengan mengembangkan fondasi digital yang modern dan aman di Sinar Mas Land melalui pemanfaatan Infra Security, Data Lake, dan Sentiment Analysis.

Kemudian ada App Modernization yang meliputi Citizen Genome, Citizen Experience, dan Operational Excellent, guna memastikan aplikasi yang digunakan dan dikembangkan oleh Sinar Mas Land mampu melayani kebutuhan konsumen secara optimal.

Selanjutnya adalah teknologi Smart Building yang meliputi Smart X,Digital Twin, hingga Sustainability. Terakhir, teknologi Microsoft juga akan digunakan pada Command Control yang meliputi pengawasan lalu lintasdan keamanan di sekitar kota mandiri BSD City, Drainage Control untuk mengantisipasi jumlah debit air dalam waduk, hingga Field Security untuk mengelola dan mengamankan akses terhadap data pengembangan di lapangan.

Penggunaan teknologi Microsoft dalam pengembangan kota Mandiri BSD City dilakukan dengan ekosistem teknologi Microsoft seperti Microsoft Azure, Azure OpenAI Service, dan Microsoft 365.

Dharma Simorangkir, Presiden Direktur Microsoft Indonesia menyampaikan, melalui pengintegrasian teknologi Microsoft di dalam proses pengembangan kota mandiri milik Sinar Mas Land, perusahaan berharap dapat mengakselerasi pertumbuhan sektor properti nasional.

Suatu pertumbuhan yang akan memodernisasi gaya hidup masyarakat, menggerakkan roda ekonomi nasional, dan mendukung ekonomi digital secara inklusif. Mari, kita terus bersatu karya untuk berdayakan Indonesia,” ujar Dharma.

Inisiatif ini akan diimplementasikan mulai dari BSD City sebagai pengembangan flagship Sinar Mas Land dan dapat diteruskan ke berbagai township lainnya sehingga perusahaan siap memenuhi gaya hidup dan kebutuhan masyarakat di era digital ini.

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...